Advertorial

Peresmian Kantor Pusat Baru BPR Bali Dananiaga

 

Jumat, 2 Desember 2016 merupakan momen yang membahagiakan dan bersejarah bagi  keluarga besar  PT. BPR Bali Dananiaga.  Hari itu, merupakan peresmian pembukaan kantor pusat baru PT. BPR Bali Dananiaga yang beralamat di Jalan Gatot Subroto Timur Nomor 332 Denpasar,  yang sebelumnya beralamat di Jalan Teuku Umar Nomor  8 kawasan Niaga B 11 Denpasar.

BPR Bali Dananiaga adalah perusahaan yang bergerak di bidang perbankan dengan Akta Pendirian Nomor 78 tanggal 8 Desember 1992 di notaris I Putu Chandra, S.H.  Saat ini Bank BDN mempunyai 3 kantor operasional yaitu Kantor Pusat yang dipimpin oleh  2 orang Direksi yaitu I Made Arta, S.E.,M.M. (Direktur Utama) dan Desak Wayan Satya Pusparini, S.E. (Direktur), Kantor Cabang Ubud yang dipimpin  I Gusti Ayu Mirah Kumala Dewi, S.E,M.M., beralamat di Jalan Agung Mandera  Br.Teges Kangin Peliatan Ubud, Gianyar telp. 0361-973044, merupakan kantor pertama tempat berdirinya Bank BDN, Kantor Cabang Jimbaran dipimpin oleh Ani Suryaningsih, S.E. beralamat di Jalan By Pas Ngurah Rai Nomor  98 B Jimbaran Kuta Badung telp. 0361 4725520.

Pembukaan kantor pusat baru dihadiri  jajaran pemegang saham Bank BDN terdiri dari I Ketut Deger Setiasa, I Wayan Catra Sanjaya, I Made Asa, I Made Jedeg Sariana, I Made Rai Oka Rimbawa, S.E. dan jajaran Dewan Komisaris terdiri dari I Nyoman Sutrisno, S.E.,M.M. sebagai Komisaris dan I Made Rai Oka Rimbawa, S.E.,M.M. sebagai Komisaris Utama. Turut hadir pula Dewan Direksi dan seluruh karyawan, nasabah, dan rekanan BPR Bali Dananiaga.

I Made Arta dalam sambutannya menyampaikan,  ucapan terima kasih kepada para pemegang saham dan keluarga, steak holder,  share holder, para nasabah, para relasi, instansi pemerintah, OJK dan manajemen karyawan/karyawati yang telah banyak memberikan dukungannya sehingga pemindahan gedung kantor pusat ini bisa berjalan dengan lancar. “Dengan  adanya gedung baru ini,  menjadikan sebuah tantangan baru bagi kami untuk bisa meningkatkan pertumbuhan bisnis dan meningkatkan kinerja dengan baik, mengimplementasikan visi dan misi yang sudah jelas, begitu pula manajemen tidak henti-hentinya mengingatkan untuk selalu belajar, belajar, dan belajar serta bekerja, bekerja, dan bekerja,” ujarnya.

Arta menambahkan,  bekerja agar kita sebagai pekerja mampu bersaing di dunia kerja mengingat persaingan sekarang ini cukup ketat, apalagi MEA sudah di depan mata. Begitu juga dapat  memberikan pelayanan kepada nasabah, dan calon nasabah yang lebih baik mengingat dengan pelayanan yang maksimal akan memberikan dampak yang baik juga terhadap Bank BDN.

Dalam kesempatan tersebut, BPR Bali Dananiaga yang lebih dikenal dengan Bank BDN juga melakukan penandatanganan MoU dengan PT. Jamkrida yang bertujuan untuk memberikan keamanan kepada nasabah dengan memberikan penjaminan terhadap kredit yang diberikan oleh Bank BDN. Hal ini bertujuan pula untuk memberikan perlindungan kepada bank sehingga tujuan sebagai bank yang mengutamakan aspek kehati-hatian akan tercapai. Apabila bank menerapkan prinsip kehati-hatian maka nasabah akan lebih aman dan nyaman.

Selain itu, Bank BDN juga melakukan MoU dengan AKUBANK dan Wearness untuk pengembangan sumberdaya manusia. Hal ini menjadi tekad Bank BDN untuk mewujudkan salah satu misi yaitu  meningkatkan kompetensi SDM di bidang keuangan perbankan melalui pendidikan dan pelatihan, memberikan layanan prima dan solusi yang bernilai tambah kepada seluruh nasabah, dan selaku mitra pillihan utama melalui sumber daya manusia yang sudah terlatih sesuai dengan bidangnya. Untuk memenuhi komitmennya dalam hal pelayanan istimewa lainnya, Bank BDN melakukan MoU dengan USSI yang merupakan salah satu vendor untuk pengembangan sistem dan IT.

