Jelita

Tampil Istimewa dengan Perawatan Pra-Nikah

dr. Kadek Trisnadewi, M.,Biomed (AAM)

Menikah adalah ritual sakral yang ingin dirayakan dengan sempurna oleh kedua mempelai. Berbagai persiapan dilakukan, mulai dari urusan pakaian, menu, kartu undangan, tempat acara, hiburan, foto prewedding, bahkan video shooting untuk mengabadikan momen sakral ini.

Untuk momen terindah ini pula, mereka juga sibuk berburu referensi  mendapatkan penampilan yang prima dan istimewa saat acara resepsi atau bahkan sejak  foto  prewedding.Berbicara penampilan, tentu saja yang dimaksud adalah tampilan menyeluruh termasuk kulit yang bersih bersinar dan terbebas dari masalah seperti flek, jerawat, dan kerutan di kulit.

Yang menjadi pertanyaan kemudian, apakah hanya mempelai wanita yang butuh penampilan prima? Perlukan mempelai pria juga berpenampilan prima? Apakah tabu bagi kaum pria melakukan perawatan kulit? Tentu saja tidak. Baik pria maupun wanita, harus berpenampilan prima saat momen spesial tersebut. Apalagi zaman sekarang sudah bukan hal tabu lagi kaum pria melakukan perawatan.

Menurut dr. Kadek Trisnadewi, M.,Biomed (AAM), pemilik Indivara Aesthetic di kawasan Jalan Tukad Barito, kulit yang bersih, sehat, dan bersinar, sangat menunjang penampilan. Namun ,tidak semua orang beruntung memilikinya. Bagi yang kulitnya bermasalah, akan melakukan segala usaha demi mendapatkan kulit idaman. Namun ,hal ini tidak mudah dan perlu perjuangan, ketekunan, ketelatenan, serta biaya yang terkadang tidak sedikit.

Dikatakamnya, khusus untuk momen spesial, apapun akan dilakukan, tanpa memperdulikan biaya tersebut. Tidak sedikit pula salon atu klinik kecantikan yang dengan senang hati membantu para calon mempelai mendapatkan kulit indah dan berseri. Namun, perlu berhati-hati, jangan sampai ingin kulit idaman malah berujung masalah. Sebaiknya gali informasi yang banyak tentang salon atau klinik mana yang akan dituju.

Perawatan sebelum menikah, akan lebih baik jika dilakukan menyeluruh, yakni dari ujung rambut sampai ujung kaki. Perawatan ini, sebaiknya dimulai minimal 3 bulan sebelum hari “H”, sebab hasilnya memerlukan proses. Perawatan yang tergesa gesa berisiko terjadi masalah, atau biaya lebih membengkak dibandingkan jika dilakukan jauh hari sebelumnya.

Dokter Kadek mengatakan kalau perawatan pada calon mempelai wanita lebih kompleks dibandingkan calon prianya. Pada calon mempelai wanita, perawatan dilakukan mulai dari rambut, wajah, badan dan bentuk badan, sampai jari tangan dan kaki termasuk kuku. Sedangkan pada calon mempelai pria, lebih terfokus pada rambut dan kulit bersih.

Berikut dipaparkan oleh dokter Kadek, apa saja perawatan pra nikah yang diperlukan  calon mempelai wanita:

  • Rambut dan kulit kepala

Rambut adalah mahkota wanita. Rambut indah dan kulit kepala sehat sangat menunjang penampilan, dan membuat mempelai wanita lebih percaya diri pada malam pertama. Perawatan yang dilakukan dari creambath, hair spa, hingga colouring, hair extension. Jika kulit kepala berketombe, dapat mengambil perawatan khusus dan konsultasikan pada ahlinya.

