Sudut Pandang

Rutin Minum Air Putih

Andien dan Fatin

Bagi selebriti, bangun pagi dirasakan sebagai suatu ‘penderitaan’ yang kalaupun terpaksa harus dilakukan memerlukan perjuangan keras dan tekad kuat. Banyak dari mereka yang mengaku tidak bisa bangun pagi karena sibuk bekerja hingga malam. Karenanya ketika mendapat kesempatan tidur malam dipergunakan sebaik-baiknya guna memulihkan tenaga.

Fatin Sidqia Lubis, penyanyi yang melejit namanya di blantika hiburan Tanah Air setelah menjuarai  ‘X Factor Indonesia 2013’ mengaku sangat sulit bangun pagi, dalam artian bangun sebelum pukul 06.00.

“Aku memang bukan tipe orang yang bisa bangun pagi, maksudnya bangun sebelum pukul 6 ya. Paginya aku tuh pukul 8-9 an,” kata gadis yang belum lama ini meraih penghargaan ‘The DafBAMA Music Award 2016’ di Jerman, sambil tersipu. Diakui Fatin itu merupakan salah satu kelemahan yang perlu perjuangan untuk memperbaikinya. Selain ia punya banyak job menyanyi, ia juga sibuk kuliah di jurusan Performing Arts Comminication, London School of Public Relation (LSPR).

Jadi dua bidang yang dijalaninya itu cukup menguras energi.  Jadi bukan hanya pekerjaannya saja yang bebannya tinggi, di kuliah pun ia banyak tugas yang harus diselesaikan.

Makanya ketika mendapat kesempatan tidur malam, ia seperti ingin menikmati sepuasnya. Namun tentu saja tidak bisa selalu karena tak jarang setelah job di malam hari, di pagi hari job baru telah menunggunya. “Jadi memang harus pandai-pandai mengatur waktu,” ucap Fatin yang selain menyanyi juga kini merambah ke dunia akting.

Tapi, kata bintang film ‘Dreams’ ini, sekarang dirinya sudah lumayan dalam menyiasati keharusan bangun pagi. “Kalau kebetulan malamnya aku nggak ada acara, lebih enak mengaturnya. Misalnya acara pukul 7 maka aku sudah menjadwal bangun pukul 3, mandi pukul 4, setelah itu melakukan persiapan macam-macam seperti make up, dll, jadi aku sudah ready pada waktunya,” tutur pelantun tembang hits ‘Aku Memilih Setia’ ini.

Dulu, saat di awal-awal kariernya, malah lebih parah. Dia bukan hanya susah dibangunkan pagi tapi kadang membangunkannya pun harus dengan memercikan air. “Dulu, mama paling repot bangunin aku. Tapi sekarang sudah tidak lagi kok, kan sudah besar, sudah dewasa, jadi aku makin sadar bahwa semua itu untuk kepentingan aku sendiri,” ujar Fatin.

Selain itu, manajernya juga sangat membantunya dalam menyiasati bangun pagi. Misalnya, kalau acara pagi, maka sang manajer menyampaikan ke Fatin waktu yang telah dimajukan 1 atau 2 jam. Itu maksudnya agar Fatin lebih cepat bangun dan memiliki waktu yang cukup  untuk mempersiapkan diri.

Kalau ada waktu, misalnya tidak sedang terburu-buru untuk pergi ke acara, Fatin menyempatkan diri untuk berolahraga kecil. Tapi yang pasti rutin adalah sehabis bangun tidur adalah minum air putih.

Seperti Fatin, Andien pun mengawali paginya dengan minum air putih yang sudah disiapkan di meja kamarnya. “Itu kebiasaan rutin ya sebelum dan sebangun tidur pasti minum air putih. Aku selalu siapkan satu botol untuk sebelum dan saat bangun pagi,” kata Andien, penyanyi jazz yang kini tengah hamil.

Setelah itu, biasanya ia melakukan perenggangan kecil, sebelum melakukan aktivitas lain. Untuk olah raga, karena sedang hamil, maka ia untuk sementara tidak lagi melakukan olah raga ekstrem seperti biasanya. “Tapi olah raga tetap rutin seperti dulu hanya saja tidak olah raga berat, tapi yang ringan-ringan saja. Orang hamil kan bukan berarti sakit jadi memang harus bergerak juga olah raga hanya saja olah raganya disesuaikan dengan kondisi,” ungkap penembang hits ‘Let it be My Way’ ini. “Dulu waktu kandungan masih kecil, janin masih kecil, masih berani loncat, misalnya. Tapi sekarang sudah tidak lagi,” tambahnya. (dianaruntu@cybertokoh.com)

To Top