Indonesia

Guru Nyambi Jualan Sosis

Ali Usman

Siapa yang tak suka sosis ? Makanan berbahan dasar daging dengan tepung yang dicampur menjadi satu ini sangat digemari mulai anak-anak hingga dewasa. Ali Usman pun memilih menggeluti bidang kuliner khususnya sosis. Rasanya nikmat dan pas untuk lidah orang Indonesia.

Pria kelahiran Gresik, 22 September 1976 ini mengawali usahanya tahun 2005. Dengan bantuan sang istri tercinta yang setia menemani dalam menjalankan usahanya. Pada saat itu ada seorang konsumen asal Srilangka yang mencoba sosis tersebut. Menurut konsumen itu rasanya sangat enak dan cocok dengan lidahnya. Sehingga orang ini mencoba mengekspor sosis buatan pria lulusan SI Tarbiyah ke Australia.

Ali yang juga guru agama di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Driyorejo Gresik mengaku penghasilannya kurang cukup untuk membiayai kehidupan sehari–hari. “Sehingga saya harus melakukan kerja sampingan dengan bisnis sosis,” kata bapak tiga anak ini.

Modal awal dalam mendirikan usahanya tidak pernah dihitung. Hal itu, dikarenakan metode yang digunakan adalah by order. “Intinya, usaha ini mengalir saja. Jika ada yang pesan langsung dilayani,” ujarnya sambil tersenyum. Sampai saat ini, jumlah karyawannya sekitar 40 orang, dengan omzet Rp 4 miliar per tahun.

Karena usahanya tiap hari semakin meningkat serta keinginan pasar pun semakin melambung, membuat pria ini memutuskan untuk mulai mengurus surat-surat pembuatan UD Family Food. Dari akte pendirian, serta izin-izin lembaga Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) pada 2008.

Dalam usahanya ini, tidaklah selalu mulus seperti yang dibayangkan. Karena tidak jarang adanya masalah pada produk. Misalnya, minimnya order serta karyawan yang pada ribet. Tapi, Ali tidak pernah mengeluhkan itu semua. Dia berharap semoga usahanya tetap bisa maju. Ia memiliki moto yang patut dicontoh semua pengusaha, ‘hari esok harus lebih baik dari hari ini’. (Miftakul Ibnu Azis)

(Visited 1 times, 1 visits today)
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

code

Terkini

To Top