Sudut Pandang

Awali Pagi dengan Yoga

I MADE BAGUS ANDI PURNOMO dan Luh Mila trisna Dewi

Banyak orang yang percaya mengawali hari di pagi hari dengan kegiatan yang menyenangkan dapat menambah semangat untuk menjalankan rutinitas selanjutnya. Mengawali pagi dimulai sejak baru bangun tidur. Setiap orang memiliki cara yang berbeda untuk mengawali pagi sehingga mampu memberikan vibrasi positif terhadap hari-harinya.

Menurut Luh Mila Trisna Dewi, Pembantu Ketua II Sekolah Tinggi Kejuruan dan Ilmu Pendidikan Agama Hindu Singaraja, yang pertama dilakukan ketika baru bangun dari tidur di pagi hari adalah mengecek notifikasi di media sosialnya. Ia menambahkan tidak memasukkan hal tersebut dalam rutinitas pagi hari, akan tetapi secara refleks tangannya akan mencari ponsel miliknya.

Mila, sapaan akrabnya menuturkan, jika pagi hari ketika baru bangun ia sempatkan untuk melihat pemberitahuan di media sosial melalui akun pribadinya. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab bagi seorang yang menggeluti bisnis online harus rajin melihat postingan. “Setiap hari saya upload pakaian dan harus dilihat laku atau ada yang pesen gak,” jelasnya. Keberadaan ponsel dan media sosial sangat bermanfaat bagi dirinya yang menggeluti bisnis online shop.

Selain mengecek online shop miliknya, ia juga sempatkan waktu untuk membaca informasi untuk menambah pengetahuan. Saat ini sudah banyak media-media online yang menyuguhkan berita-berita terkini sehingga memudahkan ia mengetahui informasi. “Dengan teknologi, informasi itu sudah ada dalam genggaman,” tambah owner dari SGB Boutiq tersebut.

Hal penting lainnya yang dilakukan perempuan kelahiran 27 Agustus 1981 tersebut ketika baru bangun adalah merencanakan kegiatan yang akan dilakukan. Ia memang secara khusus membuat planning kegiatan di luar kegiatan yang sudah terjadwalkan. “Kalau masak, bersih-bersih, dan ke kantor kan memang sudah dijadwal, saya harus punya rencana terhadap kegiatan yang lain,” ungkapnya. Ia mencontohkan, sebagai anggota dari bisnis MLM ia harus menentukan tujuan dalam memprospek anggotanya.

JAPA YOGA

Sementara itu Ketua Perhimpunan Pemuda Hindu Indonesia Kabupaten Buleleng, I Made Bagus Andi Purnomo, S.Pd., mengatakan untuk mengawali hari di pagi hari dilakukan dengan yoga. Japa yoga di pagi hari menurutnya untuk hari yang penuh karunia. Ia menambahkan japa yoga sangat bertuah jika dilakukan pada pagi hari atau lebih tepatnya subuh sebelum matahari terbit antara pukul 03.30 sampai 05.30. “Dalam veda disebut waktu Brahma Muhurta,” jelasnya.

Pria yang akrab disapa Bagus Andi ini membiasakan diri untuk bangun pagi-pagi dan melakukan japa yoga setelah mandi dan melakukan puja Tri Sandya.  Dalam ajaran agama Hindu, japa yoga adalah cara menghubungkan diri dengan Tuhan Yang Maha Esa dengan cara menyebutkan nama suci beliau. Manfaatnya adalah mewujudkan segala sifat ke-Tuhanan sehingga mengalir dalam pikiran. Japa akan mengubah alam pikiran manusia, yang kemudian akan mengisinya dengan sifat Sattva. “Melakukan japa adalah perintah Veda, dan japa merupakan yajna tertinggi,” ungkap dosen pengajar di STAH Negeri Mpu Kuturan tersebut.

Dirinya juga menyarankan untuk melakukan japa yoga di pagi hari untuk mencapai kesuksesan dalam lahir dan batin atau jasmani dan rohani, secara material dan spiritual. Dengan hal tersebut maka buktikanlah keseharian Anda akan penuh karunia dan tentu apapun masalah yang dihadapi dapat diselesaikan dengan pikiran tenang dan sikap bijaksana. (wiwinmeliana22@cybertokoh.com)

To Top