Style

Pesona Batik Bali

Batik adalah warisan kekayaan budaya Nusantara. Keberadaannya wajib dijaga. Hal inilah yang dilakukan salah satu desainer papan atas Bali, Bintang Mira. Koleksi batiknya menghadirkan ciri khas dan keunikan motif lokal Bali. Agar semakin menarik ia juga mengolaborasikan berbeberapa motif.

Seperti poleng yang merupakan salah satu identias Bali, dengan filosofi Rwabhineda, hitam dan putih, mencerminkan sifat  yang bertolak belakang selalu menarik untuk digarap kembali. Malah ia mencoba memadukannya dengan motif batik parang dan hadirlah poleng parang.

Begitu pula dengan oramen seni pepatran yang biasanya ada pada bangunan dengan maknanya memberi perlindungan agar manusia  merasa nyaman pun menjadi salah satu pilihan untuk Batik Bali koleksi Bintang Mira. Di sini ia  mengangkat ornamen patra Cina, yang idenya dari bunga mawar.

Ada juga Patra Mesir (meander), umumnya merupakan hiasan pinggir yang bentuk dasarnya garis berliku atau berkelok-kelok. Motifnya sangat beragam, yakni U dan N yang saling bertaut. Persembahan motif flora, patra sekar dan lainnya terinspirasi dari beraneka ragam bunga biasa dipakai sarana persembahyangan di Bali, selain sebagai lambagng keindahan.

Motif batiklainnya yang ia produksi misalnya menyertakan gambar Aji Semar atau Tualen , Batik parang , batik dengan motif lurik yang semuanya memiliki filosofi masing-masing .  Masih banyak lagi motif pepatran Bali yang  sudah diangkatnya dan akan dihadirkan pada  Batik Bali karya Bintang Mira berikutnya.  (sri.ardhini@cybertokoh.com)

To Top