Kuliner

Kerupuk Lemak Babi

Selain kerupuk kulit babi, ada juga kerupuk lemak babi.  Menu ini biasanya sering kita temui di penjual nasi babi guling.  Rasanya yang sedikit kenyal dan garing, serta enak juga dipakai camilan. Selain menjual kerupuk kulit babi, Bu Yuni juga menjual kerupuk  lemak babi. “Beda dengan pembuatan kerupuk kulit babi, pembuatan kerupuk lemak babi lebih mudah,” ujarnya. Bahkan, kata dia, jarang gagal.  “Biasanya, letaknya pada tepung berasnya saja. Kalau tepung berasnya bagus, kegaringan kerupuk lemak babi juga berpengaruh,” kata Bu Yuni. Selain itu, kata dia, minyak yang dipakai menggoreng, juga hanya sekali pakai sehingga warna dari kerupuk menjadi lebih jernih.

Ia mengatakan, ada dua pewarna yang digunakan, merah atau kuning. Tergantung selera. Namun, ia mengingatkan, untuk memakai pewarna makanan yang sudah ada dalam botol.

Untuk membuat kerupuk lemak babi caranya, lemak kulit babi dipotong tipis. Kemudian cuci lemak babi sampai bersih.   Potong-potong sekitar 5 cm.

Siapkan bumbu, yakni basa genap, lada, garam, dan  daun jeruk yang diiris.  Kemudian, masukkan bumbu ke dalam tepung beras yang sudah diberi pewarna makanan, bisa merah atau kuning sesuai selera.

Panaskan kompor dan siap menggoreng. Api untuk menggoreng harus sedang tidak  boleh terlalu  kecil atau  terlalu besar. Saat menggoreng juga harus sering diaduk-aduk agar tidak lengket.  Setelah mengering, angkat dan siap disajikan.  (wirati.astiti@cybertokoh.com)

To Top