Connect with us

Kuliner

Sehat dan Awet Muda dengan Raw Food

Published

on

Sekalipun sudah banyak orang yang tertarik dengan pola makan makanan mentah atau yang dikenal raw food,  sebagai gaya hidup yang baik, namun masih sedikit yang berhasil menjalaninya. Beberapa orang mencobanya dan gagal dengan berbagai sebab. Ada yang tidak tahan cemoohan orang sekitar atau  masih ragu dengan manfaat makanan mentah ini. Salah seorang penikmat raw food, Nikki Indrawaty mencoba berbagi tips dengan pembaca tokoh kali ini. Fashion Designer lulusan Universitas di Australia ini, memotivasi dirinya agar berhasil menjalankan diet raw food karena keinginannya untuk sehat. Seperti apa?

“Dulu saya terkena mioma ulteri malah sampai operasi. Katanya, selama masih melajang, penyakit ini bisa kambuh lagi. Tentu saja hal itu membuat saya khawatir,” kata perempuan yang memiliki brand Anemone Design ini.

Motivasi ingin sehat membuatnya mencoba mengubah pola makan.  Setahun, setelah bertahan dengan pola makan sehat dengan makanan mentah, ia bisa bernapas lega. Setelah dicek ke dokter, mioma yang sempat bersarang di tubuhnya tidak tumbuh lagi.  Berbekal pengalaman pribadinya itu,  ia ingin berbagi dengan orang lain dalam bidang nutrisi dan kesehatan.

kuliner-2Health coach ini  mengatakan,  raw food adalah makanan yang hidup atau living food. Raw food  mengandung oksigen, mineral, dan enzim yang biasanya  hilang pada saat proses pemasakan. Mengapa  raw food itu baik untuk tubuh? “Pada dasarnya,  kesehatan manusia  ada di pencernaan.  Enzim yang baik  mengandung flora  membantu proses pencernaan itu. Di zaman gaya hidup modern sekarang ini, mengakibatkan banyak pencernaan manusia yang tidak sehat sehingga mengakibatkan  banyak penyakit,” kata Nikki yang juga seorang praktisi yoga ini.

BACA  Tips Manggang agar Hasil Maksimal

Ia mengatakan, banyak dari kita tidak tahu, saat kita  makan,  tubuh hanya menyerap nutrisi.  Kita harus menyadari, kita makan untuk tubuh atau makan untuk kesenangan. Mengapa raw food sangat baik bagi kesehatan? “Bukan melulu soal makan makanan mentah tapi kita makan makanan kembali ke alam. Misalnya, sayuran hijau yang bisa dibuat jus. “Senang sekali sekitar bulan Oktober lalu selama tiga bulan, saya mendapatkan beasiswa untuk belajar raw food dari ahlinya  di Ubud.  Di sana  saya banyak belajar teknik menyiapkan raw food. Karena gurunya bule, makanan yang diajarkan lebih banyak ke Western. Sebagai orang Bali, saya ingin mengembangkan raw food untuk makanan lokal,” kata Nikki yang sekarang sudah bisa disebut sebagai konsultan raw food di Bali.

Advertisement

Sebelum ikut workshop di Ubud, Nikki menjadi   penikmat raw food dengan otodidak. Banyak hal yang belum dipahaminya soal nutrisi.  Ketika sudah mendapatkan pelatihan, Nikki mendapatkan banyak ilmu nutrisi dan kesehatan, termasuk resep-resep menyiapkan raw food.

Untuk makanan lokal, Nikki sangat menggemari urap mentimun. Bumbunya  terdiri dari parutan kelapa muda, dengan bumbu-bumbu seperti bubuk bawang putih dan  bubuk kunyit. Kemudian ditambahkan mentimun yang dipotong-potong kecil dan diaduk rata.

Berbagai menu raw food  disiapkan Niki setiap hari seperti, pagi-pagi, saat baru bangun, ia minum air lemon. Untuk satu liter air putih dicampur  dengan perasan dua buah jeruk nipis.  Setelah itu ia minum green juice atau jus kunyit.  Green juice dibuat dari campuran bayam inggris, bokcay, mentimun jepang, dan kale. Semua  sayuran ini dijus bersama air secukupnya.  Sedangkan jus kunyit dibuat dengan cara, satu gelas air putih diberi kunyit dua ruas jari dan satu ruas jari jahe. Pilihan lain, ia membuat smoothie dengan cara, daging kelapa muda diblender bersama air kelapa, kemudian ditambahkan bubuk daun kelor yang biasa ia beli di healthy food store.  Siang  hari, ia menikmati salad sayuran.

