Sosialita

TRANSFORMASI BISNIS KSP SILA MUKTI : Sebagai Respons Terhadap Tantangan Kompetisi

Satu dasa warsa lebih sudah KSP Sila Mukti berkiprah dan mendedikasikan dirinya. Dari sebuah kelompok usaha bersama kini KSP Sila Mukti mampu menunjukkan eksistensi dalam transformasi bisnis sehingga sukses membawa KSP Sila Mukti sebagai Koperasi Nivo Provinsi yang tumbuh dan dipercaya masyarakat. Transformasi yang dilakukan KSP Sila Mukti didasari oleh persaingan yang semakin kompetitif.

KSP Sila Mukti berdiri pada 20 April 2004, kemudian didaftarkan ke Dinas Koperasi Kabupaten Karangasem untuk mendapatkan pengesahan Badan Hukum Koperasi. Tanggal 9 Maret 2015 KSP SM mendapatkan pengesahan akta perubahan menjadi Koperasi Nivo Provinsi, sehingga KSP Sila Mukti bisa melayani anggota/calon anggota seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Bali.

Kantor Pusat KSP Sila Mukti berkedudukan di Br. Dinas Batumadeg, Desa Besakih, Kec. Rendang, Kab. Karangasem. KSP Sila Mukti pada tanggal 9 Januari 2016 meresmikan pembukaan kantor cabang pertamanya di Kabupaten Gianyar, tepatnya di Br. Peteluan, Temesi – Gianyar dan tanggal 13 Desember 2016 diresmikan pembukaan KCP Batubulan di Br. Dinas Kapal, Desa Batubulan, Kecamatan Sukawati – Gianyar.

Seperti yang menjadi harapan Ketua KSP Sila Mukti I Wayan Dirgantara, bahwa di setiap kehadiran KSP Sila Mukti  dapat memberikan manfaat bagi anggota dan masyarakat sekitarnya,  memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, penyerapan tenaga kerja dan pemerataan pendapatan. Sehingga, bersama-sama dengan koperasi & LKM lainnya dapat mengurangi tingkat kesenjangan ekonomi.  “Kedepannya, mudah-mudahan stigma buruk dan anggapan negatif serta pandangan pesimis sebagian masyarakat  terhadap peran dan fungsi koperasi bisa diminimalisir dengan tindakan konkret untuk reformasi total menuju kemandirian koperasi, baik dalam cara pandang, maupun dalam mengelola koperasi secara baik dan benar,” ujarnya.

Satu hal yang perlu menjadi catatan adalah bahwa KSP Sila Mukti  adalah kumpulan orang dimana “kebersamaan” adalah roh utamanya. Kebersamaan yang dimaksud tidak sebatas dalam tahap merumuskan tujuan-tujuan saja, tetapi juga bersama-sama dalam mewujudkan tujuan-tujuan tersebut melalui distribusi peran efektif dan proporsional. Maka apa pun capaian KSP Sila Mukti, sesungguhnya adalah buah dari kualitas kebersamaan yang terbangun di antara pengurus, pengawas, pengelola dan anggota.

Dalam pertanggungjawaban pengurus yang disampaikan saat Rapat Anggota Tahunan (RAT) tanggal 18 Februari 2017 di Balai Banjar Kedungdung – Besakih, kinerja keuangan KSP Sila Mukti menunjukkan pertumbuhan yang positif di tengah perlambatan pertumbuhan ekonomi nasional, menurunnya daya beli dan melemahnya geliat pasar keuangan. Pertumbuhan positif KSP Sila Mukti ditandai dengan pertumbuhan kredit (baca: pinjaman) 35 %, modal sendiri 31 %, asset 23%, SHU 22% dan pertumbuhan DPK sebagai indikator meningkatnya kepercayaan anggota naik 35%.

Gaji karyawan KSP SM terendah sudah mengacu UMR/UMK, mendapatkan tunjangan Kesehatan dan ketenagakerjaan, THR, insentif, Dana Pensiun.