Acara peresmian pembukaan kantor pusat baru ini ditandai dengan prosesi pengguntingan pita oleh Direktur Utama yang didampingi seluruh undangan yang kemudian dilanjutkan dengan memasuki gedung baru dan berkeliling untuk melihat ruangan-ruangan dalam gedung baru yang ditutup dengan penulisan doa untuk Bank BDN pada pohon doa yang nantinya akan menjadi pengingat untuk mewujudkan semua doa.

Menurut Made Arta, pembukaan kantor pusat baru yang berdesain modern minimalis yang memberikan kenyamanan kepada nasabah ini juga bertujuan untuk mewujudkan visi menjadi bank perkreditan rakyat yang tumbuh sehat dan berkembang secara wajar. Sedangkan misinya meningkatkan kompetensi SDM di bidang keuangan perbankan melalui pendidikan dan pelatihan, memberikan layanan prima dan solusi yang bernilai tambah kepada seluruh nasabah, dan selaku mitra pillihan utama, meningkatkan nilai investasi yang unggul kepada para pemegang saham, menciptakan kondisi rasa aman dan nyaman kepada para karyawan sebagai tempat  kebanggaan untuk berkarya dan berprestasi, meningkatkan kepedulian dan tanggung jawab terhadap lingkungan sosial, menjadi acuan pelaksanaan kepatuhan dan tata kelola perusahaan yang baik.

Ia mengatakan, di tengah lesunya kondisi perekonomian global saat ini, ditandai dengan pertumbuhan yang cenderung bias ke bawah, sebagai dampak dari pemulihan ekonomi global yang masih berlangsung melambat dan tidak merata. Bank BDN sebagai bank kecil yang melayani usaha kecil dan masyarakat pedesaan sudah terbukti masih tetap berdiri kokoh di tengah-tengah masyarakat yang bersatu padu, walaupun  goncangan dari tahun ketahun  akibat dari krisis moneter tahun  1998, krisis global tahun  2008 serta perubahan regulasi, begitu juga dampak dari kebijakan pemerintah.

Bank BDN berkomitmen untuk terus meningkatkan kinerjanya. Hal ini ditunjukkan dengan posisi aset sampai dengan November 2016 Rp 152 miliar, tumbuh 32 % dari tahun lalu, penghimpunan dana pihak ketiga Rp 110 miliar tumbuh 58 %, fortofolio kredit Rp 128 miliar tumbuh 35 % serta rasio kecukupan modal sudah diatas ketentuam yang dipersyaratkan atau sebesar 13,65 %

Dalam hal bisnis, Bank BDN salah satu bank yang tetap berdiri kokoh meski kondisi ekonomi mengalami guncangan tahun 1998 yaitu krisis moneter, tahun 2008 krisis global dan 2015 mengalami perlambatan pertumbuhan. “Diibaratkan dalam dunia percaturan BPR identik  dengan “pion” dimana dalam permainnya/gerakannya  pion itu sebagai garda terdepan walaupun kecil tidak akan pernah mundur/pantang mundur tetapi minimal bisa bertahan dan maju,” ujar  Made Arta,  yang masih diberikan kepercayaan mengelola bank BDN ini. Dengan  menawarkan kemudahan-kemudahan dalam proses pembiayaan kebutuhan nasabah baik untuk konsumtif, modal kerja maupun investasi melalui kredit yang tepat guna dengan suku bunga yang bersaing dan proses yang cepat tanpa melupakan prinsip kehati-hatian.

Bank BDN yang memiliki  segmen pasar yang berpariatif diantaranya pemberian kredit kepada pedagang bakso, dagang kelontong, dagang tahu tempe, dagang tipat cantok/rujak, tukang cukur, bengkel sepeda motor, penjahit kebaya dll baik yang ada di pasar maupun di warung-warung kecil pada  sektor riil yang merupakan kebutuhan sehari-hari sehingga perputaran keuangan bank BDN sangat baik.

Made Arta juga menyampaikan, meskipun situsi ekonomi sedang bergejolak, Bank BDN bisa tetap eksis di dunia perbankan dengan mengutamakan prinsip kehati-hatian dan service kepada nasabah disesuaikan dengan tuntutan zaman. “Kami berkomitmen meningkatkan kualitas SDM dan IT untuk memenuhi kebutuhan layanan jasa perbankan sehingga memenuhi kepuasan nasabah. Kami melakukan penataan internal sehingga tetap siap meskipun sedang mengalami perlambatan laju ekonomi dengan infrastruktur yang lebih siap sehingga bisa bertahan dalam persaingan dalam kondisi apapun,” tegasnya.

“Sesuai dengan budaya masyarakat Ubud yang membutuhkan layanan yang mudah, kami memberikan layanan jemput setoran untuk membuat nyaman nasabah sehingga kami bisa tetap bertahan dalam persaingan yang ketat dan menjadi Bank yang dibutuhkan ditengah-tengah masyarakat,” imbuh Mirah Kumala Dewi, pimpinan cabang Ubud.  Ia yang  mempunyai latar belakang berkarier di bidang perbankan selama 16 tahun sangat memahami kebutuhan transaksional nasabah dan cara memenangkan persaingan.

