Griya

Hadirkan Air Terjun di Rumah Anda, Kolam Mini Jadi Solusi

Unsur air merupakan  salah satu elemen taman yang memiliki peran sebagai pembentuk suasana, karena memberi efek mendinginkan dan menyejukkan.  melalui kehadiran air dan udara di sekitarnya. Air juga memberikan ketenangan karena bunyi gemericik yang ditimbulkan.

Elemen air kerap dihadirkan pada taman dalam beragan rupa. Biasanya, aliran air sungai dan mata air di alam menginspirasi pembuatan taman. Konsepnya disesuaikan dengan luasan ruang yang tersedia, gaya taman dan bangunan serta keinginan dan suasanan yang akan dibentuk. Umumnya, kolam dilengkapi dengan pola permainan air yang kini juga banyak tampil dalam beragan rupa.

Kehadiran elemen air dalam taman ini umumnya dihadirkan dalam bentuk kolam. Untuk “memindahkan” suasana air terjun di alam bebas ke taman, konsumen lebih banyak bermain dengan pola-pola permainan air ini, layaknya seperti air terjun. Tipe air terjun ini pun ada yang memilih air jatuh dengan deras, ada juga yang menyukai air merembes turun ke dinding secara perlahan-lahan sehingga menimbulkan suara gemericik halus. Pola guratan dan lekukan pada dinding vertical akan menentukan pola jatuhnya air tersebut. Konsep ini sangat cocok untuk ruangan yang tidak terlalu luas, karena jatuhnya air tidak menimbulkan cipratan yang berlebihan.

Konsep ini pula yang banyak bisa kita lihat pada artshop-artshop di sepanjang Jalan By Pass Ngurah Rai, Sanur, yang diaplikasikan dalam bentuk kolam air mancur mini. Salah satu artshop yang menyediakannya adalah Bali Mancur Garden. Seorang pegawainya, Fauzy mengatakan kolam mini ini banyak diminati pasar lokal. “Mungkin karena keterbatasan lahan saat ini, namun mengiginkan ada kolam,” ujarnya.

Kolam mini bisa dibilang praktis karena umunya ready stock. Konsumen tinggal memilih model serta tipe jatuhnya air yang diinginkan. Ada yang model canting, ada pula yang model rembesan air pada dinding.  Bahkan ada pula yang model wajah Buddha dan patung lainnya. Jadi, jika Anda ingin menghadirkan suasana alam bebas dengan air terjunnya, di rumahAnda, kolam mancur air mini ini bisa menjadi solusinya. (inten.indrawati@cybertokoh)

To Top