Kuliner

Naskar Mumer Gurih

Kini, banyak penjual makanan yang menawarkan nasi bakar, tentunya cita rasa antara satu dan lainnya berbeda. Jika Anda penggemar nasi bakar (naskar), cobalah cicipi nasi bakar di Warung Dapur Bunda yang berlokasi di Jalan Kenyeri Gang Arjuna No. 3 Denpasar ini. Selain rasanya enak dan gurih, harganya juga sangat terjangkau.

Untuk bisa menikmati naskar biasa (ukuran), Anda cukup merogoh kocek Rp 6 ribu, dan yang jumbo Rp 8.500. Ada dua pilihan isi lauknya, yakni ikan dan daging ayam. Lauk di dalam naskar ini sudah dimasak dengan bumbu sehingga rasanya lebih nikmat dan meresap. “Awalnya hanya ada naskar saja, lalu akhirnya ada naskar mumer (murah meriah) yang ada tambahan terong bakar, tempe, dan tahu. Kemudian ada naskar komplit yang tambahannya adalah ayam goreng,” ujar sang pemilik Marita Cut Nya Dien.

Ia menuturkan, awalnya hanya iseng mencoba-coba membuat nasi bakar sendiri karena memang suka nasi bakar. Selain itu, ia ingin mencari kesibukan karena sudah tidak bekerja dikarenakan sakit. Dengan resep coba-coba, nasi bakar pertamanya kurang enak. Berikutnya, ia mencoba memakai santan dan ternyata lebih enak dan gurih, bahkan rasanya lebih enak dari yang biasa ia beli. Kemudian, iseng pula ia upload di facebook di grup jual beli, ternyata banyak peminatnya. Kebanyakan karyawan dan juga ibu-ibu. “Awalnya hanya buat sesuai orderan saja. Tapi lama-lama saya buka warung kecil-kecilan di rumah. Sehari rata-rata terjual 50 bungkus,” ucapnya.

Lambat laun, nasi bakar Bunda ini banyak peminatnya, hingga kerap menerima pesanan. Kalau sudah begini, sang suami Tok Hermanto pun turut turun tangan membantu di dapur. “Sebenarnya yang minat naskar saya cukup banyak, cuma terkendala di pengiriman karena saya tidak punya tukang kirim. Kalau pakai gojek, pembeli keberatan karena ongkir lebih mahal daripada harga nasi bakarnya,” ucapnya tersenyum.

Nasi bakar Bunda-demikian sapaan akrabnya, yang baru berjalan 2 bukan ini,  awalnya hanya membuat dengan sambal yang pedasnya standar. Namun ada saran dari pelanggan agar ada level yang lebih pedas lagi. Karena itu akhirnya Bunda pun membuat naskar dower yang rasanya lebih pedas dari yang biasanya. Banyak saran dari pelanggan dan semuanya dicoba biar pelanggan puas.

Selain naskar, Bunda juga memberikan pilihan menu lain yakni nasi goreng pedas. Bumbu nasgor ini bukan dari bawang putih, seperti yang biasa orang jual tapi dari sambal naskar, dan itu yang membuat nasi gorengnya memiliki cita rasa yang berbeda dari nasi goreng yang umum orang jual.

Untuk naskar dower hanya dihargai Rp 7 ribu, naskar jumbo dower  Rp 9 ribu, naskar mumer (dengan naskar ukuran biasa) Rp10 ribu, dan naskar komplit (dengan naskar ukuran jumbo) Rp15 ribu. (inten.indrawati@cybertokoh.com)

To Top