Jelita

Kulit Segar Alami dengan Teh Hijau

Kulit wajah cantik dan segar bukan hanya diperoleh melalui polesan make-up. Cantik,juga bisa didapatkan dari makanan, nutrisi, pikiran yang bersih dan perawatan. Salah satu yang kini banyak digunakan untuk merawat kesehatan hingga kecantikan kulit secara menyeluruh adalah teh hijau.

Teh hijau, bukan hanya dinikmat dengan cara diminum karena kafeinnya rendah namun bahan alami teh hijau juga bagus digunakan untuk skin treatment (perawatan kulit). Bahkan teh hijau disebut-sebut mampu mencerahkan kulit dan berbagai manfaat lainnya. Untuk lebih jelasnya pekan lalu Tokoh  menemui  Rai Sariani, pemilik gaya Warna Spa Supplier di kantornya di kawasan Jalan Gunung Sanghyang, Kerobokan.

Rai membenarkan jika teh hijau kaya akan antioksidan yang tinggi dan alami. Hal ini menjadikannya memiliki cukup banyak manfaat bagi kecantikan dan kesehatan tubuh. Selain itu, teh hijau juga mempunyai kandungan vitamin, saponin, theophyline, theobromine dan lainnya yang dapat melawan infeksi serta membantu menjaga agar suhu tubuh kita tetap optimal.

“Manfaat teh hijau bagi kecantikan diantaranya dapat membantu memperlambat proses penuaan,  menekan kolesterol secara alami, mencegah keriput, mencegah kanker, melindungi kulit dari sinar matahari dan mengatasi jerawat. Kita dapat mengonsumsi dan menggunakan teh hijau dengan 2 cara, yaitu dengan cara diminum atau dengan menggunakan ampas teh hijau,” ujarnya.

Untuk perawatan sehari-hari, kata Rai banyak juga yang suka menggunakan teh hijau sebagai pembersih wajah. Salah satu cara yang sederhana selain meminumnya secara rutin bisa juga dengan menyeduh 1 hingga  2 kantung teh hijau kemudian didinginkan. Setelahnya, digunakan untuk mengompres wajah, terlebih usai terkena sinar matahari. Jika ingin memanfaatkannya sebagai facial scrub untuk melembutkan dan menghaluskan wajah, lakukan dengan cara mencampurkan 1 sendok teh cornmeal dengan teh hujau kemudian  gosokkan dengan lembut pada permukaan wajah.

Untuk perawatan  kulit agar tetap sehat dan cantik alami dengan antioksidannya  yang tinggi sangat membantu menyehatkan kulit dengan cara rutin minum teh hijau dan menggunakannya sebagai  lulur atau body scrub. Jika ingin membuatnya sendiri juga bisa, dengan caranya: bubuk teh hijau dikombinasikan dengan minyak kelapa serta gula putih. Setelah diaduk hasilnya dioleskan ke seluruh tubuh dan gosok perlahan sampai bersih. Setelah mandi upayakan juga jangan lupa mengenakan body lotion , sebagai perlindungan dari efek radikal bebas dan kulit kusam. Gunakanlah body lotion sehari-hari setelah mandi supaya terserap oleh kulit lebih cepat.

‘Teh hijau juga dapat menyehatkan dan menghaluskan rambut  karena mengandung polifenol, vitamin E dan vitamin C. Caranya dengan membuat bilasan rambut menggunakan 3- 4 kantong teh hijau dicampur 500ml air dan gunakan ini untuk bilasan terakhir setelah keramas dengan sampo dan kondisioner,” ungkap Rai.

Sementara bagi mereka yang memiliki masalah dengan kantung mata atau saat ketika kurang tidur, juga bisa ditanggulangi menggunakan teh hijau ini. Caranya dengan  menyeduh teh hijau murni dengan air panas selama 10 menit, setelahnya simpan ke dalam lemari es. Selanjutnya, celupkan kapas ke dalam larutan teh dan  tempelkan pada kelopak mata sekitar 5 -10 menit.

Begitu juga untuk menyegarkan nafas, karena  teh hijau dapat membantu menghambat pertumbuhan bakteri dan virus yang mengakibatkan penyakit gusi dengan cara mencuci mulut dengan konsentrasi tinggi teh hijau.

Kemudian yang terakhir, disamping antioksidannya yang alami teh hijau pun mengandung senyawa yang disebut tehanine, yaitu asam amino yang membantu mengurangi stress atau kecemasan dan anti depresi. Agar memperoleh hasil yang maksimal sebaiknya menyeduh teh hijau daripada menggunakan kantong tehnya. Ini bukan hanya menambahkan rasa tapi juga memungkinkan pelepasan antioksidan lebih banyak. (sri.ardhini@cybertokoh.com)

.

 

To Top