Pelesir

Mengunjungi Gunung Nokogiri: Buat Permohonan dengan Lempar Koin

Patung Budha berukuran besar yang disebut dengan Daibutsu di dinding batu Gunung Nokogiri

Kota Kanaya merupakan kota nelayan yang terletak di Chiba, Jepang. Alamnya indah memesona. Di wilayah ini terdapat beberapa kuil. Salah satunya kuil di puncak Gunung Nokogiri.

Gunung  ini dulunya dijadikan tempat penambangan batu oleh masyarakat. Di sekitar Gunung Nokogiri terdapat komplek kuil yang disebut dengan nama Kenkon-Zan Nihon-Ji. Kuil ini merupakan kuil tertua yang dibangun pada 725 M dan merupakan kuil tertua di Jepang. Saat ini kuil Nihon-Ji digunakan sebagai pusat ritual bagi Sekte Soto Zen.
Di komplek kuil ini terdapat sebuah patung Budha berukuran besar yang disebut dengan Daibutsu. Patung ini berdiri sejak tahun 1783 dengan ketinggian 30 meter. Patung ini dipahat langsung di dinding batu Gunung Nokogiri.

Selain berwisata, banyak pengunjung melakukan persembahyangan di kuil tersebut. Mereka melakukan doa untuk permohonan dengan pelempar koin serta meletakkan patung kecil di sekitar area sebagai simbol.

Selain Daibutsu, ada satu relief yang bernama Hyakushaku Kannon yang berada di celah gunung. Dua patung besar ini memang sangat menakjubkan dan menggambarkan betapa hebatnya orang zaman dulu hingga mampu membuat relief ini. Dari puncak gunung, terlihat teluk Tokyo dengan lalu lintas kapal yang sangat indah.

Sejumlah kuil juga menjadi tempat pemujaan para leluhur masyarakat Kanaya, yakni Kuil Hongakuji dan Kuil Kezoin. “Kuil ini menjadi tempat pemujaan nenek moyang kami disini,” ujar Ketua Panitia Bali Kanaya International Art Week 2016, Hiroshi Suzuki yang mendampingi peserta pertukaran budaya dari Bali mengetahui budaya yang berkembang di Jepang, khusus Kanaya. (Parwata)

To Top