Kolom

Penting bisa Public Speaking, bisa Public Speaking Penting

Ida Ayu Damayanthi Putri S

Setiap orang bisa berbicara, tapi masih sebagian yang mampu meramu kata-kata dalam  bahasa yang indah dan menarik orang untuk mendengarnya. Karenanya dengan bahasa yang simpel mungkin bisa dikatakan public speaking berarti kemampuan kita berbicara dengan memainkan bahasa di depan umum.

Keterampilan (skill) berbicara di depan umum atau lebih dikenal dengan sebutan “public speaking” merupakan keahlian terkait kepada siapa kita akan bicara dan bagaimana menyampaikannya ini mesti bukan hanya mesti dimiliki oleh civitas akademika utamanya mahasiswa tapi juga semua profesi.

Kita para mahasiswa yang disebut sebagai agent of change sudah seharusnya  menguasai keahlian ini sebab apa yang menjadi ide–ide kita bisa menjadi konsumsi umum. Sebenarnya menurut para senior kami di dunia komunikasi selain public speaking keahlian menulis pun wajib kita miliki (yang ini lebih sulit lagi dengan bentuk pelatihan tersendiri).

Begitu juga  public speaking tidak cukup hanya dengan bakat, tetap diperlukan latihan dan latihan. Public speaking bukan kemampuan yang bisa dipelajari tanpa  latihan yang cukup. Untuk bisa mengembangkan  public speaking kita dengan baik, diperlukan lathan dan belajar yang cukup serta jam terbang  dalam berbicara di depan umum. Sekarang coba  tanyakan pada diri kita masing-msing apakah berbicara di depan umum merupakan  sesuatu yang kita lakukan setiap hari atau malah hanya beberapa kali dalam setahun.

Saya ingat dari membaca beberapa buku yang membahas public speaking, untuk menguasai keterampilan ini salah satunya adalah wajib rajin membaca.Sebab,   dengan membaca akan mendidik serta meningkatkan kosa kata yang berarti juga akan menambah kemampuan kita meramu bahasa.

Bagi saya kemampuan public speaking ini masih lebih sulit dikuasai daripada kemampuan presentasi. Misalnya ketika kita bertugas melakukan presentasi, kita  masih bisa menyiapkan materi ditambah sejumlah properti penunjang. Namun  tidak begitu dengan public speaking. Kita semua harus siap menyampaikan sesuatu ide atau informasi lainnya dalam kondisi dan pendukung yang ada sekalipun terbatas.

Keterampilan public speaking ini juga akan sangat menunjang karier seseorang. Terutama yang dalam  menjalankan profesinya harus bertemu dengan banyak orang karena tanpa kemampuan persuasif yang baik, akan sulit menjalin networking.

Menurut Ys. Gunadi dalam Himpunan Istilah Komunikasi, public speaking adalah komunikasi yang dilakukan secara lisan mengenai suatu hal atau topik di hadapan banyak orang dengan tujuan mempengaruhi, mengajak, mendidik, mengubah opini, memberikan penjelasan, dan memberikan informasi kepada masyarakat di tempat tertentu (Anggriadi, 2013).

Begitu juga dengan tulisan lainnya termasuk di halaman Wikipedia, bisa kita tangkap bahwa  public speaking ini sifatnya dinamis dan tidak kaku. Bahwa public speaking menjadi suatu langkah bagi kita untuk menyampaikan ide maupun gagasan di hadapan banyak orang. Karenanya, orang dengan pendidikan tinggi belum tentu mudah diterima untuk bekerja di sebuah perusahaan, jika tidak mampu berkomunikasi dengan baik di depan umum.

Kita semua juga tahu bahwa banyak orang sukses berawal dari good speaker. Ini juga sesuai dengan tuntutan zaman dan teknologi yang terus berkembang berbagai profesi dan persaingan di dunia kerja pun kini memerlukan kemampuan public speaking.

Tujuan public speaking sebenarnya jika dipilah menjadi 3 poin yakni :

  1. Selaku pemberi informasi. Dimana kita pada posisi ini hanya memberikan pesan tanpa meminta feedback dari para penerima pesan.
  2. Selaku orang yang berupaya mempengaruhi, influence untuk mengarahkan seseorang sesuai dengan apa yang kita inginkan.
  3. Selaku orang yang berupaya supaya orang lain mau dan ikut   Pesan yang disampaikan disini bertujuan untuk diikuti atau menjadi panutan bagi orang yang mendengar. Biasanya di sini public speaker

menjadi  panutan bagi orang banyak.

Jadi bisa kita simpulkan secara sederhana bahwa seseorang yang mempunyai kemampuan public speaking yang baik, adalah  mereka yang mampu menyampaikan pesan kepada  orang banyak, dan pesannya sampai sesuai dengan apa yang ingin disampaikan.

Ida Ayu Damayanthi Putri S

Mahasiswa Magister Media dan Komunikasi

Universitas Airlangga Surabaya

To Top