Kuliner

Menikmati Kesegaran Rujak Serut

rujak serut

Berbagai macam jenis rujak ada di Indonesia. Salah satunya rujak serut. Rujak model ini seperti halnya rujak-rujak lainnya menggunakan bahan dasar buah-buahan.

Buah yang sering dipakai untuk rujak serut antara lain mangga muda, bengkoang, pepaya, mentimun. Sesuai dengan namanya, rujak serut, buah-buahan sebagai bahan dasar rujak ini dipotong dengan cara diserut. Potongan yang kecil dan tipis ini memudahkan penggemar rujak untuk menikmati kesegaran buah. Pemilihan buah yang muda juga menjadi pertimbangan karena tekstur yang keras.

Rani, seorang penggemar rujak serut mengatakan selain buah yang muda, tingkat kepedasan rujak juga pertimbangan. “Ada pedagang yang menjual rujak serut dalam satu rasa. Bumbunya sudah disiapkan, tinggal nyampur saja. Kalau mau nambah cabai, konsumen diberikan cabai utuh. Ada juga yang mempersilakan konsumen memilih tingkat kepedasannya. Begitu ada pesanan, baru dibuatkan,” ujarnya.

Cara penyajian rujak serut juga bermacam-macam. Ada yang menggunakan piring, ada juga yang menggunakan gelas besar. Rujak serut ada yang kering dan ada yang berkuah. Semua kembali ke selera konsumen. Harga seporsi rujak serut sangat terjangkau, mulai dari Rp 10 ribu. (ngurahbudi@cybertokoh.com)

To Top