Indonesia

Ulfa Maria: Nikmati Profesi Terapkan Inovasi

Ulfa Maria

Tutur katanya santun dan keibuan. Wanita berambut pendek dengan senyum ramah ini adalah Ulfa Maria, Sales & Marketing Manager Hotel Bisanta Bidakara Surabaya yang telah malang melintang di dunia perhotelan sejak 1992.

Ulfa mengaku telah menggeluti dunia perhotelan selama 24 tahun silam. Berawal dari pendidikannya di jurusan sekretaris, ibu dua anak ini malah terjun sebagai seorang waitress yang harus menguasai bidang food & beverage (F & B). Hingga akhirnya dia direkrut sebagai tenaga marketing yang kemudian membawanya memasuki jajaran hotel bintang lima di Surabaya sebagai seorang marketer andal.

“Pertama kali saya join di hotel itu pada 1992. Waktu itu, di Hotel Hyatt sebagai waitress sekitar dua tahun. Usai di Hyatt,  pindah dan bekerja di Shang-rila. Hotel bintang lima yang terletak di Jalan Mayjen Sungkono ini sekitar 13 tahunan. Bahkan, tiga tahun terakhir di Shang-rila, mulai terjun di bidang marketing setelah sebelum di F&B,” katanya.

Ulfa mengatakan awal kariernya sebagai marketing ia memerlukan adaptasi, meskipun tidak jauh beda dengan dunia yang selama ia tekuni sebagai waitress hotel bintang lima.

“Yaaaaa……., perlu adaptasi. Dimana, biasanya nggak pegang komputer jadi harus pegang komputer. Kemudian bertemu dengan customer untuk mencari jaringan bisnis. Kalau di waitress kan lebih ke servis,” jelas Ulfa, yang mengisi waktu luangnya dengan memasak bersama kedua putrinya.

Enam bulan ini Ulfa, memegang posisi sebagai Sales & Marketing Manager Hotel Bisanta Bidakara. Berbagai inovasi coba ia terapkan guna mendongkrak tingkat okupansi. ”Saya selalu memperhatikan aspek keramahan dan kebersihan agar customer nyaman selama menginap di Hotel Bisanta. Apalagi tahun depan Hotel Bisanta akan menjadi satu manajemen, itu menjadi tantangan tersendiri  dengan menciptkan berbagai inovasi dan promo,” ujarnya sambil tersenyum ramah.

Wanita energik ini, mengaku sangat menikmati menjalani profesinya sebagai seorang manager marketing. ”Let it flow. Itu saja yang selalu saya terapkan dalam menjalani karier. Yang pasti, saya harus mengikuti perkembangan zaman, seperti menguasai pemasaran melalui bisnis online,” pungkasnya. (Lely Yuana)

To Top