Buleleng

Jaga Suasana Kondusif Jelang Pilkada

Ir. Gde Dharmaja, M.Si. dan Ir. Made Gunaja, M.Si.

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2017 di sejumlah daerah di Indonesia diharapkan berlangsung aman dan damai. Kabupaten Buleleng sebagai satu-satunya Kabupaten di Bali yang akan melangsungkan perhelatan Pilkada tersebut juga diharapkan mampu menjaga suasana agar tetap kondusif. Hal ini disampaikan oleh Pelaksana Tugas Bupati Buleleng Ir. Made Gunaja, M.Si.

Pemkab Buleleng sebagai fasilitator dalam penyelenggaraan Pilkada Buleleng berharap masyarakat dapat menahan diri agar tidak melakukan hal-hal yang bersifat provokatif. Hingga saat ini, dirinya selalu mengimbau jajaran beserta masyarakat umum agar menggunakan hak pilihnya secara dewasa. “Kami selalu himbau agar keamanan tetap terjaga dan masyarakat bisa memilih secara dewasa untuk yang terbaik yang bisa memimpin Buleleng,” jelasnya.

Dirinya tidak menghendaki adanya kekacauan yang ditimbulkan akibat adanya perbedaan pilihan. Menurutnya, perbedaan aspirasi dalam Pilkada merupakan hal yang biasa namun jangan sampai hal tersebut memecah persaudaraan. Banyak dampak buruk yang ditimbulkan jika kekacauan dan kerusahan terjadi, maka harga mahal yang harus dibayar. “Ini akan menimbulkan ketakutan bagi semua pihak sehingga roda perekonomian tidak akan berjalan,” paparnya.

Selama menjabat sebagai Plt. Bupati Buleleng dalam kurun waktu tiga bulan, Gunaja melihat Buleleng memiliki potensi yang luar biasa. Hal ini dapat dilihat dari beberapa penghargaan yang diraih tingkat nasional selama tahun 2016 ini antara lain Wahana Tata Nugraha, Adi Pura, Kalpataru, dan Dana Raksa. “Saya merasa bangga bisa menjadi bagian pemerintahan kabupaten Buleleng dan akan bersungguh-sungguh memberikan yang terbaik untuk masyarakat sehingga apa yang telah diraih jangan sampai terlewatkan dan sia-sia,” imbuhnya.

Pihaknya juga akan mengusulkan kepada Bupati terpilih untuk memberikan reward kepada SKPD yang telah berjuang dan memperoleh prestasi. Bagitu juga dengan pemerintah desa yang berhasil melakukan kegiatan dan pengelolaan uang dengan baik harus mendapatkan reward dari pemerintah kabupaten. “Ini sudah saya sampaikan dalam rapat, sebagai pemicu semangat dalam bekerja menjadi lebih baik,” tandasnya.

Sementara itu Kepala Bappeda Litbang Kabupaten Buleleng Ir. Gde Dharmaja, M.Si., mengatakan untuk mempertahankan prestasi yang telah diraih oleh Kabupaten Buleleng dengan cara mengenali potensi yang dimiliki. Dengan tahu potensi maka pihaknya harus mengidentifikasi permasalahan yang dialami Buleleng sehingga dapat dirumuskan langkah-langkah kebijakan yang akan diambil. “Kami di Bappeda secara teknis akan memberi masukan untuk mengambil langkah-langkah terkait dengan masalah yang diidentifikasi itu,” jelasnya. (wiwinmeliana22@cybertokoh.com).

 

To Top