Indonesia

Dinsos Ngawi Gelar Pelatihan

Untuk memberi keterampilan pada masyarakat perlu diadakan pelatihan. Hal ini dilakukan Dinas Sosial dan Transmigrasi Ngawi dengan mengadakan pelatihan ketrampilan bagi masyarakat usia produktif. Pelatihan digelar selama 30 hari.

Kesempatan inipun digunakan sebaik-baiknya oleh calon masyarakat. “Pelatihan akan dilaksanakan tiap tahun oleh Dinsos. Kami berharap ini bisa terekspos dan diketahui masyarakat,” papar Sunarto, S.Sos, Kepala Dinas Sosial dan Transmigrasi Ngawi di kantornya.

Ia berharap pelatihan bermanfaat bagi orangtua yang ingin anaknya memiliki keterampilan namun tidak memiliki dana untuk ikut kursus. Kegiatan yang dilaksanakan Dinsos tidak berbayar alias gratis. Untuk gelombang pertama, program pelatihan untuk kecantikan dan bengkel.

Menurut Yeni dan Mariana dari  lembaga pendidikan Kencana Dwi Ngawi, pelatihan kecantikan yang diberikan antara lain cuci rambut, blow, creambath, smoothing, toning dan macam perawatan rambut lain. Gelombang kedua akan dilaksanakan pada Oktober nanti.

Sunarto menambahkan  di era  pasar bebas Asia, masyarakat harus mempersiapkan diri dengan mempunyai skill tertentu, karena pengusaha luar negeri dari perdagangan bebas yang masuk memakai tenaga-tenaga yang kompeten, siap pakai. Selain itu juga bahasa asing juga harus dikuasai,” tegas Sunarto. -Eko Setiyowati

To Top