Saat ditemui di sela-sela RAT, I Wayan Dirgantara didampingi pengurus lainnya, yakni Ni Luh Putu Renasih selaku sekretaris dan I Wayan Sudiana Putra sebagai bendahara menyampaikan bahwa faktor keamanan, kemudahan dan kepercayaan adalah prioritas utama KSP Sila Mukti saat memberikan layanan simpan pinjam bagi seluruh anggotanya. “Kami bertekad untuk terus menjadi koperasi yang handal dan berkualitas untuk bisa berkontribusi positif pada lingkungan kerja,” ujar Putu Renasih.

Visi, misi dan budaya kerja yang dianut KSP Sila Mukti menjadi panduan kami untuk senantiasa memberikan keamanan, kemudahan dan rasa saling percaya dalam melayani anggota,” imbuh Wayan Sudiana Putra.

Untuk menjawab tantangan ekonomi yang sangat kompetitif mengalami perubahan yang sangat signifikan, KSP Sila Mukti berusaha untuk mentransformasikan dirinya dengan manajemen lebih modern. Ini ditandai dengan KSP SM melakukan pencatatan keuangan berbasis IT dengan core banking terintegrasi, memberikan layanan yang berbasis mobile. Dalam pencatatan Laporan KSP SM, sudah berbasis sistem standar pencatatan akuntansi, KSP SM kami kelola secara transparan dan akuntabel, sudah diaudit oleh Jasa Audit dengan opini wajar.

“Manajemen kami selalu mengacu pada ketentuan dan perundangan-undangan yang berlaku. Setiap kebijakan, kami tuangkan dalam persus-persus KSP SM,” papar I Wayan Dirgantara.

Pada kesempatan tersebut, manajemen pengelola KSP Sila Mukti yang digawangi oleh I Putu Rudin menyikapi persaingan bisnis yang dihadapi KSP Sila Mukti dengan mengembangkan suatu model transformasi bisnis yang rinci, komprehensif dan terintegrasi  agar KSP Sila Mukti tumbuh dan berkembang dalam menghadapi  tantangan bisnis di masa depan.

Transformasi bisnis di KSP Sila Mukti adalah sebuah proses perubahan yang diperlukan untuk memosisikan entitasnya agar lebih baik dalam menyikapi dan menjawab tantangan-tantangan bisnis dan lingkungan usaha yang berubah secara cepat. Perubahan dilakukan secara menyeluruh dan berkesinambungan terhadap visioning, untuk menetapkan arah dan tujuan KSP Sila Mukti serta memosisikan diri agar lebih kompetitif. Peningkatan kemampuan organisasi, pengembangan sumber daya manusia untuk  melakukan perubahan mendasar pada  pengelolaan dan pemanfaatannya. Pemantapan budaya organisasi diperlukan agar seluruh kekuatan organisasi dapat ‘diikat’ menjadi satu dan diarahkan kepada sasaran yang diinginkan meliputi pola pikir, pola tindak dan  perilaku organisasi dalam melakukan kegiatan bisnisnya.

Pencapaian sasaran perusahaan dan penciptaan nilai ditujukan untuk  menerapkan kiat-kiat bisnis terbaik  di dalam melaksanakan strategi bisnis dan kegiatan operasi agar tercipta manfaat yang diinginkan. Dimana, dalam pergerakannya didukung oleh 50 orang karyawan dengan masing-masing leadernya. Di kantor pusat dimotori tiga Kepala Bagian yaitu Kabag. Simpanan Ni Wayan Antini, Kabag. Pinjaman I Wayan Subagia, Kabag. Keuangan dan Akuntansi Ni Putu Eka Wiratni. Sementara Kantor Cabang dinahkodai oleh I Putu Sukanegara dan KCP motor penggeraknya adalah I Nyoman Nurjaya. –ten

To Top