Sosialita

AA Ayu Ketut Agung & Sagung Diva: Kompak Tekuni Tata Rias

Air cucuran atap jatuhnya ke pelimbahan juga. Sepertinya ungkapan ini tepat ditujukan kepada Anak Agung Sagung Diva Wastuningtiyas yang mewarisi bakat merias ibundanya Dr. Dra. Anak Agung Ayu Ketut Agung, M.M. Tentunya, bakat Sagung Diva tersebut tak akan berkembang jika tak diarahkan dengan baik. “Bakat meriasnya ini terbentuk karena lingkungan, dia sering melihat, dan mau saya arahkan,” ujar Bu Agung-sapaan akrabnya.

Mulai dari sering melihat, Sagung Diva akhirnya serius belajar tata rias sejak kelas 3 SD. Tak heran jika saat duduk di bangku kelas 5 SD ia tercatat menjadi perias termuda di Indonesia. Karena itu pula, Sagung Diva kerap diundang untuk demo merias hingga ke luar negeri, disponsori Viva Cosmetics.

Di waktu senggangnya dan saat hari-hari libur sekolah, putri kedua Bu Agung dan I Gusti Ngurah Agung Ardana dari Puri Agung Tabanan ini juga kerap turun tangan turut mengajar di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Agung. Demikian halnya ketika LKP agung yang bekerjasama dengan WHDI Provinsi Bali, Kelompok Media Bali Post, dan Viva Cosmetics mengadakan roadshow pelatihan tata rias gratis ke daerah-daerah, Sagung Diva juga ikut demo merias. Hal ini sekaligus untuk memberi motivasi bagi generasi muda lainnya untuk mengisi waktu dan membekali diri mereka dengan keterampilan tata rias atau keterampilan lainnya.

“Sepanjang tahun 2017 ini kami akan mengadakan roadshow sebanyak 30 kali. Materinya, memberikan pelatihan tata rias untuk diri sendiri, membuat dan memasang sanggul Bali (pusung tagel), sanggul modern, dan sosialisasi berbusana ke pura yang baik dan benar,” ujarnya. Dan sampai pertengahan Februari ini, sudah terlaksana 11 kali roadshow. Bu Agung mengatakan, untuk roadshow- roadshow berikutnya, ia sangat terbuka bekerjasama dengan semua pihak, baik instansi pemerintah, swasta, maupun organisasi-organisasi perempuan.

Karena eksistensinya inilah LKP Agung selalu dibanjiri kunjungan studi banding. Di antaranya kunjungan dari Kementerian Pendidikan Timor Leste dan jajarannya, SMKN 2 Lumajang Jurusan Tata Kecantikan yang sekaligus menempatkan peserta didiknya untuk magang selama 3 bulan di LKP Agung, Dinas Pendidikan Karimun Jaya Kepulauan Riau beserta jajarannya-magang 4 hari, Dinas Pendidikan Kota Bandung, Akademi Kesejahteraan Sosial Ibu Kartini-Semarang, dan Universitas Negeri Jogja (UNJ), yang juga menempatkan beberapa anak didiknya magang dari awal tahun sampai sekarang. –inten

To Top