Sosialita

Asteria Lestary: Merajut Impian

Salah satu definisi sukses bagi kami adalah sukses sosial. Bagaimana dengan Anda? Sukses adalah ketika kita bisa berbagi dengan sesama. Karena dengan demikian hidup kita memiliki nilai yang sangat berarti yang tidak bisa ditakar dengan materi.

Ni Putu Asteria Yuniarti, S.Pd, M.I.Kom., seorang mahasiswa, wiraswasta dan aktivis sosial, mulai belajar hidup mandiri sejak kecil. Ia sudah mulai menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan sekitar ketika masih duduk di bangku SMA. Berawal dari kegiatan sosial yaitu mengajar anak-anak di Desa Guwang, Gianyar dalam Yayasan Anak Tangguh, mengajar anak-anak di lingkungan rumahnya di Desa Punggul Abiansemal, Badung, hingga saat ini gadis kelahiran Lampung, 1 Juni 1992 ini menaungi secara resmi kegiatannya dalam sebuah Yayasan Ria Asteria Mahawidia.

Atas dasar cinta kasihnya, Ria Asteria-sapaan akrabnya, mendedikasikan hidupnya untuk bermanfaat bagi orang lain. Tak hanya membantu anak-anak untuk bekal sekolah, ia juga menjalin kerjasama dengan Yayasan Dana Abadi Bali yang fokus dalam pengembangan SDM untuk mampu hidup mandiri. Berbagai kegiatan lomba juga ia selenggarakan seperti Pro Bali Ambassador, Pro Bali Award, seminar motivasi, dan lain sebagainya.
“Saya bangga menjadi perempuan yang diizinkan untuk bisa menebar kebaikan dengan cara saya sendiri. Saya harus berbagi. Saya punya tekad harus bisa membantu orang lain, menolong tanpa batas dan ikhlas. Adalah suatu kebanggaan ketika saya diizinkan semesta untuk bisa menjadi bagian dalam upaya pencapaian mimpi orang lain hingga mereka sukses. Astungkara, semua karena restu-Nya,” tegas putri pasangan I Made Lilir Adnyana dan Ketut Budi Hartini ini.
Seiring perjalanan waktu, ia pun bertemu dengan salah seorang perempuan hebat, dia adalah Putu Eka Lestary, S.H., seorang wiraswasta yang bergerak di bidang hukum. Persamaan visi dan misi membuat mereka berdua saat ini fokus merintis usaha yang ke depannya mampu menciptakan social-impact yakni meningkatkan harkat dan taraf hidup masyarakat kelas menengah ke bawah baik itu di bidang pendidikan, kesehatan ataupun lapangan pekerjaan.
“Kami berdua tidak hanya bermimpi tapi kami bergerak untuk membuat planning dan action-nya. Di era seperti ini, tidak ada istilah tidak bisa. Dengan melangkah bersama kami yakin kami bisa. Ke depannya kami memiliki impian untuk bisa mendirikan rumah sakit, usaha kuliner dan sekolah,” ucap ibu yang memiliki satu putra dan dua putri ini.
Akan terasa lebih menyenangkan ketika kita berada di sekeliling saudara dengan berbagai karakter. Tidak hanya akan saling berbagi, namun juga saling menyemangati. Apapun yang ada di sekeliling kita terbuat dari energi, oleh karena itu untuk menarik energi yang positif kita juga harus bisa memberikan energi positif satu sama lain. Setiap orang pasti memiliki pertimbangan tersendiri dalam memilih jalan hidupnya. Tidak terkecuali dengan yang dialami Ria Asteria (nama branding dari Ni Putu Asteria Yuniarti, S.Pd, M.I.Kom.) ketika memutuskan untuk hidup mandiri.
“Perkenalan saya dengan Eka Lestary seperti miracle, kenapa? Karena di saat sebelumnya saya sempat melakukan berbagai peluang, pengalaman jatuh bangun merintis usaha, dikejar-kejar lembaga keuangan, kewajiban untuk memenuhi kehidupan keluarga yang dulunya di bawah rata-rata dan masih banyak lagi guru kehidupan yang saya alami,” kata Duta Mahasiswa Genre Tingkat Nasional Tahun 2012 , Runner Up 1 Miss Internet Tahun 2015 dan masih banyak lagi prestasi yang diraih oleh Ria Asteria.
Dengan pertimbangan yang matang, Asteria Lestary memutuskan untuk merajut impian dan memerangi rasa takut yang timbul di dalam diri sendiri hingga akhirnya Asteria Lestary nantinya dapat memberikan kontribusi postif melalui kegiatan sosial (sociopreneur) yang tengah ia jalankan.
“Jangan pernah takut bermimpi besar. Berani mencoba dan keluarlah dari zona zamanmu, karena impian akan menggiring kita menuju cita cita,” tegas mereka berdua dengan kompak.
Untuk mengetahui lebih lanjut program kegiatan Yayasan Ria Asteria Mahawidia, pembaca tokoh dapat menghubungi Tlp/Faks. (0361) 261012 atau melalui email : official_ riaasteria@yahoo.co.id., officialekalestary@yahoo.com. –ten

To Top