Indonesia

Menikmati Pemandangan Hutan Pinus Gondosuli

Dua orang pengunjung menikmati pemandangan alam Hutan Pinus

Terlihat kabut tebal mewarnai sepanjang Jalan Raya Dungus menuju kawasan lereng Gunung Wilis, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Pagi itu, sinar matahari juga terus menembus celah pepohonan. Baik yang ada di dataran rendah maupun tinggi. Dari Kota Madiun menyusuri jalanan yang beraspal naik turun. Bahkan, berkelok-kelok dengan jarak tempuh sekitar 30 kilometer tak terasa telah sampai di wilayah Gondosuli, Kecamatan Kare.

Dataran rendah wilayah Kecamatan Kare ternyata menyimpan keindahan alam yang mudah dijangkau. Bahkan, dijadikan tempat berlibur dadakan. Hutan pinus yang dekat dengan pemukiman penduduk itu, setiap hari selalu dikunjungi wisatawan lokal. Namun jumlahnya tak sebanyak pada hari libur Sabtu dan Minggu.

Tempat yang bernuansa udara sepoi-sepoi nan sejuk dan didominasi hutan pinus itu, ternyata baru ditemukan oleh sejumlah pecinta alam. Bahkan, kini menjadi tempat wisata dadakan atau dapat dikatakan tujuan wisata baru oleh masyarakat luar Kecamatan Kare yang ingin menghabiskan waktu liburnya.

Kawasan hutan pinus itu, sangat cocok masuk kategori potensi wisata yang tengah dipersiapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Madiun. Untuk menikmati udara segar dengan pemandangan alam yang mempesona, setiap pengunjung tidak dikenakan tiket masuk. “Hanya saja dikenakan biaya parkir Rp 2.000 untuk sepeda motor, sedang kendaraan roda empat Rp 5.000. Untuk tiket masuk ke kawasan hutan pinus masih digratiskan,” kata Suparno,  seorang juru parkir.

Di kawasan hutan pinus itu, sebuah warung dadakan tengah dikerumuni oleh sejumlah warga yang tengah menikmati liburan bersama anggota keluarganya. Selain itu ada juga beberapa pengunjung yang pesan makanan dan minuman yang minta diantar ke lokasi yang disukai.

Bahkan ada juga yang duduk-duduk di hamparan rumput, di atas tikar/terpal maupun yang berkerumun ditempat-tempat duduk dari pohon pinus yang disediakan. Lokasi yang sejuk dan nyaman membuat setiap pengunjung menghabiskan waktunya untuk menikmati pemandangan alam baik perbukitan lereng Gunung Wilis, air sungai yang mengalir bahkan suara kicauan burung.

Tidak hanya duduk-duduk saja, terlihat banyak pengunjung yang selfie serta foto bersama dengan latar belakang pepohonan pinus serta lembah yang diterpa sinar matahari. Beberapa anak-anak kecil berlari-lari di hamparan rumput dibawah pohon pinus yang masih rindang.

Pengunjung dewasa ada juga yang menikmati ayunan dibawah pohon, sambil tertawa ria. Mereka puas berlibur di alam terbuka, yang merupakan kawasan hutan pinus yang berada di kaki Gunung Wilis Madiun. (Ajun Ally)

To Top