Edukasi

BCA Serahkan Beasiswa pada Mahasiswa Berprestasi Unud

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) melalui dana kepedulian sosial secara berkesinambungan memberikan dukungan pengembangan pendidikan dan peningkatan sumber daya manusia di Indonesia, yakni pemberian beasiswa terhadap mahasiswa berprestasi.

     Chief Manager Pengembangan Solusi BCA Sapto Rachmadi di sela penyerahan beasiswa kepada mahasiswa Universtas Udayana (Unud) di Sanur, Sabtu (29/10)  mengatakan kegiatan ini adalah program “Beasiswa Bakti BCA” kepada mahasiswa berprestasi Indonesia. Kali ini pihaknya melanjutkan pemberian beasiswa kepada mahasiswa berprestasi dari Universitas Udayana Denpasar. Beasiswa Bakti BCA senilai Rp250 juta diserahkan secara simbolis kepada Kepala Unit Pengembangan Beasiswa Universitas Udayana I Nyoman Wijaya.

Sapto lebih lanjut mengatakan selain menyerahkan beasiswa, pihaknya juga mengadakan mentoring dan pelatihan kepada para penerima beasiswa yang diselenggarakan selama tiga hari sejak 28-30 Oktober 2016.

     Dikatakan, sejak tahun 1999, program Beasiswa Bakti BCA sudah hadir sebagai wujud nyata komitmen perusahaan perbankan untuk mendukung pengembangan pendidikan di Indonesia dalam bentuk pemberian bantuan beasiswa di bidang pendidikan bagi mahasiswa berprestasi yang membutuhkan dukungan secara finansial.

     “BCA percaya bahwa mahasiswa berprestasi memiliki potensi luar biasa yang harus di dukung pengembangannya. Oleh karena itu sejak tahun 1999, kami telah bekerja sama dengan berbagai perguruan tinggi untuk menyediakan beasiswa bagi mahasiswa berprestasi sehingga mereka dapat fokus menimba ilmu tanpa kekhawatiran akan kebutuhan finansial,” ujarya.

     Sapto menjelaskan dengan Universitas Udayana mulai bekerja sama mulaitahun 2009. Pada tahun 2016 memberikan beasiswa kepada 20 mahasiswa, dan sejak tahun 2009 hingga 2016 BCA telah memberikan beasiswa kepada 115 mahasiswa.

     “Dukungan kami kepada mahasiswa berprestasi tidak berhenti pada dukungan material, melainkan BCA secara aktif memberi bekal kemampuan mahasiswa yang dibutuhkan saat menempuh jenjang perguruan tinggi bahkan lebih lagi ketika mahasiswa nantinya memasuki dunia kerja,” ucapnya.

     Oleh karena itu, kata dia, para penerima beasiswa dari Universitas Udayana diberikan pelatihan sesuai dengan disiplin ilmu, sehingga nantinya mampu bersaing dalam dunia kerja, terlebih menghadapi masyarakat ekonomi ASEAN (MEA).

     Ia mengatakan para penerima beasiswa tersebut berkesempatan untuk tukar pengalaman dari manajemen BCA serta almamater Universitas Udayana yang sukses meniti karir di perusahaan tersebut. Selain itu, mereka juga berkesempatan untuk melihat langsung unit kerja, mulai dari operasional frontliner (teller dan CSO), pendukung operasi, pemasaran, analis kredit, keuangan, hukum, logistik, pengembangan sumber daya manusia (PSDM) dan lainnya.

     “Dengan mendengarkan sharing dan melihat langsung diharapkan mahasiswa memiliki gambaran mengenai dunia kerja, sehingga semakin bersemangat ketika mempelajari bidang studinya saat ini,” ujarnya.

     Sementara Kepala Unit Pengembangan Beasiswa Universitas Udayana Prof Dr. I Nyoman Wijaya mengapresiasi yang dilakukan perusahaan BCA untuk mendukung pengembangan pendidikan di Indonesia.

     “Saya selaku civitas Unud mengucapkan terima kasih kepada BCA yang telah memberikan bantuan kepada mahasiswa berprestasi. Dengan demikian diharapkan nantinya alumni Unud akan mampu berperan dalam dunia perbankan,” katanya.

     Ia mengatakan prosentase mahasiswa yang mendapatkan bantuan pendidikan (beasiswa) sudah memenuhi ketentuan seperti yang diharapkan sebesar 20 persen dari jumlah mahasiswa di perguruan tinggi tersebut.

     “Kalau melihat prosentase, Unud telah memenuhi ketentuan bahwa perguruan tinggi minimal mendapatkan beasiswa sebesar 20 persen. Oleh karena itu kami berharap perusahaan lain juga dapat membantu di bidang pendidikan melalui bantuan beasiswa,” katanya. – wirati astiti

To Top