Griya

Rumah Minimalis yang Nyaman

Dalam membangun sebuah rumah tempat tinggal, tentu yang menjadi pertimbangan utama adalah kenyamanan. “Sebenarnya kami tidak memiliki konsep desain dalam membangun rumah ini, yang penting nyaman. Kami hanya mengkonsep rumah tinggal dan tempat kerja (toko dan koperasi) dalam satu areal, agar gampang memantau segala aktivitasnya,” ujar Jro Jeky, pemilik Toko Kintamani dan KSP Mesari di kawasan Buana Raya, Denpasar.

Di lahan seluas 6 are tersebut, rumah tinggal di tempatkan di area belakang, namun memiliki pintu utama yang aksesnya langsung ke jalan. Ruang terbuka hijau dengan penataan taman dan gemericik air di kolam membuat suasana rumah ini makin sejuk dan nyaman. Stepping stone (batu pijkan) dari batu koral sikat diaplikasikan sebagai jalan setapak pada taman dan juga pada pijakan anak tangga terbawah.

Fasad (tampak depan) rumah rumah berlantai dua itu tampak kokoh dengan pilar-pilar besar yang ditempeli ukiran motif flora-fauna dari batu palimanan dipadupadankan dengan paras hitam. Kehadiran pintu gebyok sebagai pintu utama turut memberikan aksen yang kuat pada rumah ini.

Ruang tamu, ruang keluarga dan ruang dapur menjadi satu area. Hanya saja pada areal dapur diberikan perbedaan lantai. Ruang tidur utama dan ruang tidur anak lainnya didesain simpel minimalis. Area bawah tangga dimanfaatkan sebagai rak penyimpanan dan area sisi tangga dimanfaatkan sebagai tempat pajangan. “Saya suka yang simpel-simpel saja,” ucap istri dari  I Wayan Koyan ini. (Inten Indrawati)

(Visited 1 times, 1 visits today)
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

code

Terkini

To Top