Bunda & Ananda

Fenomena Gunung Es Kanker Serviks

Kegiatan sosial see and treat (IVA-Cryo) yang dilakukan RSIA Puri Bunda, Minggu (23/10)

Kasus kanker serviks yang terjadi pada kaum perempuan harus segera ditangani. Satu dari 500 perempuan menderita kanker ini. Kebanyakan dari mereka yang sudah terjangkit, datang ke petugas medis dalam kondisi parah. Untuk mengatasinya, bisa dilakukan dengan see and treat (IVA-Cryo), seperti yang dilakukan RSIA Puri Bunda, Minggu (23/10).

Menurut dr. Made Suyasa Jaya, Sp.OG (K), metode IVA memakai asam asetat yang dioleskan di mulut rahim, ditunggu beberapa detik, dan hasilnya pun akan langsung terlihat. “Kalau ada kecurigaan adanya sel-sel kanker, langsung pakai cryo terapi. Teknik IVA dan cryo adalah teknik untuk program massal karena kelebihannya, hasil langsung dapat terlihat, selain juga lebih simple dan sangat efektif. Namun secara individu, para ibu dapat melakukan pap smear di dokter kandungan, klinik, dll,” ujar pendiri RSIA Puri Bunda yang juga Ketua Dewan Pertimbangan POGI Bali ini.

Teknik Pap Smear, IVA, Cryo, termasuk dalam upaya pencegahan sekunder, namun lebih dari itu, upaya yang lebih efektif lagi untuk mencegah kanker serviks adalah dengan melakukan pencegahan primer yaitu vaksinasi. “Satu-satunya kanker yang ada vaksinnya adalah kanker serviks, namun kendalanya, biaya vaksin tinggi,” ujarnya.

Pria yang akrab disapa Dokter Kadek ini mengatakan kasus kanker serviks ibarat fenomena gunung es. Kasus yang dilaporkan jumlahnya kecil padahal jumlah penderita cukup banyak. Satu dari 500 perempuan mengalami kanker serviks. Salah satu gejala khas dari kanker ini biasanya terjadi pendarahan saat kontak seksual.

Ketua Panitia HUT ke-13 RSIA Puri Bunda dr. Wayan Dharma Artana, Sp.A (K) menambahkan see and treat diikuti 250 peserta. “Salah satu misi RSIA Puri Bunda berbagi dengan masyarakat dengan harapan bisa ikut memberikan edukasi kepada masyarakat, berbagi kepada masyarakat, khususnya anak-anak dan ibu-ibu,” jelasnya seraya mengatakan tema yang diusung adalah “Lets Grow with Puri Bunda: Bertumbuh Bersama Puri Bunda, Wujudkan Generasi Emas”. (ngurahbudi@cybertokoh.com)

To Top