Kolom

MEMAKSIMALKAN PELUANG USAHA DI ERA DIGITAL

A.A.Pt.Chintya Putri Suardana, S.Psi

Saat ini bidang usaha atau jasa yang mampu bertahan hidup dan terus berkembang adalah bidang usaha atau jasa yang mampu mencari atau menciptakan solusi kreatif untuk meningkatkan kualitas atau mutu produk, pelayanan dan distribusinya. Memaksimalkan internet dan media sosial dapat dilakukan dengan memulai usaha atau bisnis. Usaha atau bisnis online merupakan peluang yang sangat menjanjikan di era digital seperti saat ini, sehingga tidak jarang  keberadaan toko online sudah mulai banyak bermunculan, yang menawarkan beraneka macam produk

Banyak hal yang menyebabkan seseorang lebih memilih belanja secara online  dibanding berbelanja langsung ke toko atau mall. Keuntungan yang didapatkan dari adanya toko online yaitu memudahkan konsumen untuk berbelanja barang yang diinginkan secara mudah dan praktis. Tentu hal ini akan membantu konsumen yang tidak memiliki waktu pergi berbelanja ke toko atau mall, juga bisa mendapatkan barang yang diinginkan. Efisien karena barang yang dipesan akan dikirim langsung ke alamat rumah.

Toko online menjadi pilihan masyarakat modern, baik pria maupun wanita untuk berbagai keperluan. Dipilihnya bertransaksi secara online adalah karena hemat waktu, hemat tenaga, serta barang yang dibeli juga sama baik tampilan maupun kualitasnya, seperti membeli langsung di toko atau mall. Bahkan tak jarang berbelanja secara online malah memberi kepuasan yang lebih kepada konsumen, seperti mendapatkan harga yang lebih terjangkau, pelayanannnya cepat, dan pesanan langsung didatangkan ke alamat tujuan pembeli. Kecenderungan masyarakat berbelanja secara online tidak terlepas dari kemudahan akses jaringan internet karena sebagian besar masyarakat modern selalu terhubung dengan jaringan internet hampir disetiap kesempatan karena berbagai urusan, seperti bisnis, hiburan, termasuk urusan jual beli  secara online. Keberadaan toko online sangat membantu sekali bagi orang-orang yang tidak sempat mengunjungi toko karena kesibukan dengan pekerjaan dan profesi sehari-hari. Meskipun keberadaan toko online begitu membantu kita ternyata juga mempunyai kekurangan. Mungkin kelebihan toko online telah kita ulas sebelumnya dan tidak sedikit masyarakat yang sudah merasa terbantu dengan adanya toko online. Apalagi di era yang menuntut serba cepat dan instant seperti sekarang ini, sedangkan kekurangan toko online juga  diketahui apabila kita sendiri sudah sering melakukan transaksi secara online di berbagai toko online sehingga akan memperoleh perbandingan. Jika posisi kita sebagai konsumen, kita harus jeli dengan mengenali risiko berbelanja secara online, yaitu diantaranya sebagai berikut:

  • Banyak kejadian setelah kita melakukan pembayaran ternyata barang yang kita pesan tidak di kirim. Hal ini yang membuat kredibilitas atau rasa percaya pembeli terhadap toko online menjadi turun dan kita juga harus hati – hati dalam memilih toko online mana yang terpercaya.
  • Kualitas serta fisik produk tidak sesuai dengan yang kita bayangkan, karena kita hanya melihat foto-nya saja. Kecanggihan fotografi di era digital saat ini seringkali penuh tipu daya, walaupun sering mengatasnamakan estetika, namun kadang kala malah membuat konsumen menjadi kecewa karena barang yang dibeli bentuk atau warnanya tidak sesuai seperti di iklan fotonya. Kita tidak bisa menyentuh dan mencoba barang yang kita pesan, misalnya jika membeli pakaian, maka pembeli hanya bisa memesan ukuran yang disediakan. Jadi intinya jadilah konsumen harus teliti sebelum membeli, bila perlu tanyakan lebih detail kepada penjual onlinenya mengenai produk sebelum melakukan transaksi pembayaran.
  • Ada biaya tambahan karena dikenakan biaya jalan yang disebut ongkir (ongkos kirim).
  • Waktu untuk menerima barang yang dikirim cukup lama, tergantung daerah yang dituju.
  • Terkadang juga alamat tujuan tidak jelas atau mendapat kendala saat pengiriman dan akhirnya konsumen harus turun tangan sendiri untuk mencari barang yang di pesan di kantor jasa pengiriman nya.

