Connect with us

Griya

PERMASALAHAN YANG SERING MUNCUL SAAT MUSIM HUJAN

Published

on

i gusti ab arimbawa bersama gede raka hartawan

Bulan Desember sangat identik dengan musim penghujan, bahkan di beberapa daerah, hujan juga disertai angin kencang . Curah hujan yang cukup tinggi belakangan ini, bahkan hamper setiap hari melanda berbagai wilayah di Bali bahkan di Indonesia. Berbagai masalah kerap timbul saat musim penghujan tiba, dari serangan banjir, penyakit atau pun permasalahan yang timbul di rumah.

Dampak hujan terhadap rumah juga menjadi persoalan cukup rumit. Sudahkah rumah Anda terbebas dari masalah di musim penghujan ini? Berikut ini penjelasan I Gusti AB Arimbawa, S.T., M.T. dan A.A. Gede Rakahartawan, S.ST. dari Crea Bali Mandiri, architecture consultant & general contractor

 

Permasalahan pada atap rumah

Advertisement

Rancangan atap rumah sebaiknya didesain dari awal untuk menghadapi dua iklim yang terjadi di Indonesia, yaitu tahan terhadap panas matahari dan tahan terhadap hujan. Biasanya bentuk atap yang dipilih adalah bentuk atap limasan atau atap pelana dengan kemiringan atap antara 30 derajat sampai dengan 45 derajat. Dengan kemiringan atap tersebut diharapkan semua air hujan yang jatuh ke atap akan cepat meluncur ke bawah. Pemilihan genteng juga menjadi salah satu acuan. Ada beberapa jenis genteng yang bagus untuk menahan panas dan hujan dari genteng tanah liat, genteng beton ataupun genteng dari bahan zinkalum ataupun genteng dari bahan aspal. “Untuk mencegah rembesan air hujan sebaiknya di bawah genteng dilapisi dengan lapisan aluminium foil yang diletakkan di bawah reng, sehingga jika terjadi tetesan air, maka air tidak akan sampai di plafon,” ujar Arimbawa.

 

BACA  Berkreasi dengan Tanaman di Pot Batu

Pada atap beton juga sering sekali terjadi permasalahan di musim hujan, hal ini terjadi karena penanganan yang tidak maksimal pada atap beton. “Untuk atap beton sebaiknya dilapisi dengan lapisan waterproofing yang baik. Waterproofing yang kita kenal di pasaran ada 3 jenis yaitu semen base, paint base ataupun waterproofing dengan bahan dasar aspal. “Untuk atap beton sebaiknya mempergunakan waterproofing denganlapisan semen base yang dikuas ke seluruh bagian atap beton dan juga di atas lapisan waterproofing dilapisi dengan rabatan beton dengan kemiringan yang cukup ke arah roof drain, sehingga air cepat mengalir,” ujar Rakahartawan.

Untuk lapisan yang lebih bagus yakni dengan lapisan membrane atau aspal, yaitu dengan melapisi atap beton dengan membrane dan dibakar dengan api sehingga seluruh atap beton tertutup dan juga tetap memperhatikan kemiringan untuk jalan air ke arah roof drain. “Periksalah secara berkala roof drain yang terdapat di rumah Anda, karena seringkali roof drain tersumbat dengan sampah baik itu daun ataupun sampah lainnya sehingga air hujan tetap lancer mengalir ke rumah,” imbuhnya.

Satu lagi kesalahan yang sering terjadi adalah pemilihan penutup lubang saluran air. “Jangan mempergunakan floor drain yang fungsinya untuk aliran kamar mandi tapi pergunakan roof drain,” ingatnya.

Advertisement

 

Dinding rumah juga tidak luput dari permasalahan di musim hujan, seperti rembesan air, sehingga timbul bercak dan lumut di dinding rumah. Karena itu, untuk dinding luar rumah sebaiknya dilapisi dengan cat  yang lebih tahan terhadap air, ataupun bisa dilapisi dengan lapisan cat waterproofing yang sekarang tersedia dengan berbagai macam pilihan warna cat.

BACA  Sulap Kayu Bekas Kapal jadi Mebel Bernilai Jual Tinggi

“Untuk dinding dapat mempergunakan cat dinding biasa tapi sebaiknya sebelum melakukan pengecatan pada dinding, harus dilapisi cat dengan bahan dasar alkali yang lebih tahan terhadap lembab. Barulah setelah itu dilapisi dengan cat dinding. Untuk dinding luar rumah yang dilapisi dengan batu alam, sebaiknya sebelum memasang batu alam, dinding dilapisi dulu dengan waterproofing barulah setelah itu dipasang batu alam sehingga tidak terdapat celah air untuk masuk ke dalam rumah,” jelas Arimbawa.