  • Alis

Alis yang tebal, rapi dan indah merupakan dambaan setiap wanita. Namun, bentuk dan ketebalan alis harus disesuaikan dengan bentuk wajah dan karakter seseorang. Meski trend alis saat ini adalah alis “Sin Chan”, tebal dan besar. Tetapi, tidak semua wajah cocok. Jadi, kita perlu memperbanyak referensi sebelum menjatuhkan pilihan di mana akan melakukan sulam alis.

  • Bulu mata

Untuk menimbulkan kesan bulu mata yang lentik dan lebat, saat ini bisa dilakukan eyelashes extension. Ada pilihan terkait ketebalan dan seberapa panjangnya bulu mata yang diinginkan.

  • Kulit wajah

Kulit wajah pada usia 20an biasanya bermasalah jerawat atau flek ringan. Kerutan belum banyak muncul, kecuali pada kulit yang sangat kering atau erlalu sering menggunakan otot wajah secara berlebihan. Yang paling umum adalah masalah jerawat. Kulit berjerawat butuh waktu minimal dua minggu untuk proses penyembuhan. Rutin menggunakan produk perawatan khusus kulit berjerawat mulai dari sabun wajah, toner khusus, produk perawatan pagi dan malam, dan rutin melakukan facial khusus kulit berjerawat demi mempercepat penyembuhan jerawat.

  • Gigi

Susunan gigi yang kurang rapi, warna yang kurang bersih, dan adanya karang gigi tentu sangat menggangu penampilan. Seperti merapikan susunan gigi, memutihkan

warna gigi dengan teknik veneer. Sedangkan untuk mengatasi menumpuknya karang gigi, dapat dilakukan scalling.

  • Kulit badan

Perawatan kulit badan seperti massage, scrub atau luluran, berendam garam mineral, dan masker badan yang disesuaikan dengan jenis dan masalah kulit. Lakukan perawatan ini seminggu sekali. Oleskan secara rutin lotion pelembab/pencerah pada malam hari dan sunscreen khusus badan di pagi hari untuk hasil yang maksimal. Kulit pada area lipatan perlu perhatian khusus karena sering terlewatkan dank arena sifatnya sensitif, maka produknya  berbeda dengan k area lainnya.

  • Bentuk badan

Berjalan menuju pelaminan tentu saja menjadi pusat perhatian para undangan. Dengan kostum yang indah, tata rambut dan make up yang cantik tentu akan lebih sempurna bila didukung bentuk badan yang indah. Meski tidak semua orang

beruntung memilikinya, tapi tak perlu khawatir,konsultasikan dengan ahli gizi untuk pengaturan diet, lakukan olahraga rutin, dan jika perlu dibantu dengan peralatan modern. Hindari mengosumsi obat pelangsing yang tidak jelas sumbernya, tanpa konsultasi dengan ahlinya..

  • Jari jemari tangan dan kaki

Lakukan pedicure dan menicure secara rutin setiap 2 minggu untuk mempercantik jemari saat cincin kawin disematkan. Perlu diperhatikan sterilitas peralatan yang digunakan.    untuk menghindari penularan penyakit seperti HIV, hepatitis B, dan yang la

Selanjutnya, ada calon mempelai pria, perawatan yang perlu dilakukan lebih simpel. Perawatan rambut cukup dengan rutin melakukan creambath, hair spa, hair mask, dan hair colouring. Untuk perawatan kulit, lebih terfokus pada masalah yang dialami. Pria usia 20an tahun biasanya bermasalah dengan jerawat, pori-pori lebar, dan scar. Untuk mengatasi kulit berjerawat dapat dilakukan perawatan seperti facial khusus kulit berjerawat. Hindari penggunaan sun protector (sunblock/sunscreen/tabir surya/tirai) karena dapat memicu munculnya jerawat lebih parah.

Pesan dokter Kadek bagi perempuan yang ingin hari pernikahan menjadi momen spesial dengan penampilan prima, adalah jangan lupa melakukan perawatan jauh -jauh hari sebelumnya dengan rutin. (sri.ardhini@cybertokoh.com)

To Top