Griya

IPBI Bali Gelar  Workshop Merangkai Aneka Daun

Bertempat di Benoa Function Room, Hotel The Yani, Jalan By Pass Ngurah Rai, Persanggaran,  DPD Ikatan Perangkai Bunga Indonesai (IPBI) Bali menggelar  kegiatan, yang memperkenalkan bunga dan daun sebagai objek kegiatan seni sekaligus mengasah kreativitas dengan tema “Aplikasi Buntal dan Garland pada Rangkaian Bunga”, Rabu (30/11).

Menurut Humas IPBI  Bali, Kenrina Anggoro Wulandari, acara ini adalah kegiatan  reguler dari IPBI Bali setiap bulannya. Saat itu , mereka mengambil tema rangkaian daun. September lalu, IPBI juga sudah menggelar  workshop dan demo rangkaian janur yang dapat diimplementasikan ke dalam rangkain modern. Misalnya saat acara pesta pernikahan, seminar, ulang tahun dan berbagai acara lainnya.

Jika selama ini kita hanya bisa mengaguminya, nah kenapa tidak sekarang belajar keterampilan merangkainya. Untuk November,  masih mengusung tema rangkaian daun, dan kali ini dalam bentuk buntal dan garland. Dua orang ahli dari IPBI Bali yakni Beby Marchelina dan Indra Perusha dengan cekatan dan terampil mendemokan teknik merangkai bunga dengan aplikasi buntal dan garland.

Buntal adalah satu rangkaian dari beberapa daun yang telah ada sejak zaman kerajaan sebagai hiasan busana para raja dan para bangsawan saat menikah. Sedangkan garland itu merupakan suatu rangkaian daun daun yang berasal dari bangsa Romawi. IPBI Bali mencoba mengkreasikan dalam rangkaian yang lebih modern dan lebih bisa bernilai komersial.

Ketua  DPD IPBI Bali Alit Suarta didampingi salah seorang pakar merangkai bunga di Bali, Yati Nali mengatakan  IPBI  memliki agenda untuk mengedukasi masyarakat pecinta bunga atau yang memiliki hobi merangkai bunga. “Kami akan konsisten untuk memberikan pendidikan, pelatihan, pengajaran berbagai ilmu mengenai teknik-teknik dasar, tips sampai estetika dalam merangkai bunga. Hal ini bertujuan untuk membantu para pencinta bunga mendapatkan ilmu untuk diterapkan sekaligus memajukan dunia floris,” tegas Alit.

Kenrina menambahkan, IPBI Bali sebagai sebuah organisasi profesi menyadari sepenuhnya kewajibannya untuk ikut serta dalam upaya mencapai tujuan nasional yakni mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur, yang merata baik materiil maupun spiritual tentu salah satunya melalui langkah edukasi dan pendidikan.
Menurut Yati Nala, melalui  kegiatan merangkai bunga yang digelar IPBI, masyarakat yang mencintai bunga lebih berkembang dan termotivasi untuk maju. Karenanya ia juga mengajak masyarakat untuk bergabung sebagai anggota IPBI  Bali untuk lebih intensif memperoleh pengetahuan dan pendidikan serta bersama- sama memajukan dunia floris khususnya di Bali.

Banyak manfaat yang bisa didapat dengan bergabung dalam komunitas ini. Selain bisa mengetahui informasi tentang berbagai bunga dan perkembangannya, anggota juga bisa berkenalan dengan sesama pencinta bunga, memperluas pergaulan, hingga akhirnya memperbesar jaringan. Kalau sudah begini, peluang membuka usaha pun bisa terbuka lebar. ( sri.ardhini@cybertokoh.com)

To Top