Kolom

Bahasa Prancis Membuka Jalan Keberhasilan di Berbagai Bidang

Ni Kadek Sulistiawati

Bahasa Prancis yang menjadi salah satu bahasa yang sulit dipelajari ternyata merupakan salah satu bahasa yang banyak dituturkan di dunia. Sebagian besar orang di Indonesia mengenal bahasa Prancis sebagai bahasa diplomasi karena dijadikan sebagai salah satu bahasa kerja dan bahasa resmi di PBB, Uni Eropa, UNESCO, NATO dan termasuk Palang Merah Dunia. Selain itu, bahasa Prancis juga dapat berperan dalam meningkatkan peluang sukses di bidang pendidikan. pasar kerja baik di bidang perhotelan, pariwisata, bisnis, hubungan internasional, dll.

Tidak banyak pula yang mengetahui bahwa dalam dunia seni dan budaya, bahasa Prancis telah menjadi bahasa internasional untuk bidang teatrikal, seni visual, tari, arsitektur, kuliner dan juga mode. Prancis dengan bahasanya yang dituturkan di 5 benua di sekitar 70 negara memiliki banyak jaringan budaya di luar negeri termasuk di Indonesia. Pelaksanaan pagelaran budaya juga rutin dilakukan, seperti pagelaran “Musim Semi Prancis”, festival budaya dan audiovisual. Institut Français juga telah dibentuk di beberapa kota di Indonesia (Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya) serta pusat-pusat budaya Prancis. Pemerintah Prancis juga menyediakan berbagai jenis kursus yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan Prancis, melalui lembaga kebudayaannya.

Kerjasama juga pernah terjalin antara pemerintah Republik Indonesia dan Republik Prancis melalui Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata RI dan Kementerian Ekonomi dan Industri Republik Prancis untuk mempromosikan kedua negara di bidang pariwisata, pengembangan sumber daya manusia dan kerjasama di sektor swasta. Kerjasama ini diharapkan akan dapat mendukung pembangunan Indonesia sebagai negara berkembang. Kemitraan melalui kerjasama di bidang pendidikan juga telah dilakukan Indonesia-Prancis mengingat semakin meningkatnya jumlah mahasiswa Indonesia yang menempuh pendidikan di Prancis. Guna mengikuti pendidikan tinggi di Prancis, mahasiswa Indonesia dituntut untuk memiliki kemampuan berbahasa Prancis pada tingkat B2 (untuk ilmu sosial) dan B1 (ilmu science). Kemitraan ini juga merupakan salah satu strategi dalam mengharmonisasikan lulusan pendidikan tinggi Prancis dan Indonesia dengan dunia kerja dan kewirausahaan yang semakin dinamis

Jika di negara-negara frankofon bahasa Prancis sudah sangat popular, tidak begitu halnya dengan di Indonesia, khususnya di Bali. Padahal persaingan saat ini sudah semakin ketat. Sudah semakin banyak ekspatriat (warga Prancis dan penutur bahasa Prancis) yang datang dan kemudian menetap di Indonesia, khususnya di Bali untuk mengembangkan usaha di berbagai bidang, mulai dari bisnis konvensional, pariwisata dan bidang jasa lainnya. Semakin banyak pula orang-orang Indonesia yang ingin datang ke negara tersebut maupun ke negara-negara seperti : Kanada, Belgia, Swiss dan sebagainya yang menjadikan bahasa Prancis sebagai bahasa resminya dengan berbagai tujuan jangka pendek maupun jangka panjang.

Karena demikian banyak perannya baik dalam diplomasi, ekonomi, pendidikan juga seni dan budaya sehingga membuat bahasa Prancis menjadi salah satu bahasa yang penting untuk menunjang studi dan karier serta membuka peluang untuk keberhasilan di pasar kerja.

 

Ni Kadek Sulistiawati

Guru privat Bahasa Prancis

To Top