Dara

Lama Vakum, Mangdan Rilis Album Ketiga

Buleleng begitu banyak memiliki potensi dibidang seni tarik suara khususnya lagu pop Bali. Banyak dari mereka yang sudah bisa meraih kesuksesnya dibelantika musik pop Bali lewat karya-karya yang digandrungi masyarakat Bali. Salah satu penyanyi pop Bali kelahiran Buleleng tepatnya Desa Alasangker ialah Komang Suardana atau yang akrab dipanggil Mangdan. Dua album telah dirilisnya beberapa tahun lalu di antaranya Galungan Kuningan dan Kangen.

Kini ditengah perkembangan musik pop Bali yang semakin positif dan kebanjiran pendatang baru, membuat Mangdan tertarik untuk terjun kembali dibelantika musik pop Bali setelah sekian lama sempat vakum. Album ketiganya kini sedang dipersiapkan dan salah satu lagu sudah dirilis sebagai perkenalan album barunya tersebut. Single yang dirilis untuk memperkenalkan album ketiganya itu berjudul Nganten yang ia ciptakan sendiri dan diaransemen oleh Arim Ganawangsa. “Single Nganten ini sebagai perkenalan untuk album ketiga saya yang kini dalam tahap persiapan. Soalnya lama saya tidak berkarya, jadi sekarang saya coba untuk kembali dengan menggarap album ketiga untuk meramaikan belantika musik pop Bali yang sekarang sudah mulai bangkit,” ungkap Mangdan saat dihubungi belum lama ini.

Dikatakan Mangdan, beberapa lagu untuk album ketiganya sudah rampung. Beberapa lagu tersebut seperti Bansos, Seleg Mekuli, Ketog Semprong, Odah Gaul dan juga termasuk lagu yang sudah dirilis Nganten. “Untuk materi lagu sudah ada beberapa yang rampung direcording. Iya sambil jalan dan sambil mencari inspirasi untuk materi lagu tambahan,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Mangdan juga sangat berharap masukan-masukan dari para seniornya dibelantika musik pop Bali dan juga dari lapisan masyarakat. Masukan tersebut diharapkan bisa membangun dan menjadikannya lebih baik lagi dalam berkarya. “Saya selalu membuka diri untuk semua yang ingin memberi masukan bagi saya. Itu sangat penting bagi saya untuk bisa berkarya yang lebih balik lagi,” imbuhnya.

Selain itu, Mangdan juga berharap musik pop Bali yang sempat redup kini bisa kembali bangkit dengan beragam genre. Hal itu tak lepas dari banyaknya pendatang baru yang bermunculan dengan kualitasnya masing-masing. “Kalo saya lihat musik Bali saat ini sudah kembali bangkit dan berkembang dengan hadirnya penyanyi pendatang baru. Semoga ini bisa menjadi titik awal kebangkitan lagu pop Bali. saya juga berharap karya-karya yang saya hadirkan mampu diterima oleh semua lapisan masyarakat,” tutupnya. –Wiwin Meliana

To Top