BACA  Nasi Jagung Spesial di B Hotel & Spa

Nikki mengatakan,  belum sepenuhnya raw food karena  masih mengonsumsi tempe yang dipanggang sebagai peneman saladnya.  Untuk dreesing, ia menggunakan  minyak almond, atau yang sederhana cukup dengan  campuran  jeruk nipis dengan olive oil.

Memang Nikki tak menampik, saat pertama mengubah pola makan menjadi raw food, ia terlihat lebih kurus dan sakit. Dari pihak keluarga banyak yang mengkhawatirkan Nikki, dan memintanya untuk kembali ke pola makan sebelumnya.  “Waktu itu, saya tidak bisa menjelaskan mengapa efek raw food seperti itu. Setelah saya mendapatkan beasiswa saya baru mengerti. Tubuh kita kotor, racun harus dikeluarkan.  Racun keluar dimanifestasikan dengan banyak keluhan. Sakit kepala, sakit perut, sakit tenggorokan, itulah fungsi detoks. Itu yang kita rasakan dalam bentuk sakit,” ungkapnya, yang sudah menjalani pola makan raw food selama tiga tahun ini.

Advertisement

Nikki menilai, ada  peribahasa orang Bali,  “gedek basange”, itu sebenarnya  mengandung arti. Cepat marah, sensitif, galau, dan sebagainya, terjadi karena pencernaan kita tidak sehat.  Ada nasihat, “lantangan basange”, itu juga ada artinya, kita harus bersabar.

BACA  Nasi Gudeg: Kuliner Obat Rindu

“Kebiasaan orang zaman dulu minum loloh, sama artinya dengan kita sekarang minum green juice.  Orang asing sekarang tertarik ke raw food, kita malah terbalik, meniru budaya luar makan junk food yang sudah jelas makanan tak sehat,” katanya.

Ia menyatakan, selain raw food baik untuk menjaga kesehatan tubuh, raw food juga memberikan dampak awet muda.  Nikki sendiri sudah membuktikan, banyak yang bilang kulitnya menjadi lebih halus padahal, ia tidak pernah melakukan perawatan wajah dan kulit.  “Saya ini tomboi, tidak  suka perawatan.  Banyak yang bilang, kulit saya sekarang lebih halus,” kata Nikki.

Ke depannya, perempuan yang kini menyandang predikat raw food chef ini, mempunyai harapan  ingin membuat  workshop mengajarkan memasak sederhana, sehat, dan cepat.  Nikki juga tertarik bertemu orang-orang yang mengikuti pola makan raw food. “Saya ingin sekali membuat komunitas raw food untuk lokal. Tujuannya, adalah untuk saling menguatkan dan berbagi. Ketika awal-awal menjadi penikmat raw food akan banyak sekali tantangan, karena itu perlu adanya komunitas untuk saling menguatkan,” kata Nikki. (wirati.astiti@cybertokoh.com

Advertisement
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kuliner

Omakase Siap Memanjakan Selera Anda

Published

on

Katsumi Goda, Chef Jepang di Nagisa Japanese Izakaya Dining Experience

Badung (cybertokoh.com) –

Bagi pecinta masakan Jepang, jangan lewatkan kesempatan ini. Nagisa Japanese Izakaya Dining Experience dari Hotel Nikko Bali Benoa Beach meluncurkan Omakase untuk memanjakan Anda.

Omakase Set Menu dan Teppanyaki kini tersedia untuk memanjakan selera Anda. Omakase memiliki arti mengizinkan sang koki untuk memutuskan makanan apa yang akan disajikan untuk Anda. Memercayakan keputusan chef adalah inti dari Omakase. Tidak perlu khawatir dengan apa yang akan Anda dapatkan, koki akan menyajikan kualitas terbaik dan bahan-bahan segar yang tersedia setiap harinya.

“Omakase akan memberikan Anda pengalaman makan secara personal, akan disajikan dengan berbagai variasi dan hidangan yang menarik, dan kombinasi makanan unik yang terkadang tidak pernah Anda bayangkan, tidak seperti yang akan Anda temukan pada menu standar,” ungkap Katsumi Goda, Chef Jepang di Nagisa Japanese Izakaya Dining Experience.

