Kolom

Mengenal Salah Satu Bahasa Asing Terpenting di Dunia

Ni Kadek Sulistiawati

Melanjutkan artikel berjudul “SELANGKAH LEBIH MAJU DENGAN MENGUASAI BAHASA ASING” yang telah dimuat di Tokoh edisi 920, maka salah satu dari berbagai bahasa asing yang patut untuk dipertimbangkan dewasa ini adalah Bahasa Perancis.

Bahasa Perancis merupakan salah satu dari rumpun bahasa Roman yang paling banyak dituturkan di dunia. Bahasa Perancis yang sering juga disebut ‘’le français atau la langue française’’ menjadi salah satu bahasa asing yang penting selain bahasa Spanyol, Italia dan Portugis dan dituturkan di berbagai belahan dunia. Bahasa Perancis juga dipakai sebagai salah satu bahasa resmi oleh organisasi-organisasi dunia seperti FIFA, PBB dan juga Uni Eropa.

Di sisi lain, dalam sebuah survei, beberapa kata dalam bahasa Perancis juga terpilih menjadi kata paling romantis di dunia. seperti salah satu contoh kata ‘’amour’’ yang telah berhasil menggusur kata ‘’amore’’ dalam bahasa Italia . Beberapa kata lain yang juga sering kita dengar seperti : rendez-vous, déjà vu, …

Belajar bahasa asing memang memerlukan sebuah ketekunan, namun bisa dipelajari seiring waktu. Bagi yang berminat mempelajari bahasa asing, khususnya bahasa Perancis, ada beberapa hal yang bisa dijadikan panduan untuk keberhasilan. Yang sangat penting diperhatikan adalah pengucapan. Pengucapan merupakan salah satu kunci keberhasilan seperti halnya mempelajari bahasa asing lainnya. Karena kesalahan dalam pengucapan bisa benar-benar membuat kalimat dan maknanya menjadi salah. Hal ini bisa dilatih dengan sering mendengarkan atau menonton film-film Perancis untuk memahami aksen. Pusat kebudayaan Perancis juga telah ada di beberapa kota di Indonesia di mana kita bisa memanfaatkan segala fasilitas yang disediakan. Untuk bisa mengucapkan dengan benar, kita tidak bisa hanya mengandalkan tulisan tetapi kita perlu mendengar.

Selanjutnya sebagai langkah awal perlu diketahui kata dan kalimat dasar dalam bahasa Perancis, seperti mengucapkan salam, menanyakan kabar, berkenalan dan menjawab pertanyaan tertutup. Ada satu hal yang istimewa dalam bahasa Perancis yang dikatakan salah satu bahasa tercantik di dunia, yaitu kata kerja dalam bahasa Perancis memerlukan konjugasi. Yang dimaksudkan dengan konjugasi adalah perubahan kata kerja sesuai dengan kata gantinya. Dalam hal ini, tata bahasa menjadi sama pentingnya dengan kosakata. Kedua hal ini akan saling mendukung. Menghafalkan kosakata dan memahami tata bahasa agar dapat menggunakan kosakata tersebut untuk membuat sebuah kalimat.

Dengan kemajuan teknologi saat ini, banyak yang bisa dijadikan penunjang untuk sebuah keberhasilan. Namun ada hal yang tidak disarankan dalam belajar bahasa Perancis atau bahasa asing lainnya, yaitu memanfaatkan penerjemah otomatis untuk menerjemahkan. Hal ini tidak disarankan karena ada beberapa ekspresi yang maknanya tidak dapat dipahami penerjemah otomatis.

Bagi yang sedang dan sudah mulai menguasai, biasakanlah berbicara dengan bahasa Perancis pada diri Anda sendiri saat tidak ada orang di sekitar kita. Hal ini dilakukan bukanlah bertujuan untuk pamer atau membuat orang kagum, tetapi dilakukan sebagai bentuk latihan untuk membantu diri kita dalam mengingat, baik kalimat maupun kosakata.

Bahasa Prancis adalah salah satu bahasa yang indah. Bersenang-senanglah dalam mempelajarinya!

 

Ni Kadek Sulistiawati

(Guru Privat)

 

 

 

To Top