Griya

Tanaman Sikas yang Unik

Sikas merupakan salah satu jenis tanaman hias yang memiliki harga tinggi. Tetapi bagi pencinta tanaman, harga tak masalah. Karenanya, tanaman ini pun samapai saat ini masih banyak dicari.

Kecantikan tanaman hias sikas ini terletak pada daunnya yang menyerupai bulu yang tertata rapi dan teratur serta tumbuh mengarah keluar batang. Daunnya berwarna hijau gelap dan terlihat mengkilat dari kejauhan, panjang daunnya pun bervariasi. “Sikas yang pertumbuhannya bagus akan memiliki daun hijau mengkilat. Ada dua jenis sikas yaitu yang berdaun panjang dan berdaun pendek,” ujar Ni Made Wardani, pemilik Stand Bunga Sari Mas Ayu di kawasan Tanjung Bungkak, Denpasar.

Keunikan sikas juga terlihat dari bentuk batangnya yang menyerupai buah nanas. Karena itu, harga sikas ini pun sangat ditentukan oleh bentuk daun dan tinggi batang. “Tanaman sikas dengan tinggi batang keras sekitar 10 cm, harganya Rp 400 ribu,” jelas Wardani, pereempuan asal Mengwi, Badung yang sudah lebih dari 20 tahun menggeluti bisnis tanaman ini.

Tanaman sikas dipasoknya dari Kediri, Jawa Timur. Sikas termasuk ke dalam keluarga cycadaceae, yang bisa ditempatkan di outdoor ataupun dalam ruangan ini dikatakan Wardani termasuk jenis tanaman yang paling sulit dari segi perawatannya. Meski penyiraman tak harus dilakukan setiap hari, namun sikas harus benar-benar diperhatikan terutama dengan pemupukan dan penyemprotan cairan pembasmi kutu yang dilakukan setidaknya sekali dalam sebulan.

Untuk mendapatkan bentuk dan pertumbuhan tanaman sikas yang baik, dilakukan juga pemotongan pada daun-daun yang sudah tua. “Kalau di atas daunnya tumbuh, daun yang dibawah harus dipotong- potong rapi sampai ke ujung pangkal daun,” tungkasnya. (Inten Indrawati)

(Visited 2 times, 1 visits today)
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

code

Terkini

To Top