Advertisement

“Di tradisi Jepang, Omakase berarti “Saya percayakan kepada Anda”. Dengan demikian, harga bervariasi tergantung pada bahan dan musim yang dipilih oleh koki. Namun, di Nagisa Japanese Izakaya Dining Experience, koki kami memberikan 2 pilihan untuk selera Anda. Omakase Set Menu tersedia di harga Rp 650.000 net per orang dan Omakase Teppanyaki tersedia di harga Rp 750.000 net per orang,” ujar Masaya Hasebe, General Manager di Hotel Nikko Bali Benoa Beach.

BACA  Tips Manggang agar Hasil Maksimal

Masaya menambahkan, jika Anda memiliki jiwa petualang di dunia kuliner, ini saatnya bagi Anda untuk memberikan kesempatan bagi diri sendiri untuk mencoba Omakase. Izinkan sang koki memamerkan keahliannya dalam menyajikan pengalaman makan yang baru dan tak terduga. Percayai koki dan Anda tidak akan kecewa untuk menikmati nilai terbaik dari yang akan Anda habiskan.

Selama di era pandemi Covid-19, Hotel Nikko Bali Benoa Beach menerapkan protokol kesehatan untuk memastikan kenyamanan tamu-tamu untuk bisa menikmati pengalaman bersantap. “Kami membatasi kapasitas tamu di restaurant sampai 6 tamu saja setiap harinya dengan ketentuan pemesanan satu hari sebelumnya, sedangkan untuk penyajiannya maksimal sampai pukul 19.00,” jelas Masaya.

Hotel Nikko Bali Benoa Beach merupakan destinasi tropis ideal yang terletak di Pantai Tanjung Benoa. Ada perpaduan unik dan selaras antara tradisi budaya Jepang dan keramahtamahan khas Bali. Hotel Nikko Bali menawarkan 188 kamar dan suite yang luas, yang terbagi dalam 9 kategori, termasuk rooftop suites dengan pemandangan Samudera Hindia. (Ngurah Budi)

Advertisement
Continue Reading

Kuliner

Ini Dua Fitur Baru GoFood

Published

on

Denpasar (cybertokoh.com) –

Pemimpin layanan pesan-antar makanan GoFood mengumumkan dua fitur baru untuk menambah pengalaman pencarian (discovery) kuliner yang lebih menyenangkan. Dua fitur tersebut adalah 1) Fitur Ulasan Pelanggan (Review), dimana GoFood merupakan layanan pesan-antar pertama yang menyediakan fitur ini di Indonesia; dan 2) Banner Rekomendasi kategori Resto Terpopuler (Most Popular) dan Lagi Disukai GoFoodies (Most Loved Eats). Fitur-fitur ini dapat diandalkan pelanggan guna mencari referensi menu kuliner terbaik versi GoFoodies atau resto yang belum pernah mereka coba sebelumnya, terutama dari resto UMKM.

Catherine Hindra Sutjahyo, Chief Food Officer Gojek Group mengatakan GoFood tumbuh sebagai pemimpin layanan pesan-antar makanan online yang kini terus memperluas perannya menjadi platform pencarian hingga pengiriman kuliner (discovery and delivery). “Teknologi GoFood yang berbasis personalisasi mempermudah pelanggan memanfaatkan GoFood sebagai destinasi untuk mengeksplorasi lebih dari 20 juta item menu makanan dan minuman di seluruh Indonesia. Dua fitur baru yang kami luncurkan ini merupakan solusi agar pelanggan dapat memperoleh referensi kuliner terbaik berdasarkan ulasan pelanggan lain, serta menambah rasa yakin untuk mencoba kuliner dari merchant baru atau belum dikenal sebelumnya,” ujarnya dalam siaran pers Gojek, Rabu (4/8).

BACA  Nasi Gudeg: Kuliner Obat Rindu

Fitur Ulasan Pelanggan (Review) terhadap resto yang dapat diisi langsung oleh pelanggan setiap habis memesan GoFood. Semua ulasan pelanggan ditampilkan di halaman masing-masing resto untuk dapat dilihat oleh pelanggan lainnya sebagai tambahan sumber referensi ketika hendak memesan. Fitur Ulasan Pelanggan/Review ini dapat ditanggapi langsung oleh merchant di bagian ‘komentar’ pada aplikasi GoBiz mereka sehingga dapat menjadi sarana evaluasi, apresiasi, maupun klarifikasi. GoFood merupakan layanan pesan-antar makanan pertama di Indonesia yang menghadirkan fitur ulasan ini.

