Kuliner

Menu Istimewa di Tahun Baru

Lasagna Terong Ungu

kuliner-1Menikmati tahun baru dengan makanan mewah yang sangat praktis, Anda bisa mencoba  lasagna. Lasagna adalah pasta yang dipanggang  dengan oven dan merupakan makanan tradisional Italia. Lasagna sendiri secara harfiah artinya  berisikan daging. Lasagna dapat diisi dengan banyak isian seperti sayuran,  daging ayam, makanan laut dan sebagainya sesuai selera. Kulit lasagna dibuat dari adonan tepung terigu yang setelah diberikan isian, kemudian dipanggang sampai matang.  Uniknya, hanya dari melihat kulitnya, Anda akan bisa menilai, apakah lasagna itu enak atau tidak.

Lasagna yang akan dibahas kali ini, lasagna dengan isian terong ungu.  Lasagna ini merupakan menu istimewa di Stiff Chilli Gelato di Jalan Hayam Wuruk Denpasar. Dalam suatu kesempatan, Tokoh diundang menikmati aneka menu istimewa yang disajikan di Stiff Chilli and Gelato, oleh pemiliknya, Putri Girindrawardani. Perempuan asal Puri Karangasem ini, berbincang-bincang santai mengenai menu yang diciptakan khusus karena ia sangat menyukai sayuran terong.

Lasagna terong ungu, memang unik. Terlihat dari teksturnya yang menarik dengan siraman saus tomat yang berwarna oranye. Menurut Putri, begitu ia akrab disapa, lasagna terong ungu, merupakan kreasi terbaru yang sengaja  diciptakan suaminya, seorang ahli kuliner atau chef asal Italia. Menu  ini sangat unik karena isiannya hanya dari terong ungu. Rasanya juga sangat enak dan lembut di lidah.  Bagi yang tidak makan daging, lasagna ini cocok menjadi pilihan. Untuk sausnya, memang tidak terlihat berwarna merah cerah karena tomat yang digunakan berwarna oranye. Selain  itu, terong ungu juga disebut  mengandung sejuta manfaat kesehatan bagi tubuh, seperti antioksidan, penangkal radikal bebas, dan menjaga kulit tetap sehat.

Cara pembuatan lasagna ini tidak terlalu sulit. Walaupun Putri bukanlah seorang chef, tapi karena sering melihat, ia sudah paham betul teknik pembuatannya.  “Setelah membuat kulit lasagna dari campuran tepung, kentang, susu, telur, dan garam,  adonan kulit ini ditata  dalam satu pan.  Kemudian beri saus tomat dan saus keju di dalamnya. Letakkan terong ungu yang sudah diiris tipis sebagai bahan isinya. Ulangi  proses ini sampai tiga lapis. Kemudian panggang dalam oven sekitar 35 menit. Lasagna siap dihidangkan saat panas,” ujarnya.  Saat memakannya, jika Anda terbiasa dengan rasa pedas, bisa menambahkan saus cabai botolan, sehingga selera Anda makin terpuaskan.

Selain lasagna, ada juga pizza chicken mushroom. Pizza ini mungkin  ada yang sama dengan  pizza  di tempat lain, namun yang membedakan, terletak pada kulit pizza yang super tipis dan rasanya sangat krispi.  Untuk toping pizza dibuat dari campuran   daging ayam dan jamur champignon atau sering disebut jamur kancing yang dipotong-potong.

Si Cantik Chocolate Lava Cake

kuliner-2Kue cokelat satu ini begitu terkenal.  Chocolate lava cake atau dikenal juga dengan molten cokelat cake lumer ini sangat popular dan digemari siapa saja, baik tua maupun muda. Ciri khas kue  ini,  kue luarnya sangat lembut, namun, bila tengah kue  dipotong akan mengalir lelehan cokelat yang sangat enak.  Menurut Putri, cara membuat kue ini terbilang susah-susah gampang. Mengapa? Karena banyak yang mendapatkan hasil, di dalam cokelat tidak mau lumer seperti yang diinginkan, malah ada yang menjadi bantat.

Menurutnya, letak kesuksesan chocolate lava cake ini dari ukuran bahan adonan sesuai resep dan waktu memanggang  yang pas. “Jika kurang lama dipanggang, maka adonan bagian pinggir kue  akan mengeras. Ketika kue dibalik akan buyar, dan cairan cokelat akan meleleh kemana-mana dan tampilannya kuarng menarik dan cantik. Begitu juga sebaliknya, jika terlalu lama memanggang, kue akan mengeras ke semua bagian sehingga tidak tercipta lelehan cokelat yang lumer seperti lava,” ujarnya.  Intinya, kata dia, membuat chocolate lava cake harus memperhatikan waktu memanggangnya. Berdasarkan buku resep memasak, sebenarnya selain dipanggang, kue ini juga bisa dikukus, namun, bagian luarnya akan lebih basah.

Chocolate lava cake dihidangkan bersama penemannya gelato atau frozen yogurt. Ada banyak  rasa yang bisa dijadikan peneman chocolate lava cake. Anda tinggal pilih sesuai selera.  Uniknya lagi, gelato dan frozen yogurt dari Stiff Chilli ini sangat berbeda karena terbuat dari bahan alami, segar, dan  berbahan dasar buah-buahan.

Selain menu yang diulas Tokoh kali ini, masih banyak menu spesial dari Stiff Chilli Gelato. Jika Anda tak punya pilihan untuk berlibur bersama keluarga, cobalah datang ke Stiff chilli Gelato. Aneka gelato dengan segala macam rasa, siap memanjakan lidah Anda.  Bagi yang suka menu Italia dengan harga yang sangat terjangkau Stiff Chilli bisa dijadikan pilihan baru untuk hang out. (wirati.astiti@cybertokoh.com).

To Top