Edukasi

Tanamkan Cinta Lingkungan sejak Dini

Gugus PAUD Mawar Kecamatan Denpasar Utara mengadakan kerja bakti di Taman Kota Lumintang, Denpasar, Sabtu (18/2). Kegiatan ini melibatkan guru, siswa, dan orangtua siswa. Menurut Ketua Gugus Mawar Ni Nyoman Darmini, S.Pd., M.Pd. kegiatan ini juga dalam rangka HUT ke-229 Kota Denpasar.

“Acara ini bertujuan menanamkan pendidikan karakter sejak dini, menanamkan pendidikan ekonomi kreatif, dan menanamkan rasa cinta lingkungan kepada anak sejak dini serta melaksanakan program pemerintah kota Denpasar, yakni Denpasar Clean and Green,” ujar Darmini yang juga Kepala TK Negeri Pembina Denpasar ini.

Ia menambahkan rangkaian kegiatan gerakan peduli sampah dilaksanakan tiga kali dan melibatkan bank sampah. Pada Kamis (9/2) diadakan workshop pengelolaan sampah menjadi media kreatif bagi anak PAUD se-Gugus Mawar yang dirangkaikan dengan lomba yel-yel. Dalam acara ini anak-anak diajarkan mengolah barang bekas menjadi media kreatif.

Jumat (17/2) dilaksanakan pengumpulan sampah oleh anak-anak yang dijual ke bank sampah. Uang penjualan sampah ini disumbangkan ke Gugus Mawar. Kegiatan ini melibatkan anak-anak yang sudah membawa sampah masing-masing. Sampah itu kemudian ditimbang dan disetor ke bank sampah.

“Kami berharap kegiatan ini bisa rutin dilakukan dan berimbas ke semua sekolah di Kecamatan Denpasar Utara khususnya dan Denpasar umumnya. Penanaman cinta lingkungan sejak dini merupakan modal di kemudian hari untuk mencipta lingkungan yang bersih dan sehat,” tegas Darmini. (ngurahbudi@cybertokoh.com)

To Top