 

Tentu tujuan sebenarnya memilih berbelanja di toko online adalah untuk memudahkan kita mendapatkan barang yang kita inginkan dengan proses yang mudah dan cepat. Kendala teknis biasanya sering menjadi penyebab utama ketidakpuasan konsumen. Bagi penjual atau pemilik toko online haruslah menjaga reputasi toko, dengan memberikan informasi sejelas-jelasnya mengenai produk yang ditawarkan, sehingga meminimalisir terjadinya misskomunikasi dengan konsumen atau calon pembeli. Sedangkan konsumen atau calon pembeli haruslah teliti dalam memilih toko online. Maraknya pemberitaan tentang penipuan yang berkedok jual beli online juga patut diwaspadai. Tidak ada salahnya untuk mencari tahu informasi sebanyak-banyaknya mengenai toko online, dan pilihlah toko online  yang sudah menjalankan bisnis online secara konsisten, profesional, dan terpercaya.

Bagi para penjual tentu sangat dimudahkan dalam memasarkan produknya melalui internet dan media sosial. Dengan memasarkan secara online, harga produk juga menjadi semakin terjangkau karena tidak melalui proses distribusi yang lama. Berbelanja barang berkualitas dengan harga yang terjangkau tanpa perlu terjun langsung ke lokasi atau tokonya sangat mungkin untuk era digital saat ini.

 

Seiring meningkatnya taraf hidup masyarakat baik dari segi pendapatan maupun pengetahuan, dan kini dengan adanya teknologi internet yang cepat, menjadikan segala bidang usaha, pendidikan, dan gaya hidup berkembang sangat pesat. Hal ini memberikan dampak pada pola hidup masyarakat modern. Bahkan kebiasaan berbelanja pun kini mengalami pergeseran. Karena saat ini eranya digital, maka kebiasaan jual beli pun bisa bergeser ke online, walaupun ada pedagang yang memang sudah lama memiliki usaha off line atau toko dan kios, namun banyak juga yang memasarkan produknya secara online sambil tetap mengelola toko atau kiosnya.  Bahkan kebanyakan penjual online memasarkan produknya karena memang belum memiliki modal untuk membangun toko atau kios. Dengan memasarkan produk secara online ada atau tidak adanya toko maupun kios, tidak  jadi masalah, yang penting adalah menjaga kredibilitas, kualitas barang, dan profesionalitas sebagai penjual online. Dengan berkembangnya teknologi digital, diharapkan akan dapat memperluas jaringan dan jangkauan antara penjual dengan konsumen, tidak hanya di dalam kota melainkan diharapkan usaha online tersebut dapat juga dikenal juga di luar kota sehingga hal ini akan dapat meningkatkan pendapatan usaha. Era digital dapat menciptakan banyak peluang dalam berbagai bidang usaha antara lain di bidang ekonomi, kesehatan, gaya hidup, pertanian, industri fashion, industri rumah tangga, ilmu pengetahuan dan lain sebagainya. Teknologi informasi di era digital ibarat pedang bermata dua, apabila teknologi tersebut digunakan dengan tujuan yang positif maka akan memberikan hal-hal yang baik dan keuntungan. Maka dari itu bijak lah dalam memaksimalkan peluang usaha di era digital. Semua orang memiliki kesempatan yang sama di era digital untuk mengembangkan diri tanpa batas.

A.A.Pt.Chintya Putri Suardana, S.Psi

Wirausaha

To Top