Edukasi

TUK Agung Gelar Uji Kompetensi Gratis

Ibu Agung (kiri) berkesempatan berfoto bersama dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.AP., dan Direktur Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini, R. Ella Yulaelawati R., M.A., Ph.D (kanan)

Mendukung “Denpasar Kota Kompeten” dan “Gerakan Indonesia Kompeten”, Tempat Uji Kompetensi (TUK) Agung kembali akan menggelar Uji Kompetensi selama 4 hari. Yakni, Uji Kompetensi Tata Rias Pengantin Bali Modifikasi, Kamis 27 Oktober 2016; Uji Kompetensi Tata Kecantikan Kulit, Jumat 28 Oktober s.d. Sabtu 29 Oktober 2016; dan Uji Kompetensi Tata Rias Pengantin Bali Agung & Madya, Minggu 30 Oktober 2016. Peserta kali ini diikuti oleh beberapa lembaga kursus dan pelatihan yang bergerak di bidang tata kecantikan di antaranya dari Denpasar, Gianyar, Tabanan, Singaraja, Klungkung, bahkan dari luar Bali, yakni dari Jambi terdaftar 16 peserta.

foto-2

Ibu Agung bersama Kabid Bina Program Dikpora Kota Denpasar (kiri) usai menerima Penghargaan dalam Hari Aksara Nasional di Palu

“Tata rias pengantin menjadi salah satu bidang/sektor yang menjadi prioritas dalam sektor pariwisata yang harus ditingkatkan dan didukung. Dan, uji kompetensi ini merupakan penilaian pencapaian kompetensi akhir dari sebuah proses pembelajaran yang diikuti peserta didik,” ucap Direktur Pembinaan Kursus dan Pelatihan Dr. Yusuf Muhyiddin, M.Pd., saat membuka Uji Kompetensi Tata Rias Pengantin Bali yang menyabet Rekor MURI dengan peserta terbanyak, 3 Juni 2016 lalu.

Hal senada juga disampaikan Wali Kota Denpasar IB Rai D. Mantra saat itu. Bahwa, sertifikat uji kompetensi ini penting untuk keberlangsungan ke depan. Sertifikat uji kompetensi ibaratnya SIM (surat izin mengemudi), yang dalam hal ini, surat izin untuk berusaha sesuai dengan kompetensi/keahlian masing-masing. “Nanti ke depannya, hal ini akan dipersyaratkan baik oleh negara-negara Asean, perizinan pun demikian. Jika mau membuka salon atau usaha lainnya, harus punya sertifikat kompetensi dulu. Jika tidak ada, tidak bisa buka usaha,” ucap orang nomor 1 di Denpasar tersebut.

Untuk itu, Dr. Dra. Anak Agung Ayu Ketut Agung, M.M., Ketua Tempat Uji Kompetensi (TUK) Agung sekaligus Pimpinan Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Agung, mengimbau kepada para pemilik salon, praktisi, dan mereka yang memiliki usaha di bidang tata rias, yang belum mengantongi sertifikat uji kompetensi, untuk segera mendaftar ke Sekretariat TUK Agung.

“Kami sangat berterimakasih kepada Ditbinsuslat Kemendikbud dan Pemkot Denpasar yang selalu siap mendukung upaya-upaya mencerdaskan bangsa melalui proses pendidikan khususnya di bidang tata rias, dengan memberikan beasiswa uji kompetensi ini,” ucap Ibu Agung saat ditemui di TUK Agung, sepulangnya dari Palu untuk menerima penghargaan dalam Puncak Hari Aksara, Kamis 20 Oktober 2016.

3.Kegiatan Ibu Agung melestarikan budaya Bali dalam bidang tata rias mendapat dukungan penuh dari Kelompok Media Bali Post dan Viva Cosmetics. Tampak Ibu Agung berfoto bersama Ny. Sri Utari Naradha (berdiri kiri), beserta owner Viva Cosmetics Theresia I. Kuntjoro (berdiri tengah) dan Murni Tjandra (duduk)

Kegiatan Ibu Agung melestarikan budaya Bali dalam bidang tata rias mendapat dukungan penuh dari Kelompok Media Bali Post dan Viva Cosmetics. Tampak Ibu Agung berfoto bersama Ny. Sri Utari Naradha (berdiri kiri), beserta owner Viva Cosmetics Theresia I. Kuntjoro (berdiri tengah) dan Murni Tjandra (duduk)

Selanjutnya, Ibu Agung menyampaikan, dalam kesempatan yang sama, uji kompetensi ini akan turut memeriahkan acara Pemilihan Putri Citra Indonesia Tingkat Nasional ke-32 di Bali. Selain itu, kegiatan ini juga dikatakannya bisa menjadi ajang untuk memperkenalkan Tata Rias Pengantin Bali di tingkat nasional.

Untuk pendaftaran Uji Kompetensi dan informasi lebih lengkap, hubungi Sekretariat TUK Agung: Jalan WR Supratman 303A Tohpati, Denpasar, Bali. Contact Person: Desiana (08562996258), Dewa Ayu (087861424158), Ibu Agung (0811393602). –inten

To Top