Permasalahan yang paling sering muncul pada dinding adalah ketika membangun rumah dengan dinding yang menempel dengan bangunan tetangga, sehingga kita tidak bisa menutup dinding bagian luar dengan plesteran ataupun dengan cat waterproofing. Untuk masalah di dua dinding yang berdekatan ini sebaiknya celah antara dua dinding ditutup dengan lapisan beton 8 cm ataupun 10 cm dan dibuat kemiringan untuk aliran air. Sifat kapiler yang dimiliki air tanah juga bisamenjadi masalah pada dinding rumah. Biasanya kita bisa lihat dinding terlihat basah sekitar 60 cm dari lantai, itu akibat air yang meresap dari pondasi dan merambat ke dinding rumah. Untuk mengatasi masalah ini sebaiknya dinding dilapisi dengan plesteran transram dengan ketinggian 60 cm sampai 1meter  dari sloof  bangunan.

 

Advertisement

Permasalahan pada lantai dan lampu outdoor

Lantai di dalam rumah sebaiknya lebih tinggi daripada lantai teras. Kemudian sebaiknya tidak menggunakan materi lantai indoor untuk ruangan outdoor. Gunakan keramik anti slip untuk lantai luar, sehingga tidak licin sewaktu hujan. Sebelum memasang keramik, sebaiknya lantai kerja dilapisi dengan beton dengan memakai wiremesh 1 ataupun dua lapis. Dan tampiasan air hujan yang jatuh ke lantai teras dapat diatasi dengan membuat overstek. Agar air hujan tidak masuk ke dalam rumah saat musim hujan, maka level ketinggian rumah harus lebih tinggi dari level jalan.

BACA  Interior Unik yang Tertata Apik

Ketika musim hujan, lampu outdoor juga perlu diperhatikan. Periksa dan pastikan bahwa kabel tetap terbungkus rapi. Karena bila ada kabel yang lecet atau terkelupas, apalagi telanjang, akan sangat membahayakan. Untuk lampu taman atau luar rumah disarankan menggunakan aliran DC, agar lebih aman karena tak menghantar listrik.

 

Riol dan septiktank
Pada bagian lingkungan di sekitar rumah, hendaknya juga dilakukan pembersihan pada parit dan saluran air dari rumah secara rutin, dan pastikan tidak tersumbat akibat kotoran dan sampah dan menggenang. Saluran roil rumah yang menuju ke parit sebaiknya dibuat dengan kemiripan cukup, untuk mencegah tergenangnya  air (ngantong). Pasanglah kawat kasa di mulutriol untuk mencegah masuknya tikus, sebab binatang ini juga bisa membuntukan selokan/got.

Advertisement

Untuk menghindari macetnya saluran pembuangan air pada kamar mandi dan WC, bagi daerah yang kadar air tanahnya tinggi maka sebaiknya bikin ruang rembesan air (septick tank) lebihbesar. Lebih baik lagi jika lahan tanah tempat tinggalnya tinggi karena air dapat langsung merembes ke tanah. Tetapi jika di tanah termasuk daerah banjir dankadar air dalam tanah juga tinggi, sebaiknya perlu dibuat lebih dari satu daerah rembesan sedalam 3-4 meter.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Griya

Rumput Mutiara Pilihan Juara

Published

on

Menanam rumput merupakan salah satu cara mempercantik halaman. Rumput mutiara pun bisa jadi pilihan juara.

BACA  Patung Ganesha Banyak Diburu
Continue Reading

Griya

Ini Alasan Pilih AC LG Dual Cool

Published

on

Pangsa pasar AC Inverter di Indonesia dikuasai LG dengan market share 72,5%. Hal ini tak membuat LG berpuas diri. Pabrikan asal Korea Selatan ini terus berinovasi untuk mengukuhkan dominasinya.

Salah satu upaya yang dilakukan LG adalah memperkenalkan jajaran terbaru dari AC Inverter LG Dual Cool Series. Inovasi berbasis inverter dengan kepintaran di dalamnya yang tersedia luas hingga kapasitas rendah menunjukkan produk terbaru ini sebagai solusi AC inverter bagi masyarakat Indonesia.

Satrio Mulyo Product Marketing Residential AC LG Electronics Indonesia menjelaskan LG Dual Cool Inverter Series lebih hemat, lebih nyaman, dan lebih pintar yang membuatnya sesuai dengan gaya hidup modern.

“Lebih hemat karena LG menerapkan kompresor khusus bertajuk LG Dual Inverter Compressor. Dengan jangkauan operasi 10Hz hingga 120 Hz membuatnya lebih hemat listrik. Lebih nyaman karena tidak ada suara bising yang dihasilkan dari perputaran mesin. Lebih pintar karena memiliki fitur SmartThinQ yang hadir untuk model Deluxe dan Smart. Ini merupakan jawaban LG bagi gaya hidup modern dengan mobilitas tinggi,” jelasnya di Denpasar, Senin (21/5).

Advertisement

Satrio menambahkan dengan teknologi SmartThinQ, konsumen bisa mengatur kendali AC yang ada di rumah dari jarak jauh. Kendali mengaktifkan, mematikan, kecepatan putar kipas, dan pengaturan suhu dapat dilakukan dari smartphone. Syaratnya, unduh dulu aplikasi SmartThinQ di smartphone dan rumah terkoneksi dengan wifi router.

