Edukasi

KCBI Provinsi Bali Gelar Japanese Tea Ceremony

Kopdar Anggota KCBI

Belum lama ini Bidang Program Komunitas Cinta Berkain Indonesia (KCBI) Provinsi Bali, menggelar program perdananya untuk tahun 2017. Kegiatan yang dikoordinir oleh Ni Made Sumiathi, yang lebih dikenal dengan panggilan Kadek Anya menyelenggarakan “Japanese Tea Ceremony”.

Mereka mengawali kegiatan dengan mengunjungi Desa Wisata Penglipuran untuk mengenal permukiman asli masyarakat Bali yang termasuk desa terbersih di dunia ini. Perjalanan yang indah ini, bertujuan memperkenalkan desa tersebut kepada KCBI Provinsi Bali yang beranggotakan tidak hanya orang Bali tetapi dari beragam suku di Indonesia.

Selanjutnya perjalanan mereka lanjutkan ke Padma Resort Ubud, di Puhu Payangan untuk makan siang bersama. “Kami mewakili anggota KCBI  mengucapkan terima kasih kepada Ibu Anie Soeryanto, pemilik Padma Resort Ubud yang telah membantu terlaksananya acara ini,” ucap Kadek Anya.

Puncak acara dari pertemuan mereka adalah Japanese Tea Ceremony (Upacara Teh Jepang). Tradisi minum teh Jepang ini adalah tradisi yang sangat sakral. Orang Jepang memiliki cara yang unik dan menjadi etiket tradisi dalam mempersiapkan/menyuguhkan ‘teh’ bagi tamunya, yang disebut sado, chato atau

noyu. Teh ini berupa bubuk namanya In Sado, berbeda dari teh yang biasa digunakan. Bubuk teh tersebut diletakkan dalam cangkir lalu dituangkan air panas dikocok dengan bambu sampai mengeluarkan busa kemudian diminum.

Di abad ke-16, Sen No Rikyu membawa kesempurnaan pada tradisi ini dengan memberikan nilai estetika sederhana yang disebut wabi (rasa lembut) dan sabi (kesederhanaan elegan). Ichigo Ichi semasa hidupnya memiliki konsep bahwa ada satu pertemuan penting bagi tuan rumah dalam mempersiapkan dengan ketulusan ketika mengimplementasikan, semacam menggantung gulir dan bunga untuk dituangkan ke dalam ceruk dan teko. Dari kegiatan tersebut, tamu dapat merasakan keramahan tuan rumah yang hangat dan penuh rasa syukur, yang dibawakan oleh Ibu Meiko Togashi beserta Ibu Rinko dan Bapak Kiyoshi Kuronumo.

Di acara Japanese Tea Ceremony tersebut Ibu Meiko Togashi memberikan 3 teh dari Ceremony itu kepada Mayke Boestami selaku Ketua KCBI Provinsi Bali, Anie Soeryanto sebagai perwakilan dari Padma Resort Ubud dan Desy Wilson sebagai perwakilan dari Anggota KCBI Provinsi Bali. Salam Budaya dan Cinta Berkain. -ard

To Top