Indonesia

Suyanto: Penangkar Landak Jawa

Hujan gerimis terus mengiringi perjalanan menuju rumah seorang lelaki paruh baya yang sukses pelakukan penangkaran hewan pengerat, landak Jawa. Ia adalah Suyanto (55), warga Desa/Kecamatan Dolopo, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

Terlihat, dia sedang duduk-duduk sembari memberi pakan ratusan ikan gurami yang sudah 4 bulan dibudidaya disamping rumahnya. Sesekali tangan kirinya menggeser tongkat ketiak.

“Beginilah kerjaan sehari-hari saya mengurus ikan, puluhan ayam dan belasan landak. Inilah yang bisa  saya kerjakan,” kata Suyanto.

Menurutnya selain budidaya ikan, ternak ayam juga penangkar landak Jawa. Awalnya hewan berbulu tebal serta berdiri itu, diperoleh dari seorang petani yang berhasil menangkap di area persawahan miliknya. Landak selalu merusak tanaman miliknya.

Lalu dua ekor landak itu dibeli untuk dirawat. Namun perjalanan waktu, dua hewan berlainan jenis itu berjodoh dan beranak. Berkat keuletan setiap hari merawat serta memberi pakan, sejumlah landak miliknya bertambah hingga 14 ekor.

“Beberapa minggu lalu, ada orang yang membeli 4 ekor landak seharga Rp 2,7 juta. Kini tinggal 10 ekor,” ungkapnya.

Ia menjelaskan memang untuk biaya pakan sangatlah tidak sedikit, karena hewan jenis ini makannya banyak. Dalam sehari 10 ekor landak menghabiskan sekitar 1,5 kg hingga 2 kg katul. Meski hewan landak pengembangbiakkannya lama, namun ia mengaku sangat senang.

“Ya, untuk mengisi waktu yang kosong. Sebenarnya hewan landak, juga banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Biasanya dijual ditempat-tempat wisata alam, karena dagingnya lezat jika dibuat sate,” paparnya. (Ajun Ally)

To Top