Sekitar Kita

Telkomsel dan Nokia Networks Uji Coba NB-IoT Pertama di Indonesia

Telkomsel bersama Nokia Networks menjadi yang pertama di Indonesia dalam melakukan uji coba teknologi Narrowband Internet of Things (NB-IoT) di jaringan 4G. Uji coba yang dilakukan di GraPARI Teuku Umar, Denpasar, Selasa (20/12) ini sebagai bagian dari dukungan Telkomsel dalam pembentukan ekosistem IoT di Indonesia.
Direktur Network Telkomsel Sukardi Silalahi melalui video conference mengatakan Telkomsel melihat perkembangan pesat di masa mendatang. “Di dunia IoT, jaringan diperlukan untuk mendukung miliaran mesin-mesin yang dioperasikan secara remote untuk merekam dan menerjemahkan data yang kemudian untuk berbagai industri,” ujarnya.
Ia menambahkan teknologi NB-IoT didesain untuk memenuhi keperluan itu, menyediakan kapasitas, jaringan yang andal dan aman. Selain itu, jaringan NB-IoT memungkinkan jangkauan penetrasi indoor sangat dalam dengan kemampuan konsumsi daya sangat rendah yang perangkat beroperasi hingga 10 tahun tanpa pengisian daya ulang.
Uji coba yang dilakukan ini berupa mensimulasi layanan telemetri untuk pemantauan lingkungan mengenai temperatur, kelembaban, dan tekanan udara dikirim melalui sensor yang terhubung ke jaringan dengan konektivitas NB-IoT.
Telkomsel juga berharap teknologi ini bisa mendukung implementasi Smart City di Indonesia, agar dapat meningkatkan kinerja pemerintah kota sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. “Kami berkomitmen untuk terus berkembang dan selalu menjadi yang terdepan dalam penerapan teknologi terkini,” tegas Sukardi.

IMPLEMENTASI TEKNOLOGI 4,5G
Selain melakukan uji coba NB-IoT, Telkomsel juga mengimplementasikan teknologi 4.5G di Bali. VP ICT Network Management Telkomsel Area Jawa Bali Ronny Arnaz mengatakan penerapan teknologi 4.5G dan uji coba teknologi seluler 1 Gbps merupakan tahapan menuju implementasi teknologi 5G di Indonesia. ” Hadirnya teknologi 4.5G di pusat pelayanan pelanggan mempertegas komitmen Telkomsel untuk senantiasa menjadi yang terdepan dalam penerapan roadmap teknologi mobile broadband terkini sekaligus upaya untuk memberikan pengalaman digital yang baru bagi para pelanggan,” jelasnya.
Telkomsel selalu berupaya untuk mendorong terciptanya ekosistem digital dengan perangkat, aplikasi, dan jaringan yang andal untuk menopang kenyamanan pelanggan dalam menikmati layanan data berkualitas. Saat ini keperluan pelanggan akan layanan data yang berkualitas makin meningkat seiring dengan perilaku pelanggan yang makin akrab dengan internet dan berbagai aplikasi digital. (rls)

To Top