BACA  Sanggah Jadi lebih Praktis

Sugito Puspo Aji, Branch Manager LG Electronics Indonesia wilayah Bali mengatakan lini terbaru LG Dual Cool Series menyasar segmen rumah tangga.

“Tahun 2018 ini kami ada kenaikan target. Kami yakin produk baru ini bisa diterima konsumen Bali yang menduduki peringkat keempat secara nasional penjualan AC LG,” ujarnya.

Ia menambahkan produk LG Dual Cool Series dijual mulai harga Rp 3 juta hingga Rp 4 juta. Pilihannya mulai dari 1/2 PK, 1 PK, 1 1/2 PK hingga 2 PK. (Ngurah Budi)

Advertisement
Continue Reading

Griya

Tren Unik Rumah Knock down

Published

on

Rumah knock down kini menjadi tren baru yang unik bagi banyak orang. Rumah yang dapat dibongkar-pasang dan bisa dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain ini, pengerjaannya pun relatif singkat. Dengan beragam gaya dan model, rumah kayu ini semakin dicari dan diminati.

Penanggung jawab Website dan Penanggung jawab Lapangan Studio Optimizer Angelina Hadriani mengatakan, di era moderen ini banyak sekali orang yang membutuhkan rumah tempo dulu yang unik dan asri. “Rumah kayu sangat cocok di era sekarang karena cuaca alam yang sangat panas dan dingin. Rumah kayu mempunyai kelebihan bisa menetralisir cuaca di luar. Misalnya ketika cuaca panas,  tidak terlalu kepanasan, dan ketika cuaca dingin tidak terlalu dingin. Kini banyak sekali orang yang sudah jenuh dengan rumah permanen,” ungkap Angel-sapaan akrabnya.

Studionya yang berkantor pusat di Indramayu, Jawa Barat dan memiliki kantor perwakilan di Sukawati, Gianyar-Bali ini dibeberkannya sudah mengerjakan proyek rumah knock dwon di berbagai tempat, seperti Villa Istana Bunga Bandung, The Ranch Puncak Bogor, beberapa Rumah Joglo di Jawa Tengah, Pesantren di Hambalang Sentul Bogor, Penakaran ikan di Kediri, beberapa rumah modern di Bekasi dan Jakarta, dan saat ini sedang membuat penginapan di Anyer Banten, dan rumah sederhana di Buleleng, Bali.

BACA  Warung Berkonsep Unik: Kayu Santen sebagai Struktur Utama

Dijelaskan Angel, ada berbagai pilihan bahan yang tentunya tetap menjaga kualitas dengan harga bervariasi sesuai kebutuhan dan keinginan pasar. “Untuk model rumah knock down, agar calon pembeli lebih yakin dan tidak hanya melihat gambar/foto, bisa langsung ke rumah contoh yang kami miliki atau rumah yang sudah pernah kami buat. Misalnya di Taman Istana Bunga Bandung atau di Sukawati Bali,” ucapnya.

Advertisement

Proses pengerjaan rumah dikatakannya bisa dikondisikan sesuai kenginan pembeli. Untuk pemasangan rumah saja di lokasi memerlukan waktu kurang lebih 4 minggu. Namun, jika pembeli ingin memantau dari proses pembuatannya, prosesnya pembuatan rumah kayu knock down  bisa dibuat langsung di lokasi mulai dari pemotongan, penghalusan, hingga merangkai rumah, yang membutuhkan waktu kurang lebih 6 minggu.

Untuk maintenance rumah kayu knock down ini cukup mudah, hanya dicat saja dengan cat minyak untuk menghindari dimakan rayap, dilakukan 3 tahun sekali. Rumah kayu knock down bisa bertahan hingga 15 tahun, dan setelahnya itu masuk masa renovasi.

Untuk ilustrasi, Angel memberikan contoh salah satu model rumah kayu knock down yang disebutnya rumah singgah karena sering dijadikan penginapan dekat pantai. Rumah ini memiliki ukuran 5×5 m2, bahan yang digunakan adalah kayu Akasia (kayu Kalimantan). Di dalamnya terdiri dari 1 kamar tidur, 1 kamar mandi, 1 dapur bersih, teras kecil depan/belakang, sudah termasuk instalasi listrik. “Harga yang kami tawarkan Rp 65 juta. Dan tambahan biaya pengiriman untuk sampai ke lokasi biasanya 3-4jt. Total untuk harga rumah tersebut Rp 70 juta sudah bersih dan terima kunci. Harga murah dan standar tetapi kualitas bagus dan layak digunakan. Model dan ukuran bisa di ubah sesuai dengan keinginan,” jelasnya. (Inten Indrawati)

BACA  Tampil Mewah dengan Pot Terrazzo

Advertisement
Continue Reading

Tren