Jelita

Cantik Alami dengan Inner Beauty

Byang Mangku Hypno

Inner Beauty terkait erat dengan kecantikan yang terpancar dari dalam diri seorang perempuan dengan daya tarik alami dan kharismatik, dengan satu hal terpenting yang menyertainya adalah ketulusan. Dengan ketulusan, bersikap apa adanya , akan membuat seseorang nyaman dimanapun serta kapanpun. Nyaman dan aman tanpa syarat. Demikian disampaikan Byang Mangku Hypno, salah seorang pakar Hypno Beauty saat ditemui di Center Brahma Kunta, pekan lalu.

Sebagai contoh dikatakannya, perempuan yang secara fisik biasa saja, namun memiliki banyak sahabat, selalu dirindukan, dikasihi, dan membuat  para sahabatnya  nyaman dan menyayanginya dengan tulus. Tapi, ada juga perempuan yang beruntung dikaruniai daya tarik dan kharisma secara alami.

Selanjutnya dengan gamblang Byang Mangku memaparkan perihal inner beauty. Bahwa Inner Beauty (IB), katanya meliputi 4 kecerdasan yaitu : Pertama, .IQ (intelegentia quotient) ; kecerdasan atau kemampuan berpikir dalam membuat keputusan yang tepat. Kedua, EQ (emotional quotien); Sensitifitas atau insting terhadap kesempatan yang ada. Ketiga, SQ (spiritual quotien) ; Kecerdasan untuk  mendapatkan resistensi (meredam ledakan emosional / energi negatif dalam menjalani kehidupan . Keempat, CQ (cosmic quotien ); Kemampuan untuk menyelaraskan diri terhadap situasi dan kondisi nyata yang dialami dalam kehidupan nyata.”Keempat kecerdasan inilah yang akan menghasilkan sebuah kecerdasan holistik dan disebut AQ (advercity quotien) yaitu; kemampuan seseorang untuk mengatasi segala fenomena kehidupan / daya tahan terhadap kesehatan, kesuksesan, keberlimpahan kasih sayang dan harta, lalu bahagia,”   tuturnya.

Hal sederhana yang dapat dilakukan dalam keseharian untuk memperoleh dan mempertahankan inner beauty dan bisa dijadikan kriteria untuk membangkitkannya adalah ; (1) Fisik, tidak harus identik dengan mata belok, hidung mancung dan lainnya. Namun, bagaimana seorang perempuan mampu bersyukur padaTuhan, dengan jalan menjaga dan merawat raga. Ini karena Tuhan telah bermurah hati memberi raga yang utuh dan berfungsi sebagaimana mestinya. (2) Kepribadian ,terkait sikap mental positif , matang dalam berpikir, bertanggung jawab dan mampu mengendalikan diri. (3) Indipenden / kemandirian;  terbukti

kemandirian membuat perempuan semakin cantik, mampu membina mental menjadi kuat, tegar, serta bermanfaat bagi lingkungannya.(4) Spiritual; mampu menggiring perempuan memiliki pola pikir yang hebat dan mulia, mematuhi norma dan nilai di masyarakat. Dengan begitu perempuan lebih percaya diri, semakin anggun, cantik, dan bermartabat. (5) Harmoni, inilah yang menyempurnakan sehingga inner beauty menetap disetian perempuan  (interpersonal relationships skill) keterampilan untuk membina hubungan antar manusia secara harmonis dan luwes dalam bergaul.

Byang Mangku juga mengatakan, dengan memiliki inner beauty seorang perempuan akan mau dan mampu menerima diri apa adanya, selalu berusaha menggali potensi diri. Memberdayakan diri melalui pikiran karenan pikiran positif akan membuat perempuan bermanfaat bagi lingkungannya. “Hypno Beauty merupakan salah satu cara terdahsyat untuk membangkitkan inner beauty, melalui metode hipnosis. Perempuan bisa dengan mudah mengubah mindset agar memperoleh dan mendapatkan pancaran inner beauty-nya,” ucap Byang Mangku.

Hypno Beauty , katanya merupakan metode memaksimalkan potensi diri agar perempuan menjadi cantik luar dalam melalui kekuatan pikiran. Hypno Beauty dapat mengoptimalkan fungsi zat kimiawi otak sehingga jumlah hormon yang diproduksi dapat terjaga dan bagian terpenting dari otak mendapat cukup asupan. Hormon yang mampu meningkatkan vitalitas hidup,kecantikan dan kesehatan lahir batin antara lain ;

  1. Endorphine; membuat hati senang , ceria, semangat dan memiliki motivasi
  2. Encyphalein; membuat perasaan menjadi tenang, nyaman, dan lebih fokus.
  3. Beta-Endorphine; membuat hati tidak mudah putus asa, cengeng, malu, ini membangkitkan kepercayaan  diri.
  1. Melatonine; membuat mata lelah, ngantuk, sayup , malas, dan nyaman. Hormon ini dapat mengatur prilaku dan katup emosi sehingga menjadikan Anda  pribadi yang lebih nyaman, bahagia dan percaya diri.

Untuk tahapan dalam Hypno Beauty, dari pengalaman serta hasil berpraktik di berbagai wilayah Indonesia serta kunjungan pasien dari manca negara, langkah-langkah yang biasa dilakukan di center Brahma Kunta adalah sebagai berikut;

  1. Tahap Pre- Talk, tahap penggalian informasi dan masalah, atau menemukan pemicu jika memiliki trauma.
  1. Tahap Pre- Induction , dimana sugesti mulai disiapkan untuk nantinya dimasukkan kealam bawah sadar, sesuai disease (masalah) dan distress (akibat  dari permasalahan) untuk semua masalah yang dihadapi.
  1. Tahap Induc”on , dimana seseorang diantar menuju gelombang theta ; kondisi subjek dibuat mengantuk, nyaman , diantar memasuki alam relaksasi dan  sejenak melupakan realita yang dialami.
  1. Tahapan Hipnosis, tahap dimana seseorang dalam keadaan atau kondisi  setengah bangun dan setengah tidur, berada pada gelombang theta (heavy  trance)
  1. Tahapan PostHypnotic Suggestions, tahap diberikan sugesti positif pasca  proses hypnosis ,yang diharapkan terus menerus menetap dialam bawah sadar  seseorang dan mampu memberikan perubahan saat ia terbangun, dan sugesti  yang diberikan memiliki tujuan agar prilaku tetap terbentuk sesuai harapan
  1. Tahap Termination, tahap seseorang yang dalam kondisi terhipnosis dibangunkan dan dibawa kembali kealam sadar.

“Inner beauty terlihat pada bahasa tubuh seseorang karena merupakan cerminan  jujur apa yang dirasakan di dalam hati. Tatap mata yang tajam, bahu tegak, selalu tersenyum mengungkapkan bahasa tubuh yang dinamis. Seseorang akan terlihat begitu nyaman melakukan segala aktivitasnya tanpa ada keraguan dan tidak ada bagian tubuh yang menunjukkan ketertekanan,” terang Byang Mangku.

Menurut Byang mangku, selalu dan penuhi diri dengan rasa syukur. Menjadi diri sendiri adalah hal terbaik. Meningkatkan potensi diri adalah sebuah tanggung jawab. Kemudian berpikir, berkata serta berprilaku yang baik haruslah tetapdijaga. “Berteman dengan orang-orang yang berpikir positif dapat membantu kita termotivasi,” ucapnya mengakhiri obrolan dengan Tokoh. – sri.ardhini@cybertokoh.com

To Top