Edukasi

Lomba Pidato Bung Karno Tumbuhkan Jiwa Pancasilais

Peringatan hari lahirnya Pancasila dan Bulan Bung Karno nampaknya dimanfaatkan sebagai momentum untuk mendekatkan serta membangkitkan kembali rasa cinta tanah air dan nasionalisme kepada masyarakat. Rasa nasionalisme memang harus ditanamkan sejak usia dini sehingga mampu mendarah daging terhadap generasi penerus bangsa.

Dalalm peringatan Bulan Bung Karno, DPC PDIP Kabupaten Buleleng menggelar lomba pidato Bung Karno. Melalui lomba tersebut generasi muda harus memiliki karakter dan ideology dalam membangun bangsa kedepan.  Dengan lomba pidato ini pemuda mampu mencari dan mempelajari, karakter, watak dan ajaran Bung Karno dari berbagai naskah pidato Sang Proklamator tersebut.

Acara yang dibuka langsung Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana ini berlangsung di lantai II Gedung sekretariat DPC PDIP Kabupaten Buleleng, Kamis (15/06). Lomba diikuti oleh 34 orang peserta yang merupakan siswa siswa dari tingkat SD, SMP, SMA/SMK, dan Perguruan Tinggi. Masing-masing peserta merupakan perwakilan dari sembilan kecamatan di Buleleng, sebab sebelum berlomba di Kabupaten mereka diseleksi dan merupakan perwakilan juara pada tingkat kecamatan.

Seusai membuka lomba secara resmi, Bupati Buleleng mengungkapkan lomba pidato Bung Karno tahun ini mengambil tema Pancasila Jiwa dan Kepribadian Bangsa.  Tema itu diambil memang memanfaatkan momentum hari Pancasila, untuk mengingatkan kembali generasi muda terhadap dasar Negara Indonesia. “Sasarannya mengingatkan generasi muda bahwasannya Pancasila masih relevan untuk membentuk moral dan karakter adik-adik kita,” ujarnya. Dirinya menambahkan lomba ini sangat penting dilakukan untuk mengenalkan anak anak sejak dini terhadap pemimpin bangsa, karena Bung karno adalah seorang yang cerdas di sekolah, berjuang sejak muda, berhasil memerdekakan bangsa ini menjadi bangsa yang bebas dan berdaulat. “Perjuangannya yang harus ditiru oleh anak-anak,” jelasnya. Ke depan, lomba yang baru pertama kali dilaksanakan ini akan dikemas lebih luas dengan berbagai lomba yang mampu menumbuhkan rasa cinta tanah air.

Sementara itu Ketua Panitia Lomba Pidato Bung Karno dr. Nyoman Putra Sedana, Sp.OG., tujuan dari lomba tersebut selain untuk memperingati lahirnya Pancasila dan Bulan Bung Karno, juga sebagai kegiatan untuk memberantas isu-isu yang dapat memecah keutuhan NKRI. Apalagi saat ini di Indonesia dengan terang-terangan mulai muncul organisasi-organisasi yang menyatakan anti Pancasila. “Kita memiliki kewajiban untuk membangkit kembali rasa Pancasilais di masing-masing individu di wilayah NKRI ini sehingga Pancasila tetap menjadi landasan hidup dan berbangssa,” ungkapnya.

Putra Sedana berharap melalui lomba pidato tersebut anak-anak mampu memaknai arti Pancasila minimal dalam dirinya sendiri dan mampu mengimplementasikannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Ia juga berharap lahir kader-kader pancasilais sehingga Pancasila tetap jaya di NKRI ini. “Para Juara akan mendapatkan piala, piagam, dan uang pembinaan,” tandasnya.(Wiwin Meliana)

To Top