Buleleng

Infrastruktur Jalan Tunjang Kunjungan Wisatawan

Gusti Ngurah Anom

Melirik potensi pariwisata di Kabupaten Buleleng sangat luar biasa dengan wilayahnya yang nyegara gunung. Hal inilah yang memunculkan rasa ketertarikan baik investor maupun wisatawan untuk berkunjung ke Bali Utara. Berbagai upaya pun untuk mempromosikan ragam potensi dilakukan namun banyak yang hendak menanamkan modal sering berpikir dan mengeluhkan infrastruktur jalan.

Sebagai seorang pengusaha lokal yang sangat berambisi memajukan Buleleng, Gusti Ngurah Anom mengatakan Buleleng memiliki potensi luar biasa yang mesti diekspos kepada khalayak. Tetapi, usaha pembangunan daerah mesti didukung dengan peningkatan infrastruktur utamanya akses jalan. Pria yang akrab disapa Cok Krisna tersebut mengaku jika rencana pemerintah membangun short cut dapat segera direalisasi maka peminat wisatawan yang datang ke Buleleng akan sangat meningkat.

Ia menambahkan jika selama ini kendala orang-orang datang ke Buleleng adalah perjalanan yang jauh, namun yang lebih menjadi alasan adalah jalak bekelok-kelok dengan tikungan tajam. “Jauh tidak jadi masalah asal tidak berkelok, karena banyak tamu-tamu saya yang tiba di Buleleng bilang pusing dan mual,” ungkapnya.

Pria kelahiran Desa Tangguwisia Kecamatan Seririt, 5 Maret 1971 menilai kemudahan akses jalan merupakan penunjang kunjungan tamu ke berbagai destinasi pariwisata di Buleleng. “Kami sempat diundang Pak Presiden Joko Widodo, beliau bertanya bagaimana pariwisata di Bali. Saya bilang kebetulan sedang mengembangkan Bali Utara, kita tidak minta tetapi mohon Bapak Presiden, membantu akses jalan di Bali Utara. Pemerintah pasti sudah memikirkan daerah ini,” cerita Cok Krisna, ketika hadir di Istana Presiden dengan sembilan undangan pilihan, yang dinilai menginspirasi pembangunan di daerahnya masing-masing.

Dia berharap Buleleng terus berkembang dengan kehadiran investor dari berbagai daerah. Pihaknya sendiri sudah membangun enam outlet antara lain, Krisna Oleh-oleh, Krisna Beach Street, Krisna Adventure, Krisna Water Sports, Bebek Tepi Sawah, dan terbaru Krisna Fantastic Land. “Kami membangun pasti ada duka dan soal suka nanti-lah. Sudah hampir 1,5 tahun berjalan membangun usaha di Buleleng. Kami rencana bangun mall dan waterpark di Singaraja,” pungkasnya. (wiwinmeliana22@cybertokoh.com)

To Top