Woman on Top

Desy Sari Dewi: Ada Tantangan Ada Peluang

Desy Sari Dewi

XL berupaya meningkatkan penggunaan layanan data broadband pelanggannya lewat hal-hal yang positif, salah satunya mengambil peluang bisnis digital. Guna mengajak generasi muda menjadi digital entrepreneur, XL menyelenggarakan seminar Digital & Entrepreneurship di Kampus Unud Jimbaran, Kamis (14/12).

Menurut Vice President East Region, Desy Sari Dewi, seiring makin majunya teknologi broadband, bisnis di dunia digital juga makin menjanjikan. Terlebih, untuk generasi muda yang mempunyai ide-ide kreatif yang bisa dijadikan peluang bisnis digital.

“Kami memang fokus untuk menambah dan meningkatkan kualitas jaringan yang dimiliki. Tujuannya, meningkatkan kepuasan dan kenyamanan pelanggan dalam menggunakan layanan XL. Kami juga sudah menggelar jaringan 4,5G dan Bali merupakan salah satu daerah yang menjadi target implementasinya,” papar perempuan kelahiran Banjarmasin, 10 Desember 1976 ini.

wot2

Desy Sari Dewi

Desy menambahkan Bali adalah primadona pariwisata Indonesia yang sudah terkenal di seluruh dunia., Bali juga terkenal dengan kesenian dan budayanya yang unik dan menarik.  “Entrepreneur memang harus terus didorong khususnya di kalangan usia muda. Hal ini di karenakan perkembangan ekonomi dunia saat ini memerlukan orang-orang yang tidak hanya berlaku sebagai pekerja tetapi juga memberi pekerjaan. Hal ini merupakan pertimbangan kami menjadikan Bali sebagai Area 4G XL,” tegas ibu dua putri ini.  Ia juga mengatakan XL punya program XL Future Leaders untuk mahasiswa serta siap menggandeng mahasiswa berprestasi yang punya startup.

Upaya XL meningkatkan kualitas layanan 4G LTE tidak sebatas terus memperluas wilayah layanan, namun juga penerapan bermacam teknologi terkini agar kecepatan dan kestabilan sinyal bisa ditingkatkan. Semakin baik kualitas layanannya, semakin banyak manfaat yang bisa didapatkan pelanggan. Dengan adanya 4G LTE saat ini XL menghadirkan layanan mobile broadband dengan perangkat khusus sebagai router yang dapat digunakan dimanapun dengan mudah.

Sambil terus memperluas jangkauan serta memastikan kualitas layanan 4G, XL kini juga mulai mempersiapkan layanan 4.5G. Secara umum, layanan ini memiliki keunggulan pada sisi kecepatan dan kestabilan koneksi internet yang lebih baik. Teknologi 4.5G sendiri secara spesifik memiliki keunggulan terutama dalam kecepatan dan kestabilan. Sementara itu bagi perusahaan operator, penerapan teknologi ini juga memiliki keuntungan berupa efisiensi, di mana kapasitas BTS meningkat berkali lipat dibandingkan teknologi generasi sebelumnya.

Target XL, pada 2017 nanti 4.5G sudah siap untuk dinikmati pelanggan. Rencana XL ini sesuai dengan harapan pemerintah untuk bisa mengimplementasikan layanan 4.5G saat digelarnya event Asian Games 2018 di Jakarta.

“Ada tantangan untuk mengajak masyarakat beralih ke 4G. Ini tidak hanya dialami XL tetapi semua operator seluler. Ekosistem 4G ini harus lengkap, mulai dari handset, usim, dan paket data. Tetapi, masih ada yang merasa belum perlu. Kami pun  sudah berusaha untuk terus menyosialisasikan dan mengedukasi tentang layanan 4G. Kami juga membuat segala sesuatunya lebih mudah. Replacement kartu bisa dilakukan sendiri,” ujar perempuan yang mulai bergabung di XL sejak tahun 2002 ini.

Dari 2,3 juta pelanggan XL di Bali, hampir setengahnya sudah beralih ke 4G. Secara persentase, sudah ada 50% yang memanfaatkan 4G. Sisanya akan terus diedukasi dan diberikan pemahaman tentang pemanfaatan jaringan teknologi terkini. “Intinya makin sering dikomunikasi, akan makin memudahkan kita,” tegas Desy. (ngurahbudi@cybertokoh.com)

To Top