Kuliner

Ginger House Sambut Natal

Chef Made (foto-kiri), Ginger House (foto kanan)

Sebentar lagi umat Kristiani akan merayakan Natal. Namun, suasana Natal sudah mulai terlihat sejak 5 Desember. Inilah yang tergambar di Hotel  Golden Tulip  Bay View Hotel and Convention Bali Jimbaran. Saat memasuki lobi,  tamu sudah bisa melihat ginger house yang besar melengkapi pohon Natal yang sudah dipajang dengan cantik.  Ginger house merupakan satu dekorasi khas Natal yang terbuat dari bahan kue.  Seperti apa? Berikut penjelasan executive chef Nyoman Maleachi.  “Untuk pembuatan ginger house ini saya menghabiskan waktu 3 minggu mulai dari persiapan bahan,” ujar lelaki  asal Negara, yang juga merayakan Natal ini.

Ia membuat kue ginger house dengan ukuran yang agak besar yakni 1,5 meter x 80 cm. Ia menghabiskan bahan yang terdiiri dari:  tepung terigu 60 kg, telur ayam 100 butir, jahe 10 kg, gula pasir 6 kg,  tepung maizena 1,5 kg, dan garam 500 gram, serta  beberapa bahan lain  sebagai hiasan, seperti icing sugar dan pondant.

Cara membuatnya, semua bahan dicampur menjadi satu untuk menjadi satu adonan. “Ginger house ini sifatnya untuk dekorasi tidak dimakan, jadi kami buat sekeras mungkin  dengan tambahan tepung yang lebih banyak,” katanya.

Setelah adonan tercampur rata, kemudian dicetak menjadi bentuk datar, dan dioven.  “Tujuannya dicetak datar, agar nantinya memudahkan untuk membentuk sesuai keinginan. Setelah kue matang, didiamkan sebentar  agar dingin, setelah itu siap dicetak sesuai kerangka,” jelasnya.  Kali ini, chef Male, begitu biasa ia disapa, memakai  kerangka rumah model Eropa. “Kiblat Natal di dunia memang lebih banyak ke Jerman karena di sanalah penduduknya  paling banyak merayakan  Natal dan suasana Natal sangat meriah,” imbuhnya.

Setelah kerangka dibuat, ia mulai memotong kue sesuai patron yang ada. Kemudian, ia menyiapkan icing sugar atau adonan  tepung gula yang dikocok, sebagai perekatnya. Satu-persatu potongan-potongan kue ditempel sehingga terbentuk satu rumah  bergaya Eropa yang sangat  cantik.

Natal selalu identik dengan salju. Karena itu, selain icing sugar digunakan sebagai  alat perekat, salju juga dibuat dari icing sugar.  Untuk membuat hiasan lain, seperti  pohon dan manusia, ia menggunakan pondant, yakni  bahan dekorasi cake yang cenderung elastis sehingga mudah dibentuk sesuai dengan keinginan.

Untuk membuat ginger house ini makin mewah, di dalamnya dipasangkan balon  lampu sehingga  menjelang malam hari terlihat bercahaya. (wirati.astiti@cybertokoh.com)

To Top