Kuliner

Aneka Pasta Lezat

Pasta campur

Anda tentu  mengenal pasta. Makanan asal Italia ini  sudah dikenal banyak masyarakat Indonesia. Bahkan, malah menjadi favorti kaum muda.  Pasta merupakan makanan olahan yang dibuat dari tepung terigu, olive oil, telur, dan garam yang dibentuk menjadi variasi ukuran dan bentuk.

Pasta dijadikan berbagai hidangan yang lezat setelah dimasak dengan cara direbus dan diberi aneka bumbu. Di Indonesia jenis pasta yang popular spageti, macaroni, dan lasagna.

Restoran Stiff Chill Gelato yang berlokasi di Jalan Hayam Wuruk ini, menampilkan membuat pasta yang unik. Menurut pemiliknya,   Putri Girindrawardani,  pasta  yang disajikan di restorannya sangat alami. Artinya, ia tidak memakai bahan pengawet ataupun pewarna sintetis. Ia membuat aneka pasta dengan warna-warni dari pewarna alami.  “Untuk warna kuning saya memakai kunyit, warna oranye dari tomat, warna  hijau memakai bayam dan lombok hijau besar,  warna pink dari beetroot, dan warna hitam dari tinta cumi,” ujar perempuan yang bersuamikan lelaki asal Italia ini.

Untuk pembuatan  pasta ini, ia mencampur semua bahan yang terdiri dari tepung, telur, olive oil, dan pewarna alami.  Setelah menjadi satu adonan, kemudian dipipihkan sesuai ketebalan yang diinginkan. Kemudian dicetak  sesuai keinginannya, entah untuk dibuat spageti, macaroni, fetucini, marmadele atau yang lainnya. Kemudian pasta ini ditaruh di tempat yang teduh dan diangin-anginkan sampai menjadi kering.  Saat akan digunakan, pasta kering ini tinggal direbus dan diberi bumbu atau saus sesuai kreasi menu yang diinginkan.

Salah satu menu andalan Stiff Chill Gelato adalah fettucini ciocara dan black spaghetti with smoked marlin cream sauce. Fettucini ciocara terdiri dari campuran beberapa pasta dengan warna-warni yang menarik ditambah bacon, tuna, dan jamur.

Menurut Putri Girindrawardani, cara memasaknya sangat mudah,  aneka pasta hanya dimasak dengan tambahan bumbu, bawang putih cincang, garam, dan merica.  Makanan ini sudah siap disantap dengan potongan  cabai rawit hijau  bagi Anda yang suka pedas.

Ia menambahkan, untuk rasa memang ia sudah cocokkan dengan lidah orang Indonesia sehingga rasa pasta ini bisa diterima oleh semua kalangan, baik anak-anak maupun orang dewasa. “Jika suka pedas, kita tinggal memasukkan potongan cabai rawit hijau ke dalam pasta. Setelah diaduk-aduk dan rasa menyatu, siap dinikmati,” ujarnya.

Untuk menu pasta, black spaghetti with smoked marlin cream sauce, lebih unik lagi. Bentuk pasta ini seperti mi dan warnanya hitam legam. Namun, Anda tak usah khawatir karena rasanya sangat lezat.  Pasta ini dipadupadankan dengan seafood agar lebih menyatu karena ada kandungan tinta cumi di dalam pasta. “Tambahan krim di dalam pasta, membuat rasa  pasta ini menjadi  lebih gurih,” ujarnya.  wirati.astiti@cybertokoh.com

To Top