Jelita

Tips Rambut Sehat

Setiap perempuan tentu menginginkan rambutnya terlihat sehat, indah, dan berkilau. Namun, tidak semua perempuan memilikinya maupun mampu merawat rambut agar selalu tampil sempurna.

Suatu saat terlihat seseorang tampil dengan rambut kusam dan sulit diatur. Untuk itu, Tokoh mendatangi Adi Salon & Spa di kawasan  Jalan Letda Tantular Renon,Denpasar. Dan simaklah  apa saja yang perlu diperhatikan dan di lakukan dalam merawat raqmbut sehari-hari sehingga rambut selalu dalam kondisi yang baik.

Menurut Pariadnyani Melati sang pemilik salon, ada beberapa hal yang perlu diperhatin agar rambut bertahan dalam keadaan sehat dan indah, diantaranya :

Hindari berada di bawah terik matahari secara berlebihan. Hal ini karena sinar matahari bisa merusak kulit, berarti juga bisa merusak kulit kepala kita. Sinar matahari berlebihan dapat membuat rambut menjadi kering dan rusak. Untuk itu, jangan lupa gunakan topi atau payung ketika ada satu aktivitas yang mengharuskan  berada di bawah sinar matahari dalam waktu yang cukup lama.

Cuci rambut atau keramas perlu untuk membuat rambut menjadi bersih dan kuat. Baik jika dibiasakan keramas dua hari sekali dan jangan terlalu sering . Upayakan pula setelah sampo juga rajin menggunakan kondisoner, agar dapat menekan rambut menjadi kusut dirambut serta lebih mudah menyisirnya.

Jika usai keramas dan ingin menyisir rambut maka gunakan sisir  yang ruasnyajarang. Kemudian saat mengeringkan rambut, sebaiknta tidak dengan cara menggosok memakai handuk, melainkan cukup dengan di tepuk –tepuk saja.

Sedangkan bagi mereka yang hobi atau gemar berenang, baik itu di kolam maupun di pantai , tutup kepala adalah wajib dikenakan, jika memang ingin menjaga keindahan rambutnya.

Memotong  rambut secara berkala, disarankan bagi mereka yang ingin mengatasi rambut rontok.  Sebab, potong rambut dapat menghilangkan ujung rambut yang pecah sekaligus mengurangi rambut rontok ketika di sisir.

Ketika suatu saat ada kegiatan yang mengharuskan menata rambut dengan alat catok serta mengeringkan rambut dengan hair dryer, jangan lupa merawat rambut dengan serum rambut atau vitamin agar tetap sehat dan tidak kering.

 Selanjutnya , dikatakannya keliru jikakita  berpikir bahwa rambut yang diikat akan membantu menekan  rambut rontok.  Justru jika ikatannya terlalu ketat , menjadikan rambut stres, akarnya mengalami pelemahan dan kondisi ini cenderung akan membuat rambut rontok.
Sementara bagi rambut yang sudah rusak akibat pewarnaan, perlu ada perawatan khusus, untuk mengatasi masalah-masalah pada rambut demi mengambalikan kemilau rambut.

 Berikutnya, Pariadnyani Melati membicarakan tentang salah satu persoalan rambut yang mungkin kita alami adalah rontok. Rontok memang tak terjadi secara begitu saja. Pemicu kerontokan ada beragam. Mulai dari usia, kondisi stres dan berbagai hal  terkait kesehatan seseorang sampai pada akibat faktor genetik sehingga menjadikannya lebih rentan alami kerontokan.

Persoalan rambut rontok merupakan salah satu hal yang dikhawatirkan oleh para perempuan. Bahkan kerontokan juga bisa terjadi pada laki-laki yang mungkin saja mengakibatkan kebotakan. Terhadap terjadinya kerontokan,  ada yang mengatakan akibat kurang gizi atau diet yang  terlalu ketat sehingga kerontokan rambut pun tidak dapat dicegah.

Sayangnya ,mengembalikan pola makan menjadi sehat kembali tidak cukup untuk menumbuhkan rambut, meski kerontokannya bisa dihentikan. Namun, apapun penyebabanya yang pasti kerontokan hingga mengakibatkan pitak ataupun kebotakan tentu akan sangat mengganggu penampilan.

Makanya, kita semua wajib menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Sebab, rambut hanya salah satu bagian dari tubuh. Jika kita ingin mengatasi rambut rontok hendaknya  juga menjaga kesehatan seluruh tubuh. Kondisi yang ada di tubuh dengan mudah akan mempengaruhi pertumbuhan rambut.

Saat ini, kata Pariadnyani Melati , bagi mereka yang ada masalah kerontokan  hingga mengakibatkan kebotakan, termasuk menutupi dahi yang lebar atau nonong, tidak perlu khawatir. Ada metode yang aman dan sangat praktis dan dengan teknologi sangat canggih untuk penanganannya. Metodenya bernama hair shading atau metode sulam rambut.

Menurut Pariadnyani Melati sulam rambut adalah proses menambahkan atau mengisi kekosongan bagian tertentu, seperti bulu-bulu halus di area kepala. Dengan metode ini sekaligus juga berfungsi menjadikan wajah berkesan kecil dan  istimewa disamping rambut akan terlihat banyak dengan kesan yang natural.

Hanya saja katanya perlu diperhatikan, bahwa setelah sulam rambut, kita jangan keramas 3 hari. Apalagi , kalau yang mengerjakan memang mahir atau sudah mumpuni , maka sulam rambut ini sangat aman dan dan tampilan rambut baru ini pun dapat bertahan cukup lama yakni mencapai  5 tahun.(sri.ardhini@cybertokoh.com)

To Top