Pelesir

Menikmati Panorama Angle’s Billabong

Selama ini Nusa Penida dikenal dengan wisata spiritual. Banyak umat Hindu yang sembahyang ke Pura Dalem Ped, Pura Goa Giri Putri, Pura Puncak Mundi dan lainnya. Selain wisata spiritual, jangan lewatkan wisata pantai di Nusa Penida. Panorama keindahan pantainya juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Salah satunya adalah Angel’s Billabong.

Angel’s Billabong terletak di Banjar Sumpang, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten klungkung Bali. Jaraknya pun tak begitu jauh dari Pasih Uug. Angel’s Billabong adalah sebuah muara sungai yang berdekatan dengan laut, hanya saja muara sungai ini buntu, sehingga membuat air tergenang membentuk sebuah kolam berwarna hijau toska.

Kolam Angel’s Billabong diapit oleh dua buah tebing karang dan airnya sangat jernih yang membuat para pengunjung mampu melihat dasar dari kolam. Kolam-kolam tersebut terbentuk karena air hujan dan air laut yang terjebak pada saat pasang. Kolam-kolam tersebut dilindungi oleh dinding-dinding kuat yang kokoh terbuat dari karang berwarna coklat keemasan. Kolam inilah yang menjadi daya tarik para wisatawan untuk berkunjung. Tidak hanya berfoto selfie, para pengunjung juga kerap berenang di kolam tersebut. Selain itu, di pinggir laut terdapat pula batu karang yang seolah-olah menjadi batu pemecah ombak. Bentuknya datar dan bisa dimanfaatkan sebagai tempat untuk bersantai atau tempat untuk menikmati suasana laut dan kolam sekaligus.

Untuk bisa menikmati kejernihan kolam ini, pengunjung sebaiknya berkunjung pada saat air sedang surut. Sehingga, pengunjung bisa turun dan menikmati kolam tersebut untuk berfoto atau untuk mandi dan berenang. Selain itu, untuk bisa sampai ke kolam, pengunjung juga harus menuruni tebing batu karang yang sedikit curam terlebih dahulu. Namun, dengan sedikit berhati-hati pengunjung akan dengan mudah mencapai dasar kolam.

Gusti Ayu Wulandari, wisatawan asal Denpasar saat ditemui di Angel’s Billabong mengatakan destinasi wisata ini sangat unik dan jarang ditemui di tempat lain. Meskipun akses menuju ke Angel’s Billabong jauh dari pelabuhan, tetapi itu tidak menjadi halangan baginya. “Angel’s Billabong bagi saya adalah mutiaranya Nusa Penida, sangat unik,” ujarnya.

 

AYUNAN PANTAI MALIBU SUNRISE

Sementara itu Pantai Malibu Sunrise juga menjadi incaran para wisatawan lokal maupun mancanegara untuk dikunjungi. Pantai yang terletak di Dusun Semaya, Desa Suana ini awalnya hanya diketahui oleh masyarakat lokal. Namun, sejak dibuatkan ayunan pada 24 Agustus lalu, pantai ini mulai dipublikasikan dan dikenal lewat sosial media. Sehingga, membuat orang-orang manjadi penasaran dan datang untuk mengunjungi pantai tersebut. Akses jalan menuju Pantai Malibu Sunrise sangat mudah dibandingkan dengan destinasi pantai-pantai lainnya di Nusa Penida.

Selain dapat menikmati ayunan di atas air yang menjadi ikon pantai ini, pengunjung juga dimanjakan dengan papan-papan yang berisi tulisan seperti Will You Merry Me, I Love You, I Miss You, Best Friend, dan Happy Anniversary.

Wayan Susmita yang ditemui Pantai Malibu Sunrise mengatakan, awalnya ia tahu tempat itu dari sosial media. Karena melihat ada ayunan yang berdiri di atas air, ia pun menyempatkan diri datang ke pantai tersebut. “Pantai ini sangat bagus, selain ada ayunan untuk memanjakan diri, ada juga papan kayu yang berisi tulisan. Pas banget untuk mencurahkan isi hati dengan kata-kata yang ada di papan kayu tersebut sambil selfie,” ujar Susmita. -Winatha

To Top