“Semoga dengan adanya pembukaan kantor pusat baru yang lebih megah, akan menambah kenyamanan dan kepercayaan nasabah terhadap Bank BDN karena ini sebagai bukti bahwa kami terus bertumbuh untuk mewujudkan komitmennya meningkatkan pelayanan kepada nasabah yang berdampak terhadap pertumbuhan bisnis baik penghimpunan dana maupun penyaluran kredit,”  ucap Ani Suryaningsih, pimpinan cabang Jimbaran.

 

Bank BDN juga telah menggulirkan produk simpanan yang berkonsep Arisan yaitu “Si Tenar” yang telah berjalan 2 periode dan akan bergulir lagi pada periode selanjutnya. Arisan ini sangat menguntungkan nasabah karena ketika menang sudah tidak perlu bayar lagi. Hal ini mengakomodir kebutuhan nasabah yang sudah terbiasa mengikuti arisan di masyarakat.  “Adapun model arisan yang kami tawarkan sudah pasti aman karena kami dijamin oleh Lembaga Penjaminan Simpanan dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan. Sehingga peserta arisan tidak perlu khawatir kehilangan dana yang sudah disetorkan dalam bentuk tabungan karena meskipun belum menang setelah periode berakhir yaitu pada bulan ke-30 peserta akan mendapatkan dana arisan dan cashbacknya,” ujarnya.  Selain itu, juga mendapatkan kesempatan untuk meraih doorprize  yang sangat menggiurkan. Arisan ini dilakukan secara transparan karena disaksikan oleh perwakilan peserta dan diumumkan melalui SMS Broadcast sehingga memudahkan peserta mendapatkan informasi yang diperlukan tentang kegiatan arisan ini.

Bank BDN juga sedang gencar-gencarnya memberikan service kepada nasabah melalui program BDN VIP Club Card. Yaitu kartu member yang diberikan kepada nasabah VIP yang bisa digunakan untuk mendapatkan previllage di merchant-merchant kerja sama yang meliputi life style, food & beverage, health, vacation yang telah bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan besar. Nasabah yang termasuk dalam BDN VIP telah mencapai lebih dari ratusan.Kami berharap kerja sama ini juga diikuti oleh perusahaan-perusahaan lain yang memenuhi kriteria merchant BDN VIP Club Card. Untuk kategori Food & Beverage kami akan bekerja sama dengan sejumlah resto yang akan memanjakan lidah nasabah VIP melalui wisata kulinernya. Adapun yang termasuk kategori Life Style adalah yang bergerak di bidang beauty, clothing, dan lainnya. Sedangkan Health adalah merchant yang bergerak di bidang kesehatan seperti klinik kesehatan atau lainnya. Serta Vacation yang bergerak dibidang tempat wisata untuk refreshing nasabah,” katanya.

Bank BDN juga membantu mengelola dana nasabah melalui “Tabungan Nagata” yaitu tabungan berjangka yang cocok untuk nasabah yang mempunyai rencana keperluan dana di masa depan sehingga tidak perlu risau lagi tentang kesiapan dananya. Tabungan berjangka ini juga dilengkapi dengan memberikan hadiah langsung melalui produk Tabungan Nagata Plus dengan berbagai pilihan hadiah sesuai kebutuhan nasabah. “Ke depan masyarakat harus dibiasakan menyimpan uangnya di BPR dan BPR harus mampu mengakomodir apa yang dibutuhkan masyarakat. Dengan adanya produk-produk tabungan atau simpanan yang menarik  yang dapat memenuhi keinginan mereka yang menjadikan menabung atau menyimpan uang di bank menjadi hal yang menarik untuk masyarakat,” kata Made Arta.

Bank BDN punya keinginan untuk menjadi  one stop banking. “One stop banking yakni Bank BDN menjadi bank yang mampu memenuhi segala kebutuhan finansial baik yang memerlukan tambahan dana maupun pengelolaan dana,” imbuh Desak Satya Pusparini.

Melihat situasi dan kondisi ekonomi yang berubah begitu cepat dan selalu dinamis, ia berharap, manajemen BPR Bali Dananiaga selalu berpedoman tingkat kehati-hatian dalam bekerja, memberikan pelayanan yang maksimal kepada nasabah dengan cara meningkatkan kualitas SDM yang ada baik melalui pendidikan dan pelatihan.

“Selalu bisa memahami kondisi di masyarakat sehingga pelayanan Bank BDN selalu bisa menjadi andalan bagi masyarakat. Kecepatan, ketepatan, dan kenyamanan adalah hal yang mutlak yang harus dimiliki oleh bank,” ucap I Made Rai Oka Rimbawa dan I Nyoman Sutrisno selaku Komisaris  Utama dan Komisaris. (ast)

To Top