Griya

Beragam Model dan Motif Unik Lampu Cetakan

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk memperindah halaman dan taman rumah Anda. Salah satunya dengan memasang lampu cetakan, yang kini banyak diproduksi pengerajin lokal. Lampu-lampu tersebut tak hanya berfungsi sebagai penerang dan memberikan aksen cahaya, namun juga mampu memberikan nilai estetika dari bentuk dan motifnya yang unik.

Lampu cetakan yang terbuat dari campuran mil dan semen yang ditambah pewarna agar tampilannya menyerupai batu paras putih ini, bisa banyak kita jumpai di sepanjang ruas Jalan By PassNgurah Rai Sanur, Denpasar, Bali. Salah satunya Artshop Junita Jaya, yang memproduksi beragam model/bentuk kap lampu dengan motif yang unik. Lampu-lampu ini diberi nama sesuai dengan bentuknya. Ada model telur, roket, gentong, kendang, bola, bulat, kotak, dan stand A. Tentunya dengan beragam motif, seperti motif bunga jepun, bunga plus daun, jepun full, donat, bunga-donat, tribal, dll.

Salah seorang karyawannya Nengah Ariana mengatakan, lampu cetakan ini oleh konsumennya banyak ditempatkan di depan rumah dan taman/kebun, baik itu di rumah pribadi, vila, maupun perumahan. “Model dan motif yang disukai pasar, merata,” ujarnya.

Proses pembuatan lampu cetak ini dijelaskannya memakai rangka besi, kemudian campuran mil dan semen tersebut dicetak sesuai modelnya, lalu diukir dan ditekstur. “Terakhir, tinggal diset-set. Dan dicoating, jika ada permintaan dari konsumen, tentunya ada biaya tambahan,” tandasnya. –Inten Indrawati

To Top