Sudut Pandang

Berbagi tak harus Uang

darren firmansyah
darren2

Darren Firmansyah

Menurut Darren Firmansyah,  berbagi  tidak harus dilakukan pada hari raya besar. Namun, sebaiknya berbagi dilakukan setiap hari. Menurutnya juga, berbagi tidak melulu soal uang, tapi berbagi juga dapat diartikan dengan kita memberikan perhatian, toleransi, dan kasih sayang kepada keluarga. Jadi sebelum berbagi dengan orang yang tidak mampu, jangan lupa untuk berbagi dengan keluarga. “Kalau saya pulang ke kampung asal di Bandung, saya senang sekali bertemu adik-adik dan kemenakan saya. Kebetulan saya banyak punya kemenakan. Kami melakukan hal-hal yang menyenangkan, menonton bioskop, jalan-jalan, makan, dan belanja.  Menurut saya, itu juga termasuk  berbagi kepada sesama. Satu hal yang sangat menginspirasi adalah mama saya karena mama mengajarkan untuk selalu menghormati orang lain dan berbagi,” ujar Marketing Communication Manager Secret Garden Village ini.

Menurut lelaki kelahiran 28 Februari  1989 ini,  ia banyak melihat sikap mamanya yang selalu memberinya inspirasi untuk berbagi kepada` orang lain. “Kalau ada orang  yang datang dari kampung  papa saya, misalnya mereka mau mencari kerja, walaupun tidak ada ikatan dengan keluarga saya, mama saya membantunya dengan memberikan tumpangan tempat tinggal. Untuk makan, kami makan seadanya. Mama tidak pernah meminta orang itu untuk membelikan beras atau apa. Sikap mama saya itu juga menginspirasi saya untuk berbagi tidak harus dengan uang,” kata lelaki yang pernah menjadi Duta Pariwisata Jawa Barat ini.

Ia mengaku miris, melihat banyak sekali saat ini, orang kalau berbagi atau menyumbang kepada orang lain, membawa media dan mempublikasikan diri. Padahal, ketika kita memberi, itu urusan kita dengan Tuhan.

Sementara, bagi Dewi,  berbagi kepada sesama memang seharusnya dilakukan, apalagi bagi kita yang diberikan rezeki lebih. “Rezeki yang kita terima beberapa persennya itu merupakan berkah dari orang lain karena itu kita perlu berbagi kepada orang lain,” ujar karyawati  swasta ini.

Biasanya, Dewi rutin melakukan kegiatan amal,  saat berulangtahun.  Ia mengatakan, berbagi  tidak dilakukan dengan berlebihan. Namun, ada yang dibagikan kepada orang-orang yang hidupnya masih kekurangan. “Biasanya saya menyumbang ke panti asuhan. Jumlahnya tidak banyak, tapi ada, walau sedikit. Kadang, saya juga merayakan ulangtahun anak saya bersama anak-anak yang kurang mampu,” ujarnya.

Selain ulangtahun, saat menjelang hari raya, ia juga rutin beramal kepada sesama. Saat perayaan Natal, biasanya ia memberikan beberapa hadiah kepada anak-anak di panti asuhan. “Natal tahun ini ia berharap, dapat melakukannya lagi,” kata Dewi.  Bagi Dewi, saat berbagi, ia  selalu berdoa semoga rezeki yang ia terima selalu bisa bermanfaat bagi dirinya, keluarga, dan orang lain.

Menurutnya, berbagi kepada sesama, sangat baik diajarkan kepada anak-anak sejak kecil. Agar mereka bisa  belajar tidak egois dan bersyukur dengan semua karunia Tuhan. (wirati.astiti@cybertokoh.com)

To Top