Indonesia

Bisnis Permak Menjanjikan Keuntungan

Celana atau baju yang robek, kebesaran atau apapun kini tak perlu lama berdiam diri di lemari. Karena penjahit permak sudah siap membantu memperbaikinya. Cukup memakan waktu 15 menit hingga 1 jam. Semua jenis pakaian bisa Anda kenakan lagi.

Salah satu supervisior Laris Permak, Heny Khristian, melihat  permak sebagai peluang bisnisnya. tak jarang orang membuka usaha tersebut. Apalagi pada saat ini, semua serba online dan mudah didapat. Banyak orang lebih memilih membeli pakaian di online, meski detail pakaiannya sudah dijelaskan. Tapi ternyata ada yang kebesaran, bentuknya kurang bagus, dan lain-lain.

Walaupun belum pernah berpengalaman menjadi seorang enterpeneur tak menjadikannya patah semangat. Wanita kelahiran Surabaya ini, menjelaskan, modal usaha yang ia gunakan tak terhitung. “Modal kan hanya value, semua itu tergantung dari peralatan yang disediakan. Apapun usaha yang kita rintis, modal itu akan mengikuti,” kata perempuan setengah baya itu.

Jasa permak ini mulai 2016 lalu. Saat ini, bisnisnya dipadati customer . “Biasanya kalau orang-orang habis belanja di butik sebelah, pasti langsung dibawa kesini,” tambahnya. Minat konsumen dengan adanya Laris Permak, orang ada pilihan dia mau memperbaiki kemana,” ujarnya.

Semua tergantung dari keahlian masing-masing pekerja. Semakin mereka kerjanya bagus, lebih teliti, rapi, itu yang dicari konsumen. Rata-rata pelanggannya dari kalangan menengah atas. Selain itu, Laris Permak dikelilingi beberapa apartemen mewah. Itulah alasan wanita yang hobi travelling ini mendirikan usaha permak di PTC.

Meski persaingan bisnis semakin ketat, dia memiliki cara sendiri untuk mengatasinya. Salah satunya, selalu berinovasi dalam bentuk pakaian. “Selain mereka bawa contoh sendiri, kami juga menyediakan beberapa contoh baju. Jadi pelanggan bisa memilih model pakaian yang ia inginkan,” ujar Heny sambil tersenyum.

Untuk masalah omzet, ia agak sensitif. Perusahaan jasa tak boleh dipatok nilai, karena ia menyediakan jasa dan tak bisa diprediksi. Tidak sedikit kendala yang dia alami saat menjalani bisnisnya. Diantaranya, konsumen yang sering complain.

Nama Laris Permak sendiri diambil dari bahasa arek Suroboyo. Karena menurutnya, nama harus mengandung doa. Ia berharap usaha ini bisa maju dan lancar serta ingin membuka cabang dan memperbanyak model baju. (Fiqhy Farizh Ferdiansah)

 

 

(Visited 25 times, 7 visits today)
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

code

Terkini

To Top