Advertorial

Tingkatkan Kualitas SDM Masyarakat Buleleng

Kampus Manager bersama perwakilan guru, siswa-siswi, dan alumni smk N 1 Singaraja, serta para Asessor dari LSP 3 Pariwisata Bali ketika memberikan sertifikasi kompetensi di kampus Mediterranean

Mediterranean Bali Cabang Singaraja fasilitasi Sertifikasi Kompetensi SMK Negeri 1 Singaraja oleh LSP 3 Pariwisata Bali

Tantangan pengembangan di sektor pariwisata dinilai sangat kompleks, mulai dari ketatnya persaingan, tuntutan konsumen, serta pengaruh globalisasi. Untuk menciptakan SDM yang berkualitas dan professional di bidang pariwisata, maka peran lembaga pendidikan dan pelatihan menjadi sangat menentukan.

Guna mengantisipasi persoalan tersebut, Mediterranean Bali cabang Singaraja menekankan pengembangan SDM pariwisata pada penguasaan kompetensi masing-masing agar dapat bersaing ditingkat regional, nasional bahkan ditingkat internasional. Menurut kampus manager Komang Rusma Ari Santhi, S.Pd.,M.Pd., melalui sertifikasi kompetensi yang melibatkan siswa kelas XII (83 orang)  dari program Usaha Perjalanan Wisata SMK Negeri 1 Singaraja, Mediterranean ingin memfasilitasi siswa-siswi seluruh SMK di Buleleng untuk disertifikasi. “Kami tidak hanya berkecimpung dalam pelatihan ke kapal pesiar tetapi juga kami punya lembaga sertifikasi yang bekerjasama kuat dengan LSP 3 Pariwisata Bali,” paparnya (Jumat, 3/03). Kegiatan yang berlangsung di gedung lantai III kampus setempat, melibatkan 3 Assesor dari LSP 3 Pariwisata Bali dengan menguji skema ticketing.

Rusma Ari Santhi menambahkan jika kuantitas SDM melimpah namun jika tidak dikelola dengan baik kualitasnya, justru akan menimbulkan problem tersendiri. Bagi pengusahan dan industri, memiliki pegawai yang bersertifikat adalah aset dalam persaingan bisnis. “Saat ini sertifikasi sangat penting, ketika lulus nanti mereka akan dapat pengakuan dari industri di tempatnya bekerja,” imbuhnya. Lanjut kata perempuan berparas ayu tersebut, alumni dari SMK N 1 Singaraja telah banyak sukses berkarier melalui proses pendidikan di Mediterranean Bali. “Kami ingin mengajak siswa-siswi SMK 1 singaraja bergabung dan juga SMA/ SMK yang lain karena kami telah sukses menjembatani mereka meraih cita-cita dan impian besar untuk sukses diusia,” pungkasnya.

Sementara itu, Certification Manager LSP 3 Pariwisata Bali Kadek Wira Adi Saputra mengungkapkan dengan sertifikasi yang dilakukan diharapkan memberikan bekal kompetensi dalam dunia kerja. Siswa yang dinyatakan Kompeten akan mendapat sertifikat sedangkan yang belum kompeten akan direkomendasikan kepada pihak sekolah untuk di-upgrade ketrampilannya. “Assesor yang kami libatkan adalah yang berpengalaman dibindang teori maupun praktek yang telah berada pada level manager, sehingga hasil sertifikasinya bisa dipertanggungjawabkan,” jelasnya.

Kadek Agus Jaya Pharhyuda selaku guru SMK N 1 Singaraja berharap hasil dari sertifikasi dapat menjadi umpan balik bagi siswa dan guru-guru untuk lebih meningkatkan kompetensinya. “Melalui Sertifikasi anak-anak nantinya bisa membuktikan apa yang didapat di sekolah baik secara teori maupun praktek,” pungkasnya. Win

 

To Top