Advertisement

GoFood mengadakan kompetisi ulasan/review dengan hadiah menarik yang akan dimulai tanggal 1 Agustus 2021 nanti. Pelanggan dapat melihat blog GoFood untuk informasi lebih lanjut mengenai kompetisi ini.

Banner Rekomendasi Resto Terpopuler (Most Popular Restos) dan Lagi Disukai GoFoodies (Most Loved Eats) diluncurkan untuk mendorong lebih banyak merchant untuk lebih banyak muncul di aplikasi, terutama UMKM setempat. Pelanggan dapat mengeksplorasi resto UMKM berdasarkan rating, tingkat banyaknya pemesanan, perolehan ‘likes’ atau yang paling disukai pelanggan, serta berada di lokasi terdekat. Daftar resto UMKM pada fitur yang dipersonalisasi berdasarkan wilayah pelanggan ini diperbaharui secara rutin.

BACA  Salad Jeruk Bali

“Dua fitur ini menjadi cerminan komitmen GoFood untuk terus berinovasi, tidak hanya untuk meningkatkan pengalaman pelanggan bersantap kuliner, namun juga untuk terus berperan mendukung UMKM. Terutama selama pandemi ini, GoFood turut mengajak pelanggan untuk bergotong-royong mendukung keberlangsungan bisnis kuliner lokal dengan cara #PesanDariUMKM agar para pelaku usaha UMKM dapat terus bertahan di tengah tantangan yang terjadi,” tutup Catherine.

Selain dua fitur baru, GoFood juga menampilkan deretan mitra usaha UMKM dalam tile kategori khusus “Pesan Dari UMKM” agar mempermudah pelanggan mengakses ragam kuliner UMKM terdekat di halaman utama GoFood. (Ngurah Budi)

Advertisement
Continue Reading

Kuliner

Maksimalkan Asupan Nutrisi Sehat Minimalkan Risiko Terjangkit Covid-19

Published

on

Denpasar (cybertokoh.com) –

Dalam kondisi pandemi Covid-19, masyarakat diminta untuk melaksanakan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) serta menerapkan protokol kesehatan, seperti selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menggunakan masker saat berada di luar rumah, serta menjaga jarak antara satu orang dengan orang lain. Menjalankan prinsip kesehatan lebih baik mencegah daripada mengobati lebih mudah dilakukan, salah satunya dengan asupan nutrisi sehat, seperti makan buah dan sayur. Memaksimalkan asupan nutrisi sehat bisa meminimalkan risiko terjangkit Covid-19.

Terkait nutrisi sehat, Ketua Persagi Bali Dr. I Putu Suiraoka, SST, M.Kes. mengatakan makanan sehat yang bergizi dapat membantu kinerja kekebalan tubuh atau imunitas. Beberapa makanan yang dapat memperkuat imunitas misalnya brokoli yang tinggi kandungan viatmin A, bayam yang memiliki kandungan antioksidan tinggi serta mengandung betakarotin.

“Buah-buah berwarna terang kaya vitamin dan penting untuk pembentukan imunitas. Contohnya pisang, pepaya, jeruk, dan lemon. Ada juga kelompok rempah-rempah, kunyit yang warna kuning mengandung kurkumin yang menunjang fungsi kekebalan tubuh. Makanan laut yang mengandung vitamin, misalnya ikan, kerang, tiram. Intinya optimalkan bahan makanan lokal,” tegas dosen Poltekkes Denpasar jurusan Gizi ini.

Advertisement

Proporsi gizi seimbangan mengacu pada “isi piringku”. Komposisi yang lengkap bukan sekadar mengenyangkan perut tetapi membantu tubuh kuat dan sehat sepanjang hari. “Isi piringku bagi dua, ½ bagian berupa karbohidrat dan lauk serta ½ bagian berupa sayur dan buah. Jangan lupa melengkapinya dengan air minum.

BACA  Burger Merah Putih di Bulan Kemerdekaan

“Di masa pandemi Covid-19 ini ada dua hal yang bisa dilakukan. Pertama,  tingkatkan kekuatan imun dengan pola hidup sehat. Kelola stres dengan baik karena di rumah terus menerus bisa memicu stres yang membuat sistem kekebalan tubuh melemah. Solusinya, luangkan waktu untuk relaksasi. Istirahat teratur dan berkualitas. Kedua, optimalkan halaman rumah untuk sumber pangan keluarga,” jelas Suiraoka. (Ngurah Budi)

Continue Reading

Tren