Indonesia

Resep Mama untuk Es Kacang Ijo

Cuaca panas membuat tubuh  merasa haus. Masyarakat gemar menu minuman dingin yang menyegarkan. Ketika matahari begitu terik, minum es kacang ijo bisa menjadi penghilang dahaga yang mujarab. Manfaat kacang ijo memberikan asupan makanan bergizi lebih  bagi kesehatan.

Tidak hanya es campur atau es kelapa muda, kacang ijo ternyata juga bisa dijadikan minuman dingin yang menyejukkan. Usaha inilah yang dilirik, Benny Chandra Gunawan. Ia mendirikan bisnis minuman sehat ini dengan brand “Es Kacang Ijo Mamaku” sejak Desember 2012.

Sejak kecil pria kelahiran Jakarta ini, sudah akrab dengan kacang ijo. Karena di rumah orang tuanya es kacang ijo sudah menjadi minuman sehari-hari. Setelah menikah dan tinggal di Surabaya, Benny makin suka dengan minuman itu untuk dinikmati bersama keluarganya.

Nama ‘Mamaku’ sengaja digunakan sebagai brand dari produknya. Karena resep khas Mamaku Es Kacang Ijo diperoleh dari sang ibu. Selain itu, ayah dari Kevin ini mengaku, nama itu digunakan karena mudah diingat oleh semua orang.

Usaha ini awalnya terlintas ketika ia jalan-jalan di beberapa pusat pembelanjaan di Surabaya bahkan di Indonesia. Namun, tak satupun dijumpai ada yang menjual es kacang ijo. Dari situlah muncul ide mendirikan usaha es kacang ijo dengan sistem take away.

Ternyata konsep yang tak disengaja itu mendapat respons baik dari konsumen, hingga saat ini sudah memiliki 3 outlet di Surabaya. Meski disadari, adanya minuman modern dengan berbagai merek dan rasa lain bukan permasalahan.

Selain itu, es kacang ijo bukan sajian musiman atau hanya trend. Tapi, sampai kapanpun akan tetap diminati oleh pecinta kacang ijo dan aneka sajian nusantara. Hingga saat ini pria 41 tahun itu dibantu oleh sembilan karyawan yang terampil. Meski awalnya mereka tak memiliki kemampuan di bidang tersebut. Baginya yang terpenting mereka mempunyai sifat yang jujur dan disiplin.

Meski saat ini muncul usaha yang serupa, namun ia tak merasa takut tersaingi. Dirinya menganggap bahwa rasa dan kualitas sebuah produk tak bisa ditiru. “Semakin banyak yang meniru usaha ini, justru akan membuat kami menawarkan sajian yang lebih enak dan berkualitas,” kata Benny.

Dengan modal  awal Rp 20 juta didirikanlah  usaha es kacang ijo. Kini ia bisa mengantongi Rp 60 juta per bulannya. Minuman ini memiliki keistimewaan tersendiri dibandingkan dengan lainnya. Produk milik Benny tak menggunakan bahan pengawet, setiap harinya menyajikan produk yang segar.

Bahan-bahan yang digunakan pun juga merupakan bahan pilihan. Kacang ijo sendiri diambil dari produk lokal Indonesia, yakni Bima, Banyuwangi dan lain-lain. Karena hal tersebut, usahanya kini  dikenal oleh  masyarakat Surabaya. (Fiqhy Farizh Ferdiansah)

 

 

(Visited 2 times, 1 visits today)
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

code

Terkini

To Top